Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Oatmel untuk Kesehatan, Bisa Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Lulu
Lulu
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Manfaat Oatmel untuk Kesehatan
Oatmeal merupakan salah satu biji-bijian kaya nutrisi yang menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sering menjadi pilihan untuk menu makanan sehat, oatmeal bermanfaat untuk merawat kecantikan hingga mencegah penyakit kronis.
banner consideration shipping bg blue

Biasanya, oatmeal disantap saat pagi hari dengan susu, buah-buahan, kacang-kacangan, selai, atau biji-bijian lainnya.

Dirangkum dari Lifehack dan healthline, berikut adalah 7 manfaat oatmeal yang menakjubkan untuk kesehatantubuh:

1. Menurunkan kadar kolesterol 



Oatmeal merupakan biji-bijian dengan serat larut yang paling tinggi. Serat larut dalam oatmeal membantu saluran usus untuk menangkap zat yang berhubungan dengan kolesterol.

Menurut sebuah penelitian, makanan yang mengandung 3 gram serat larut sudah bisa menurunkan kolesterol hingga 23 persen.

Sementara itu, satu cangkir oatmeal sudah mengandung 4 gram serat larut sehingga oatmeal sangat baik untuk memerangi kolesterol.

2. Menurunkan berat badan



Oatmeal bukan sekadar makanan yang nikmat, tetapi juga sangat mengenyangkan. Mengonsumsi oatmeal membantu menurunkan asupan kalori dan menjaga berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan Molecular Nutrition & Food Research pada tahun 2009 lalu mengatakan, senyawa dalam oatmel yang disebut sebagai beta-glukan mampu mengurangi nafsu makan.

Selain itu, senyawa beta-glukan juga mampu meningkatkan hormon yang menunda rasa lapar, yakni cholecystokinin.

3. Merawat kecantikan kulit



Merawat kecantikan kulit dengan produk skincare memang efektif, namun menjaga pola makan agar tetap sehat juga tak kalah ampuh.

Makanan yang dikonsumsi tentu sangat berpengaruh terhadap kondisi kulit. Oatmeal mampu membuat kulit lebih lembap dan lembut.

Menggunakan oatmeal sebagai masker wajah pun bermanfaat untuk meratakan warna kulit hingga menghilangkan noda bekas jerawat.

4. Menjaga kesehataan pencernaan



Orang yang mengalami kesulitan buang air besar biasanya menggunakan obat pencahar untuk meredakan gejala sembelit.

Meski penggunaan obat pencahar dinilai efektif, obat ini dikaitkan dengan penurunan berat badan hingga penurunan kualitas hidup.
banner consideration promotion bg blue

Sebuah percobaan menemukan, pasien lansia yang mengonsumsi oatmeal selama 12 minggu berhenti menggunakan obat pencahar untuk mengatasi sembelit.

5. Menurunkan kadar gula darah



Sebagai hasil dari kandungan serat larut, oatmeal melepaskan gula ke aliran darah secara lebih lambat.

Indeks glikemik yang rendah pada oatmeal merupakan salah satu manfaat terbaiknya. Sebuah studi yang dipublikasikan Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, diet dengan indeks glikemik rendah dikaitkan dengan resistensi insulin yang rendah.

Selain itu, indeks glikemik rendah juga dikaitkan dengan risiko penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit arteri koroner yang rendah.

6. Menurunkan risiko penyakit asma



Asma merupakan penyakit gangguan inflamasi pada saluran udara. Biasanya, anak-anak adalah kelompok  yang rentan terserang asma.

Mengonsumsi oatmeal bagi anak-anak bisa menjadi cara melindungi tubuh dari penyakit asma. Sebuah studi melaporkan, bayi denganusia di bawah 6 bulan yang mengonsumsi oatmeal mengalami penurunan risiko asma di masa kanak-kanak.

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh



Dengan segala nutrisi baik yang terkandung di dalamnya, oatmeal dikaitkan dengan respons sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit dan infeksi.

Serat beta-glukan yang terdapat dalam oatmeal membantu perjalanan neutrofil ke lokasi infeksi lebih cepat sehingga bakteri penyebab penyakit dan infeksi bisa segera diatasi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sebagai makanan yang mampu menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, oatmeal sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin, apalagi di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini.***
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.