7 Manfaat Wijen Hitam Bagi Kesehatan

29 Apr 2020 @ 21:11:42

Wijen hitam atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Nigella sativa merupakan salah satu jenis dari biji wijen. Biji wijen sendiri, berasal dari tanaman wijen yang termasuk ke dalam keluarga Pedaliaceae. Bentuk biji wijen, mirip dengan biji selasih. Wijen sendiri banyak digunakan sebagai pemanis tampilan dalam kue hantaran seperti onde-onde maupun kue basah lainnya. Namun, siapa sangka manfaat biji wijen hitam ternyata ada banyak banget, apa aja ya? yuk simak daftarnya dibawah ini.

1. Mengurangi Resiko Diabetes



Si kecil berwarna hitam ini memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan tubuh. Mengonsumsi dua gram wijen ini setiap hari dapat mengurangi gula darah lebih cepat, sehingga mampu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes. Hal ini dikarenakan wijen ini tinggi akan kandungan magnesium. Pasalnya, dalam setiap 100 gram, akan terdapat 351 mg magnesium. Selain itu, minyak biji wijen dapat mempengaruhi dampak dari berbagai obat diabetes seperti glibenclamide pada pasien penderita diabetes tipe dua.

Minyak biji wijen ini akan membantu meningkatkan fungsi pada obat diabetes, yang akan mengatur insulin dan kadar glukosa dalam tubuh. Sehingga mampu membantu menyembuhkan gejala diabetes. Selain penyakit diabetes, ternyata wijen ini juga mampu meningkatkan fungsi sel-beta yang terdapat pada pankreas.

2. Mencegah Kanker



Wijen ini memiliki beberapa kandungan yang baik bagi tubuh. Di antaranya adalah vitamin, anti karsinogenik, mineral, serta kandungan fitat. Kandungan Thymoquinone dalam wijen ini dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, maupun sel darah kotor  di area yang rawan terkena kanker. Seperti pada payudara, mulut, maupun otak. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, membuktikan bahwa wijen ini mampu menghambat sel kanker tanpa menimbulkan efek samping.

Selain itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Experimental and Toxicologic Pathology, menyebutkan bahwa wijen jenis ini bisa mengurangi kerusakan otak akibat kandungan racun dalam otak.

3. Memiliki Sifat Anti-Inflamasi



Wijen ini juga mampu mengurangi peradangan. Baik pada sendi, tulang, maupun otot. Serta akan memperkuat dinding pembuluh darah karena adanya kandungan tembaga yang tinggi dalam biji wijen. Kandungan tembaga diperlukan untuk penyerapan zat besi yang merupakan komponen kunci dari hemoglobin. Hal ini mampu memaksimalkan sirkulasi dan memastikan bahwa sistem organ dari seluruh tubuh menerima cukup oksigen.

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut



Biji wijen yang kaya akan mineral zinc membantu dalam pembentukan kolagen kulit yang memperkuat jaringan kulit dan rambut. Selain itu, minyak wijen juga dapat mengurangi dan menyamarkan penuaan dini pada kulit, seperti flek hitam di wajah. Manfaat lain yang terdapat dalam biji kecil berwarna hitam ini juga bisa mengecilkan pori-pori dan menjaga kekencangan kulit wajah serta mengontrol minyak berlebih.

5. Menurunkan Kadar Kolesterol



41 % kandungan lemak tak jenuh ganda dan 39 % lemak tak jenuh tunggal pada biji wijen mampu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan phstostherol yang ada, juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kandungan ini mampu menurunkan resiko terbentuknya beberapa jenis sel di kanker di dalam tubuh. Mengonsumsi 1,5 biji wijen selama kurang lebih 60 hari mampu menurunkan kadar kolesterol tinggi secara efektif. Hal ini diungkapkan dalam studi yang diterbitkan oleh International Journal of Food Science and Nutrition.

6. Menurunkan Tekanan Darah



Tekanan darah tinggi, bisa menimbulkan struk bahkan berujung kematian pada seseorang. Oleh karena itu, masalah tekanan darah tidak bisa disepelekan begitu saja. Biji wijen kaya akan kandungan magnesium yang membantu mencegah maupun menurunkan tekanan darah. Menurut para ahli, kandungan sesamol dan sesamin yang terdapat pada wijen ini membantu penurunan tekanan darah karena membantu dalam merelaksasikan pembuluh darah.

7. Meningkatkan Kesehatan Tulang



Biji wijen hitam kaya akan kalsium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kandungan zinc pada biji wijen membantu meningkatkan kandungan mineral yang terdapat dalam tulang. Sehingga tulang tetap sehat. Karena kekurangan zinc dapat menyebabkan osteoporosis atau pengeroposan pada tulang.

Itulah ulasan dari manfaat wijen hitam yang harus kamu tahu. Dengan mengkonsumsi biji wijen jenis ini, secara tidak langsung sudah membantu pola makanan seimbang. Kamu tidak perlu bingung mencari makanan dengan bahan dasar biji hitam. Lemonilo mempunyai banyak produk cemilan sehat yang mampu menyeimbangkan nutrisi tubuhmu. Selamat mencoba ya, Lemonizen!


Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020