Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Mitos Paling Umum tentang Nutrisi dan Kesehatan, Ketahui Faktanya di Sini

Lulu
Lulu
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
7 Mitos Paling Umum tentang Nutrisi dan Kesehatan, Ketahui Faktanya di Sini

Memperhatikan persoalan nutrisi dan kesehatan memang sangat penting. Namun, setiap informasi yang diperoleh perlu diperiksa kembali kebenarannya.

Pasalnya, ada banyak informasi mengenai nutrisi dan kesehatan yang merupakan mitos sehingga menyembunyikan fakta yang sebenarnya.

Ini bisa menyebabkan disfinformasi sehingga banyak orang yang salah kaprah dalam memahami persoalan nutrisi dan kesehatan.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 7 mitos tentang nutrisi yang tak boleh lagi dipercaya:

1. Makanan tinggi lemak tidak sehat


Masih banyak orang yang takut dengan makanan berlemak tinggi dan berharap memangkas asupan lemak dapat bermanfaat bagi kesehatan.

Di sisi lain, diet rendah lemak dikaitkan dengan risiko masalah kesehatan, seperti sindrom metabolik yang menyebabkan peningkatan resistensi insulin dan kadar trigliserida.

Pola makan yang ekstrem, seperti diet sangat rendah lemak atau sangat tinggi lemak dapat menyebabkan kesehatan. banner consideration shipping bg blue

2. Sarapan adalah makanan terpenting


Sarapan dianggap sebagai salah satu fakto penting untuk mempersiapkan hari yang sehat, namun penelitian menunjukkan bahwa hal ini mungkin tidak terjadi pada kebanyakan orang dewasa.

Melakukan puasa intermiten, yakni dengan melewatkan sarapan atau mengonsumsinya di kemudian hari, dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, seperti mengontrol gula darah dan mengatasi inflamasi.

Puasa intermiten juga dapat dilakukan dengan mengonsumsi sarapan seperti biasa dan makan malam lebih awal untuk mempertahankan waktu puasa selama 14-16 jam. Ingat, ini tidak berlaku bagi anak-anak dan remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Di sisi lain, sarapan dengan frekuensi makan yang berkurang juga dapat bermanfaat untuk kesehatan dengan mengurangi inflamasi dan menurunkan berat badan.

3. Kentang tidak sehat


Sering dicap sebagai makanan tidak sehat, konsumsi kentang putih dibatasi dan dihindari oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Meski kentang putih memang dapat menyebabkan penambahan berat badan, umbi bertepung ini sangat bergizi dan dapat dimasukkan dalam daftar makanan sehat.

Kentang putih merupakan sumber nutrisi yang baik, termasuk kalium, vitamin C, dan serat. Ditambah lagi, kentang putih lebih mengenyangkan daripada sumber karbohidrat lain, seperti nasi dan pasta.

4. Makanan rendah lemak lebih sehat


Saat ini, ada banyak makanan atau minuman yang menggunakan label “rendah lemak” atau “bebas lemak”.

Meski demikian, produk-produk ini tidak lantas mampu menghilangkan lemak yang berlebih dan lebih sehat dari produk lainnya.

Produk “diet” tersebut justru biasanya merupakan pilihan yang kurang sehat. Penelitian menunjukkan, makanan rendah lemak justru mengandung lebih banyak gula dan garam dari makanan biasa.banner consideration promotion bg blue

5. Diet rendah kalori adalah solusi menurunkan berat badan


Meski mengurangi asupan kalori memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun, mengurangi kalori hingga terlalu rendah dapat menyebabkan adaptasi metabolik dan konsekuensi kesehatan jangka panjang.

Diren sangat renah kalori dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan penurunan tingka metabolisme, peningkatan rasa lapar, dan perubahan hormon.

Inilah sebabnya penelitian menunjukkan bahwa pelaku diet rendah kalori jarang berhasil menjaga berat badan tetap normal dalam jangka panjang.

6. Kurus sama dengan sehat


Obesitas dianggap sebagai kondisi yang tidak sehat karena kerap dikaitkan dengan banyak permasalahan kesehatan, seperti diabetes, penyakit jantung, depresi, hingga jenis kanker tertentu.

Meski demikian, untuk mengurangi risiko penyakit kronis tersebut, tidak berarti solusinya adalah menjadi kurus.

Yang paling penting adalah mengonsumsi makanan bergizi dan mempertahankan gaya hidup yang aktif.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

7. Semua smoothie dan jus sehat


Jus dan smoothie memang bergizi. Campuran buah-buahan, kacang, hingga biji-bijian memberikan nutrisi baik untuk tubuh.

Namun, penting untuk diketahui bahwa jus atau smoothie yang dijual di cafe biasanya mengandung gula dan kalori.

Ketika dikonsumsi berlebihan, jus dan smoothie dapat meningkatkan berat badan dan masalah kesehatan lain, seperti kenaikan gula darah dan kerusakan gigi.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.