7 Manfaat Tomat Bagi Kulit dan Kesehatan Tubuh yang Harus Kamu Tahu

Tomat merupakan salah satu jenis buah yang sering kali dimanfaatkan dalam olahan masakan, sehingga banyak orang yang terkadang mengenalnya sebagai sayuran. Tomat sendiri memiliki penampilan warna orange yang cerah dan rasa masam yang khas. Di balik penampilan dan cita rasanya, ternyata tomat memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh maupun kulit. Inilah 7 manfaat tomat untuk kesehatan 

banner consideration shipping bg blue

1. Mengatasi Peradangan

Manfaat dari buah tomat yang pertama adalah untuk peradangan. Kandungan tomatine yang terdapat di dalam tomat, menjadikan buah ini bermanfaat sebagai zat anti-peradangan. Selain itu, tomat juga dapat mengangkat lemah dan kotoran yang terdapat pada wajah. Hal ini karena kandungan asam sitrat yang cukup tinggi di dalamnya. Tomat juga bermanfaat sebagai antioksidan karena kandungan vitamin C dan beta-karoten yang terdapat di dalamnya.

2. Mengatasi Penyakit Jantung

Kandungan antioksidan dan likopen dalam tomat juga dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung. Selain itu, sejumlah penelitian lain menyebutkan bahwa tomat sangat bermanfaat menurunkan faktor risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung. Hal ini karena tomat mengandung kalium dan likopen yang efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

3. Menjaga Berat Badan

Manfaat tomat selanjutnya adalah membantu program diet untuk menjaga berat badan. Kamu bisa memakan buah tomat yang sudah masak, maupun membuat jus tomat dengan campuran madu yang bisa menambah cita rasanya. Tomat bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang bisa kamu coba untuk menjaga berat badan, pasalnya kandungan nutrisi didalamnya dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet.

4. Mencegah Kerusakan Kulit

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen yang terdapat di dalam buah tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan juga membantu menjaga kulit tampak awet muda. Selain itu, ternyata kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. 

banner consideration promotion bg blue

5. Mengatasi Jerawat

Memiliki kulit berjerawat memang menurunkan kepercayaan diri, sehingga terkadang mengganggu aktivitas kita di luar ruangan. Tapi tenang, tomat juga bermanfaat untuk mengatasi jerawat membandel pada kulit wajah. Caranya cukup mudah, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokkan pada kulit yang berjerawat. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai jerawat membandel hilang dari wajah.

6. Mengatasi Bisul

Selain dapat mengatasi jerawat, ternyata tomat juga mampu mengobati bisul. Jarang orang yang tahu memang jika buah yang satu ini mampu mengobati bisul. Caranya cukup mudah. Kamu cukup panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakkan di atas bisul selama beberapa saat. Selamat mencoba.

7. Meremajakan Kulit

Manfaat tomat selanjutnya untuk kulit wajah adalah mampu meremajakan kulit dan membantu menyamarkan noda hitam. Hal ini karena dalam tomat mengandung vitamin A yang membantu menyamarkan noda hitam berbintik, maupun kemerahan akibat jerawat, dan juga menghaluskan kulit wajah yang bersisik. Selain itu, kandungan magnesium di dalamnya juga membantu kulit mengeluarkan rona cerah bercahaya alami dan juga memperlambat proses penuaan dini.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah tujuh manfaat tomat untuk kesehatan dan kulit yang wajib kamu tahu. Mulai sekarang, rajinlah untuk mengonsumsi tomat, baik secara langsung maupun dengan membuatnya jus. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat baik dari buah tomat untuk kesehatan tubuh dan juga kulitmu! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami