Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Sehat dari Makan Makanan yang Tinggi Serat

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Makanan tinggi serat dan manfaatnya

Salah satu manfaat yang paling populer dari serat adalah menjaga kesehatan pencernaan. Makan lebih banyak serat tentunya akan memberikan lebih banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan serat punya peran penting untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

banner consideration shipping bg blue

Untuk itu, konsumsi makanan yang kaya akan serat seperti sayur dan buah-buahan menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan. Dilansir dari EatingWell, berikut adalah manfaat dari mengonsumsi serat:

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengubah pola makan dengan memperbanyak asupan serat dapat membantu menurunkan berat badan. Para pelaku diet yang memenuhi asupan serat setidaknya 30 gram per hari diketahui mengalami kehilangan berat badan dalam jumlah yang cukup signifikan, sebagaimana diungkapkan dalam studi yang dipublikasikan di Annals of Internal Medicine. Faktanya, mereka kehilangan berat badan hampir sebanyak kelompok yang melakukan diet kompleks yakni dengan membatasi asupan kalori, lemak, gula, dan garam.

 2. Mempertahankan Berat Badan

Selain membantu menurunkan berat badan, serat juga mampu menjaga berat badan agar tetap sehat dan stabil. Orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tubuh yang lebih ramping. Penelitian terbaru di Georgia State University menemukan, tikus yang menjadi diet dengan mengurangi serat larut justru menyimpan lebih banyak lemah dan mengalami peningkatan berat badan.

3. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Analisis terbaru dari 19 studi menemukan bahwa orang yang makan serat lebih dari 26 gram sehari bisa menurunkan risiko penyakit hingga 18 persen.Para peneliti percaya bahwa serat adalah zat yang mampu menjaga kadar gula darah agar tetap stabil dan menjaga berat badan sehat. Dengan demikian, konsumsi lebih banyak serat mampu melindungi tubuh dari risiko terserang penyakit diabetes.

4. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Bila kamu mengonsumsi 7 gram serat setiap hari, risiko penyakit jantung pun dapat turun hingga 9 persen, sebagaimana disampaikan dalam tinjauan dari 22 studi yang dipublikasikan di BMJ. Serat mampu mengurangi risiko penyakit jantung karena kemampuannya menyedot kelebihan kolesterol dalam sistem tubuh dan mengeluarkannya sebelum menyumbat arteri. banner consideration promotion bg blue

5. Lebih Banyak Bakteri Sehat dalam Usus

Bakteri baik dalam usus akan berkembang dengan baik dengan memakan serat. Ketika bakteri baik di usus memakan serat, mereka akan menghasilkan asam lemak rantai pendek yang memiliki sejumlah manfaat.

Manfaat tersebut di antaranya adalah mengatasi peradangan sistemik yang dikaitkan dengan obesitas dan penyakit kronis lainnya. Sebuah peneitian di Italia baru-baru ini menemukan bahwa makanan Mediterania berserat tinggi dikaitkan dengan kadar asam lemak rantai pendek yang lebih tinggi.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Kanker

Setiap 10 gram serat yang dimakan dapat berperan menurunkan risiko kanker kolorektal sebesar 10 persen dan risiko kanker payudara sebesar 5 persen. Hal ini disebutkan dalam penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Oncology tahun 2012. Selain efek anti kanker yang dimiliki serat, makanan yang kaya akan serat juga biasanya kaya akan antioksidan dan fitokimia yang mampu mengurangi risiko penyakit kanker.

7. Detoksifikasi Alami

Serat secara alami akan mendorong pembuangan racun dari saluran pencernaan. Serat larut menyerap senyawa yang berpotensi berbahaya, seperti kelebihan estrogen dan lemak tidak sehat yang tidak diserap oleh tubuh.

Serat yang tidak larut membuat segala sesuatu bergerak lebih cepat sehingga zat-zat berbahaya seperti merkuri dan pestisida tetap berada di dalam sistem. Semakin cepat mereka melewati tubuh, maka semakin kecil kemungkinan zat-zat berbahaya tersebut merusak tubuh.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Sudah tahu kan apa saja manfaat serat untuk tubuh? Jadi, mulai sekarang jangan lupa untuk penuhi asupan serat harianmu ya, Lemonizen.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.