7 Minuman Sehat Bikin Tubuh Tak Gampang Sakit

04 Jan 2017 @ 15:43:41

Air mineral memang minuman sehatyang paling dianjurkan karena bebas kalori dan ampuh menghilangkan dehidrasiseketika. Tetapi jika Anda ingin mengonsumsi air yang berasa sekaligusbernutrisi, saatnya untuk mengenali berbagai pilihan minuman yang juga dapatmenjadi teman sehat sehari-hari. 

 

Minuman-minuman sehat ini dapatdibuat sendiri di rumah, ataupun dibeli dalam kemasan jadi. Namun jika Andatidak mengolahnya sendiri, hati-hati dengan tambahan kalori seperti gulaberlebih yang justru berisiko menyebabkan pertambahan berat badan. Makadari itu, sangat disarankan membeli minuman-minuman ini di tempat khusus yangmenjual makanan sehat.

 

Berikut adalah minuman-minuman sehat yang membantu menjaga daya tahan tubuh Anda agar tidak mudah sakit, yaitu:


  • Susu almond. Susu almond terbuat dari biji almond yang dihaluskan. Susualmond dipilih menjadi alternatif minuman sehat karena lebih rendah kaloriselama tidak dipadukan dengan pemanis buatan. Selain itu susu almond juga bebaslaktosa alami, lemak jenuh, dan kolesterol, serta kaya vitamin A dan D. Meskidemikian, susu jenis ini tidak mengandung protein ataupun kalsium yangdibutuhkan orang dengan osteoporosis. 

  • Jus segar coldpressed. Jus buahmaupun sayuran segar mempunyai gizi yang baik, terutama buah maupun sayuranyang diolah dengan cara cold presseddan tanpa gula atau pemanis tambahan. Coldpressed adalah cara penyaringan antara ampas buah atau sayur dengan saribuah tanpa menghilangkan nutrisi di dalamnya karena menggunakan hidrolik tanpapisau putar (blender).

  • Infusedwater. Infused water umumnya dapat dibuatsendiri dengan memasukkan irisan buah pilihan ke dalam segelas atau sebotolair. Lemon, anggur, beri, dan jeruk adalah buah yang biasa digunakan. Dapatjuga ditambahkan mentimun dan jahe. 

  • Tehhijau . Penelitian menemukan bahwa teh hijau terbukti menjagakadar gula darah pada pengidap diabetes, menurunkan kadar kolesterol danmelancarkan aliran darah, serta menurunkan risiko penyakit jantung. Di sampingitu, konsumsi teh hijau menjaga agar otak tetap aktif dan mencegah risikogangguan ingatan seperti Alzheimer.

  • Air kelapa. Air kelapa adalah cairan bening yang terdapat pada bagiandalam kelapa muda hijau. Air ini menyehatkan karena mengandung karbohidratdalam bentuk gula dan elektrolit yang mudah dicerna. Selain mengandung sodiumdan kalori yang lebih sedikit, air kelapa mengandung potasium yang lebih tinggidaripada minuman olahraga pada umumnya. 

  • Minuman probiotik. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, tetapibukti sementara menunjukkan bahwa minuman probiotik, jika dipadukan denganantibiotik tertentu, dapat membantu menangani diare. Selain itu minuman inijuga dapat berperan menangani sindrom iritasi usus, infeksi jamur vagina,infeksi saluran kencing, beberapa jenis infeksi usus, serta membantu mencegahflu dan demam. Salah satu minuman probiotik fermentasi teh yang baik untukkesehatan adalah kombucha.

  • Smoothies. Smoothies adalah minuman kental yang terbuat dari buah atau sayuranmentah yang dihaluskan dengan tambahan air, es, susu, dan pemanis. Bentuknyalebih kental dibanding jus, tapi lebih kaya buah dibanding milkshake. Seratyang lebih kaya membuat minuman ini lebih sehat dibanding jus. Sementaramanfaat smoothies sendiri tergantungdari buah atau sayur utama yang diolah. 

 

Mengonsumsi minuman-minuman sehat diatas secara teratur dapat menjadi solusi alternatif jika Anda sedang bosanmengonsumsi makanan sehat. Padukan dengan bergerak aktif secara  teraturuntuk mendapatkan manfaat maksimal. Dapatkan minuman sehat dengan kualitasterbaik di lemonilo.com.


Artikel Terkait

Stop Makan Gorengan, Ini 7 Ide Camilan Sehat untuk Buka Puasa!
Terlambat pulang kerja, macet dan kondisi jalanan yang tidak bisa diprediksi seringkali membuat kita terpaksa buka puasa..
Shella Rafiqah Ully
28 Mei 2019
Selain Daun Katuk, 8 Buah Segar Ini Bisa Ibu Andalkan untuk Lancarkan Produksi ASI
Pilihan makanan alami untuk melancarkan Air Susu Ibu (ASI) pasti jatuh pada daun katuk. Ini karena berbagai penelitian s..
Shella Rafiqah Ully
25 Maret 2019
Tahukah Bunda, Ternyata Susu Almond Bisa Lancarkan Produksi ASI?
Air Susu Ibu (ASI) mengandung semua nutrisi baik yang dibutuhkan bayi, sebab itu memberikan ASI secara ekslusif kepada ..
Shella Rafiqah Ully
18 Maret 2019