7 Manfaat Senam Kegel, Bagaimana Cara Melakukanya?

Senam kegel merupakan salah satu jenis senam dengan gerakan sederhana dimana menahan dan melepas otot dasar panggul yang bisa dilakukan kapan saja. Ada banyak manfaat yang diperoleh jika seseorang melakukan senam ini. Salah satunya ialah memperkuat otot dasar panggul sehingga bisa menahan buang air hingga memberi kepuasan seksual lebih saat bercinta. Selain itu, masih banyak manfaat lain melakukan senam ini.

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Lemahnya Otot Panggul

Karena dalam pelaksanaannya senam ini lebih menitikberatkan kondisi panggul maka manfaat pertama yang dirasakan setelah melakukannya adalah dapat mengatasi lemahnya otot panggul. Ada beberapa kondisi yang bisa membuat otot panggul menjadi lemah seperti pasca-persalinan, mengerjakan beban berlebihan akibat konstipasi, maupun berat badan berlebih.

2. Mencegah Inkontinensia Urine

Inkontinensia urine adalah kondisi dimana seseorang mudah mengompol baik saat bersin, batuk, maupun tertawa. Melakukan senam ini secara rutin bisa mencegah kondisi inkontinensia urine ini. Selain itu, orang yang mengalami urinary urge incontinence atau kondisi dimana seseorang merasa ingin buang air kecil padahal ia baru saja membuang air juga dapat diatasi dengan rutin melakukan senam.

3. Menguatkan Otot Panggul Saat Bercinta

Selain kedua manfaat di atas, ternyata melakukan senam ini juga dapat menguatkan otot panggul saat seseorang sedang bercinta dengan pasangannya. Latihan kegel ini dipercaya dapat memperkuat otot dasar panggul di sekeliling vagina. Meskipun demikian, perlu dipahami dengan baik bahwa melakukan senam ini tidak menjadi alternatif untuk membuat vagina lebih rapat.

4. Meningkatkan Performa Seksual

Selain bisa dilakukan oleh wanita, nyatanya senam ini juga bisa dilakukan oleh seorang pria. Bagi pria sendiri, manfaat yang diperoleh ketika melakukan senam ini adalah dapat meningkatkan performa seksual. Selain itu, juga dapat membantu mengelola ereksi atau menunda ejakulasi.

banner consideration promotion bg blue

5. Memperlancar Proses Persalinan

Bagi ibu hamil, melakukan senam jenis kegel ini sangat baik untuk memperlancar proses persalinannya. Otot panggul yang kuat dan elastis juga akan membantu membuka jalan lahir, sehingga nanti dapat mudah ketika persalinan. Tidak heran jika pada yoga-yoga kehamilan biasanya menyisipkan salah satu gerakan senam jenis kegel ini. Selain itu, melakukan senam jenis kegel ini oleh ibu hamil juga dapat mencegah dan meredakan wasir saat hamil.

6. Mempercepat Pemulihan Miss V Setelah Melahirkan

Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, nyatanya melakukan senam kegel ini juga baik untuk ibu pasca lahiran. Senam kegel ini membantu memulihkan kondisi Miss V setelah melalui proses episiotomi pada saat melahirkan. Senam ini juga dapat melancarkan aliran darah ke area Miss V. Hal ini sangat penting, pasalnya darahlah yang membawa oksigen dan berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk meregenerasi beragam sel dan jaringan Miss V yang rusak akibat peristiwa episiotomi.

7. Merapatkan Miss V

Bagi seorang wanita yang sudah mengalami proses persalinan, biasa nya pada area Miss V akan melebar. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan melakukan senam jenis kegel. Karena manfaat lain melakukan senam ini adalah membantu mengencangkan Miss V yang mengendur, biasanya terjadi pada wanita menjelang usia menopause.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tujuh manfaat senam kegel yang bisa kamu coba. Untuk mendapatkan manfaat dari senam kegel, pastinya kamu harus melakukannya secara rutin dan sungguh-sungguh. Senam ini bisa dilakukan dimanapun dan kapan saja, jadi khususnya para wanita jangan ragu untuk melakukan senam ini ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami