Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Manfaat Terong Belanda yang Belum Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
30 Oct 2020
Clock Icon
3 menit
7 Manfaat Terong Belanda yang Belum Kamu Ketahui
Walaupun memiliki nama depan terong, namun terong belanda sangat berbeda dengan jenis terong ungu atau terong hijau yang sering dikonsumsi sebagai pelengkap masakan. Terong belanda lebih berbentuk seperti sawo dengan rasa asam yang sering kali diolah menjadi jus atau campuran dalam es buah. Meski demikian, manfaat terong belanda juga sangat sayang untuk dilewatkan. 

Terong belanda mengandung mineral, seperti kalsium, zat besi, kalium, magnesium, hingga fosfor. Adanya manfaat tersebut menjadikan buah ini cocok dikonsumsi oleh siapa saja, mulai dari anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, orang dewasa, bahkan ibu hamil. Berikut manfaat terong belanda:

1. Menurunkan Kadar kolesterol Jahat



Manfaat terong belanda yang pertama bisa membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Zat-zat gizi yang terkandung di dalam buah terong belanda akan membantu menurunkan kadar kolesterol jenis Low Density Lipoprotein (LDL) atau yang sering disebut dengan istilah kolesterol jahat.

Selain itu, manfaat terong belanda juga bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol jenis High Density Lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Menurunnya kolesterol jahat dan peningkatan kolesterol baik akan membuat pembuluh darah menjadi lebih sehat sehingga aliran darah tidak mempunyai masalah.

2. Bantu Turunkan Berat Badan



Terong belanda saat dikonsumsi bertindak sebagai detoxifier. Sifat asamnya akan membantu mengurangi lemak. Terong belanda memiliki kandungan kalori rendah dan serat yang tinggi sehingga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Rasa manis alami dan kandungan air yang tinggi dalam buah ini akan membuat tubuh terus merasa kenyang sehingga mengurangi keinginan untuk ngemil terus-menerus.

3. Menstabilkan Gula Darah



Apakah kamu tahu bahwa manfaat terong belanda bisa membuat kadar gula darah tetap stabil? Buah terong belanda memang bisa menstabilkan kadar gula di dalam darah melalui kandungan serat di dalamnya. Bagi kamu penderita diabetes bisa mengkonsumsi terong belanda karena memiliki kadar glikemik yang rendah.

4. Menjaga Kesehatan Kulit



Manfaat terong belanda selanjutnya juga bisa untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin yang ada di dalamnya akan mendukung untuk terawatnya kulit tubuh sehingga membuat kulit kamu menjadi lebih sehat dan berseri. Selain itu, kandungan flavonoid, fenol, dan anthocyanin dalam terong belanda bisa mencegah stress pada kulit dan mengatasi penuaan dini.

5. Mencegah Penyakit Kanker



Manfaat terong belanda selanjutnya bisa juga untuk mencegah penyakit kanker secara alami dan aman. Penyakit berbahaya ini bisa dicegah dengan mengonsumsi buah terong belanda. Konsumsi terong belanda secara teratur bisa membantu meningkatkan kandungan likopen di dalam tubuh sehingga mampu menangkal radikal bebas yang merupakan pemicu kanker.

6. Memelihara Kesehatan Jantung



Manfaat buah terong belanda bisa menjaga jantung kamu agar selalu sehat dan memiliki fungsi yang normal. Kandungan mineral yaitu kalium di dalam terong belanda akan menyeimbangkan kadar natrium yang cukup tinggi di jantung. Hal ini akan membuat jantung tetap terpelihara kesehatannya dengan baik.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh



Nutrisi yang ada dalam terong Belanda sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh kamu karena kaya kandungan vitamin C. Vitamin C yaitu jenis vitamin yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kamu. Jika sistem kekebalan tubuh baik, maka tubuh akan selalu sehat bugar, terhindar dari penyakit, dan tidak mudah lelah.

Itulah manfaat terong belanda yang bisa kamu dapatkan. Agar bisa merasakan berbagai manfaat tersebut kamu bisa mulai mengkonsumsi terong belanda ini dengan diolah menjadi jus, atau olahan lezat lainnya. Selamat mencoba! 
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.