Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kecantikan

7 Manfaat Retinol Selain untuk Cegah Penuaan Kulit

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Retinol skincare

Lemonizen, apakah saat ini kamu sedang ingin mencegah tanda-tanda penuaan di kulit? Kalau iya kamu harus mencoba produk perawatan kulit yang memiliki kandungan aktif bernama retinol. 


Retinol merupakan kandungan aktif yang populer digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah. Biasanya kandungan retinol bisa kamu temukan pada serum atau toner. Namun sebagian produk seperti krim wajah juga seringkali memasukkan retinol sebagai kandungan aktif di dalamnya.

banner consideration shipping bg blue


Pada dasarnya, retinol adalah turunan dari vitamin A. Meski secara umum retinol populer digunakan untuk mencegah penuaan, kandungan aktif yang satu ini masih punya banyak manfaat lainnya lho untuk kesehatan kulitmu. Nah, lantas apa saja manfaatnya? Simak ulasan berikut ini:


1. Mencegah Tanda Penuaan 


Dilansir dari Health Harvard Publishing, manfaat utama retinol adalah untuk mencegah dan melawan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus, kerutan, bercak, hingga bintik penuaan pada kulit. Ketika kulit bebas kerutan dan garis halus, tentunya kamu akan memiliki wajah yang lebih awet muda. 


2. Meningkatkan Produksi Kolagen


Retinol juga dapat merangsang produksi kolagen serta mempercepat regenerasi kulit sehingga kamu bisa mendapatkan kulit yang lebih cerah. Di samping itu, retinol dapat merangsang produksi pembuluh darah baru di kulit, yang juga meningkatkan warna kulit dan membuatnya tampak lebih sehat. 


3. Mengatasi Jerawat


Untuk kamu yang punya masalah jerawat di kulit, sepertinya kamu nggak boleh melewatkan retinol sebagai rangkaian perawatan kulitmu. Pasalnya retinol dapat melawan kondisi jerawat dengan tingkat keparahan yang sedang maupun parah. Di samping itu, retinol dapat menjaga produksi minyak berlebih sehingga kulit tidak mudah berjerawat. 


4. Mengatasi Hiperpigmentasi 


Hiperpigmentasi atau bintik-bintik gelap adalah permasalahan kulit yang sering dialami banyak orang. Namun retinol bisa membantu kamu mengatasi bintik-bintik gelap di kulit karena kemampuannya untuk memicu regenerasi kulit. 


banner consideration promotion bg blue

5. Menjaga Kebersihan Pori-pori


Pori-pori kulit kerap menjadi tempat menumpuknya minyak, kotoran dan bakteri. Ketika sudah banyak kotoran yang menyumbat pori-pori, tentu kulit akan lebih mudah berjerawat. 


Namun, jangan terlalu khawatir, Lemonizen. Bila kamu rutin menggunakan retinol, kamu bisa terhindar dari permasalahan kulit yang satu ini. Pasalnya retinol punya kemampuan untuk membuat pori-pori menjadi lebih bersih. 


6. Mengatasi Rosacea


Rosacea adalah masalah kulit yang ditandai dengan kondisi kemerahan. Nah, penggunaan retinol dapat membantu kamu mengatasi kondisi kulit yang satu ini. Namun penggunaan retinol bagi pemilik rosacea perlu diawasi oleh dokter. 


7. Menghilangkan Milia


Milia merupakan benjolan-benjolan kecil yang biasa tumbuh di area dekat mata atau hidung. Penggunaan retinol yang rutin juga diketahui dapat membantu mengikis milia sekaligus mencegah tumbuhnya bintik atau benjolan baru. Dengan begitu, tekstur wajah dan kulit akan menjadi lebih halus. 


Efek samping retinol 

Di samping punya banyak keunggulan, retinol juga efek samping yang tidak boleh kamu abaikan. Efek samping dari penggunaan retinol adalah terjadinya pengelupasan, kekeringan, kemerahan hingga iritasi pada kulit. Kandungan retinol yang tinggi juga dapat memperparah kondisi iritasi hingga menjadi gatal dan bersisik. 


Untuk menghindari efek samping tersebut, para ahli menyarankan kamu untuk menggunakan retinol secara bertahap. Misalnya, cukup dua hari sekali di malam hari. Efek samping dari retinol sebenarnya akan hilang setelah beberapa minggu penggunaan rutin. Jadi, butuh waktu antara kuit dan retinol untuk menyesuaikan diri. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Pastikan juga kamu selalu menggunakan sunscreen di pagi hari. Pasalnya kandungan retinol dapat meningkatkan sensitivitas kulit pada sinar matahari. 


Nah itu tadi manfaat retinol sekaligus efek sampingnya untuk kecantikan kulitmu. Perlu diingat ya, Lemonizen, hasil dari penggunaan retinol tidak bisa didapatkan secara instan. Untuk mendapatkan kulit yang lebih sehat dan cantik, kamu perlu menggunakannya secara rutin. 


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.