Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Temulawak yang Bisa Mencegah Corona

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
 manfaat temu lawak
Temulawak termasuk salah satu jenis empon-empon yang biasanya dijadikan jamu oleh masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini berbentuk silinder dengan diameter 6 cm. Di tengah pandemi corona ini manfaat temulawak digadang-gadang mampu mencegah virus mematikan ini.

Rimpang temulawak mengandung kurkumin, pati, protein, minyak atsiri, lemak, selulosa, dan mineral. Selain itu, di dalam temulawak mengandung tiga zat aktif yaitu, germakron yang bisa menghambat pembengkakan. P-toluilmetilkarbinol dan seskuiterpen d-kamper yang bisa meningkatkan produksi empedu, dan turmeron sebagai antimikroba. 
banner consideration shipping bg blue

Dengan kandungan itu, maka temulawak bisa menjadi penangkal dari virus corona yang bisa dikonsumsi oleh masyarakat karena bisa menjadi penguat daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh kuat, maka virus corona juga akan sulit untuk menyerang. Selain itu, konsumsi temulawak juga sangat baik untuk kesehatan seperti berikut. 

1. Mengatasi Masalah Pencernaan



Temulawak ternyata mampu merangsang kinerja empedu. Kinerja empedu ini dapat membantu memperlancar sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Tidak hanya itu, para ahli mengungkapkan bahwa manfaat lain temulawak ternyata mampu mencegah gangguan pencernaan seperti perut kembung, maupun dispepsia.

2. Mencegah dan Mengobati Kanker



Meskipun masih sedikit penelitian yang membahas tentang temulawak untuk pencegahan kanker, tetapi beberapa ahli telah mempercayai temulawak baik untuk dikonsumsi mereka yang mengidap kanker. Temulawak diyakini bisa mencegah kanker payudara, kanker usus, dan kanker prostat. 

Sebuah riset yang dilakukan pada tahun 2011 menyebutkan bahwa temulawak mampu menghambat pertumbuhan serta perkembangan kanker prostat. Selain itu, penelitian dari University of Maryland Medical Center mengungkapkan bahwa temulawak bisa membantu menghentikan pertumbuhan kanker karena terdapat zat antioksidan di dalamnya.

3. Obat Antiradang



Temulawak mengandung senyawa anti radang yang diyakini bisa menghambat produksi prostaglandin E2 yang memicu peradangan. Kandungan anti radang pada temulawak juga bisa membantu mengatasi penyakit akibat peradangan di dalam tubuh, seperti radang sendi.

4. Obat Antibakteri dan Antijamur



Manfaat temulawak selanjutnya adalah sebagai obat antibakteri dan antijamur. Kandungan antibakteri di dalamnya cukup efektif untuk melawan bakteri jenis Staphylococcus dan Salmonella yang menjadi penyebab penyakit tifus. Sedangkan kandungan senyawa antijamurnya cukup ampuh melawan jamur dari golongan dermatofita.
banner consideration promotion bg blue

5. Obat Antidiuretik



Diuretik adalah zat yang membantu membersihkan tubuh dari garam dan air, sehingga tidak terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Zat ini akan memicu ginjal untuk membuang lebih banyak natrium melalui urine. Kandungan diuretik yang terdapat di dalam temulawak sendiri bertindak mengambil kelebihan cairan dari dalam pembuluh darah, sehingga tidak akan terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.

6. Menjaga Kesehatan Hati



Ekstrak temulawak terbukti bermanfaat melindungi hati dari hepatotoksik, seperti karbon tetraklorida dan acetaminophen hal ini disebutkan oleh sebuah penelitian dari Scientific Research Journal, senyawa hepatotoksik sendiri adalah jenis zat kimia yang menyebabkan dampak buruk pada hati. Dengan mengonsumsi temulawak, senyawa buruk tersebut dapat dicegah dan dilindungi sehingga menjaga kesehatan hati kamu.

7. Antispasmodik



Minyak curcuma xanthorrhiza juga mempunyai manfaat sebagai antispasmodik yang memiliki sifat sebagai relaksan otot polos. Artinya, kandungan obat ini bisa merilekskan otot halus di susu dan mencegahnya dari kejang. Selain itu, obat antismodik juga bermanfaat untuk mengatasi kondisi Irritable Bowel Syndrome (IBS). 

IBS sendiri  adalah kondisi dimana usus besar mengalami gangguan akibat kontraksi otot yang tidak normal. Sehingga mengakibatkan orang yang terkena IBS ini mengalami gejala seperti sakit perut, diare, kembung, kram perut, maupun sembelit.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah ketujuh manfaat temulawak yang bisa mencegah corona Selain harus menaati peraturan pemerintah untuk tetap di rumah saja, kamu juga harus mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa meningkatkan imunitas tubuh, dan temulawak adalah solusi yang tepat. Tetap jaga kesehatan dan dirumah aja ya Lemonizon! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.