7 Manfaat Talas Untuk Kesehatan Yang Belum Banyak Diketahui

Salah satu jenis umbi yang sudah dikenal luas oleh masyarakat Indonesia adalah talas. Jenis umbi yang satu ini memiliki nama latin Colocasia esculenta. Talas termasuk jenis tumbuhan khas yang biasa dikreasikan menjadi beraneka ragam makanan bercita rasa lezat. Namun, dibalik itu semua ternyata talas memiliki banyak manfaat untuk kesehatan yang jarang diketahui. Apa saja manfaat talas tersebut? Yuk simak ulasan berikut.
banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat talas yang pertama adalah pada hal pencernaan. Talas bermanfaat dalam membantu kesehatan lambung dan usus, alias gastrointestinal. Talas akan membantu makanan agar dicerna dan diserap oleh lambung dan usus sehingga proses pencernaan dapat berjalan lancar. Selain itu, talas juga bisa mengurangi masalah-masalah pencernaan, seperti produksi gas yang berlebih, kembung, diare, dan kram perut.

2. Membantu Masalah Penglihatan

Talas mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin A yang berguna untuk membantu penglihatan lebih jernih. Kandungan antioksidan di dalamnya yang terdiri dari beta-carotene dan cryptoxanthin juga bermanfaat untuk mencegah terjadinya katarak pada mata dan membantu mengatasi penyakit jantung.

3. Kesehatan Kulit dan Rambut

Talas memiliki kandungan vitamin A, E, dan B6 yang berfungsi untuk memperbaiki sel kulit. Antioksidan yang ada di dalam talas juga mampu untuk mencegah penuaan dini. Fungsi dari vitamin B6 sendiri adalah untuk memperbaiki jaringan. 
Jika mengkonsumsi talas secara rutin, kulit kamu akan kembali bersinar, noda hitam juga akan menghilang secara alami. Bagi kulit kepala yang kering, vitamin E dari talas dapat memberikan kelembaban pada rambut juga. Tak hanya itu, menurut penelitian, kandungan asam folat dan zat besi yang ada dalam talas bisa memperkuat folikel rambut dan membuat rambut lebih tebal.

banner consideration promotion bg blue

4. Mengatasi Masalah Darah Tinggi

Manfaat talas juga bisa dirasakan untuk mengatasi permasalahan darah tinggi. Talas mengandung potasium yang dapat mengurangi tekanan darah pada pembuluh darah sehingga talas baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi. Selain itu, talas juga mampu mengurangi stres pada sistem kardiovaskular, dan kandungan potasium yang ada di dalamnya mampu meningkatkan fungsi kognitif.

5. Bisa Membantu Memperkuat Sistem Imunitas Tubuh

Talas mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang akan membantu produksi sel darah merah dan sel darah putih. Vitamin tersebut berfungsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Selain Vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa melindungi dari kanker dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Selain itu, talas juga mampu mencegah anemia karena kandungan zat besinya dapat membantu proses pembentukan sel darah merah, sekaligus membantu melancarkan sirkulasi darah, memperlancar metabolisme, dan membentuk sel baru dalam tubuh.

6. Baik Bagi Penderita Diabetes

Kandungan di dalam talas mampu mengatur kadar insulin dan glukosa dalam tubuh. Hal ini sangat penting untuk mencegah perkembangan penyakit diabetes.  Jika kamu rajin mengkonsumsi talas diiringi dengan diet yang sehat, kamu akan menurunkan risiko terhadap penyakit diabetes karena talas termasuk ke dalam serat yang baik untuk dikonsumsi.

7. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Serat dan pati resisten yang terdapat pada talas diyakini mampu mengurangi risiko penyakit jantung. Hasil penelitian membuktikan, bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat cenderung memiliki tingkat penyakit jantung yang lebih rendah. Selain itu, pati resisten yang ada di dalamnya juga dapat membantu menurunkan kolesterol yang dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung.
Agar kamu tidak perlu repot harus mengupas talas dan memasaknya, aku rekomendasikan produk dari Lemonilo, yaitu Keripik Campur Ubi Talas Kentang. Cemilan sehat satu ini terbuat dari varian keripik campur yang terbuat dari 100% umbi-umbian alami yang terdiri dari 3 jenis ubi (ubi merah, putih, ungu), talas, dan kentang. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Terjamin kesehatannya karena keripik ini dimasak dengan teknik “vacuum fry” dalam temperatur rendah sehingga menghasilkan cemilan sehat yang renyah dan nikmat, tanpa kehilangan nutrisi yang terkandung di dalamnya. Cemilan ini kaya akan kandungan serat, karbohidrat, vitamin, mineral, dan potasium yang baik untuk tubuh kamu.
Itulah informasi seputar manfaat talas yang bisa kamu peroleh untuk kesehatan kamu. Setelah mengetahui berbagai manfaat ini, mulai sekarang jangan ragu lagu untuk mengkonsumsi umbi talas ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami