Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

7 Peluang dan Jenis-jenis Wirausaha dari Rumah, Mulai Sekarang Juga, Yuk!

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
24 Nov 2021
Clock Icon
6 menit
 Jenis-jenis Wirausaha dari Rumah

Di masa serba digital seperti sekarang ini, mendapatkan penghasilan tambahan dari rumah bukanlah sesuatu yang tidak mungkin dilakukan. Bahkan tidak sedikit orang yang berhasil mengembangkan usaha dari rumah hingga berhasil menjadikannya penghasilan utama. Tertarik ikut mencoba? Berikut adalah jenis-jenis wirausaha dari rumah yang bisa kamu pelajari mulai dari sekarang. 


1. Berjualan Makanan


Salah satu jenis wirausaha dari rumah yang paling diminati adalah berjualan makanan. Mulai dari kue basah, kue kering, makanan berat, hingga berbagai menu jajanan yang viral kerap menjadi menu yang dapat dibuat dan dijual dari rumah. Tanpa perlu menyewa gerai atau toko, kamu bisa memasarkan makanan melalui internet dan mengantarkannya menggunakan jasa dari aplikasi pengantar barang. 


2. Membuka Kelas Online


Apakah kamu memiliki skill dalam olahraga, seni, bahasa, fotografi, atau hal lainnya? Kamu bisa mulai membuka kelas online dari rumah, lho. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu jenis wirausaha yang kamu bangun. Dengan membuka usaha ini kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan mengatur harga untuk setiap jenis kelas yang ditawarkan. Misalnya kelas yang disiarkan langsung (live) dengan konsultasi, kelas rekaman, atau kelas berupa paket pertemuan. 


3. Menjual Barang Bekas 


Preloved item atau barang bekas juga bisa menjadi salah satu ide menarik untuk memulai usaha dari rumah. Barang-barang yang memiliki desain unik atau terbatas biasanya banyak diminati di pasaran. Terutama pakaian seperti baju, jaket, sepatu ataupun tas. Selain dapat mengurangi barang yang tertumpuk di rumah, menjual barang bekas juga berarti kamu telah mendukung program ramah lingkungan dan kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan.


4. Menjual Produk Homemade

Beberapa produk homemade (selain makanan) seperti lilin aromaterapi, kotak hadiah, hampers, hingga dekorasi juga tidak kalah menarik untuk dijual di pasaran. Terutama bila kamu bisa menonjolkan kelebihan dan keunikan produkmu dibandingkan produk-produk lainnya di luar sana. 


5. Membuka Jasa Foto

Bila kamu memiliki kemampuan fotografi serta memiliki kamera dan alat penunjang lainnya, tidak ada salahnya lho membuka jasa foto di rumah. Saat ini sudah banyak pelaku usaha kecil yang membutuhkan jasa foto agar produknya lebih menarik untuk dipasarkan. Kamu juga bisa membuka jasa foto untuk kebutuhan acara seperti ulang tahun, wisuda atau pernikahan. Sebagai pilihan lainnya, kamu juga bisa menjual hasil karya fotomu di berbagai platform online.


6. Menjadi Content Creator 


Sudah bukan rahasia lagi kalau membuat konten yang berkualitas di internet bisa mendatangkan keuntungan. Selain bisa membangun saluranmu sendiri, kamu juga bisa menjadi freelance content creator dari perusahaan tertentu. Psst, saat ini sudah banyak lho perusahaan yang membutuhkan jasa freelance content creator yang bisa membantu meningkatkan eksistensi produknya di dunia digital. Jangan ragu untuk eksplor kemampuanmu dalam membuat konten ya, Lemonizen!


7. Membuka Jasa Rias


Bila kamu memiliki kemampuan dan ketertarikan di bidang make up, kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka jasa rias dari rumah. Bermodalkan peralatan make up, kamu sudah bisa mendatangkan pelanggan yang membutuhkan jasamu. Tidak usah repot-repot  membangun salon, saat ini sudah banyak kok penata rias yang bekerja dari rumah atau bekerja berdasarkan panggilan kliennya. 


Saat ini, jasa penata rias dibutuhkan di banyak acara. Misalnya wisuda, lamaran, pernikahan atau pemotretan. Jangan lupa untuk memasarkan hasil riasanmu di media sosial, ya. Pasang juga tarif yang kompetitif, sesuai dengan standar di kotamu.


Jenis-jenis wirausaha dari rumah yang sudah disebutkan di atas bisa kamu jadikan pertimbangan saat tertarik memulai usaha. Selain bisa membantu meningkatkan pundi-pundi tabungan, membuka usaha sendiri dari rumah juga akan mengasah kemampuanmu di bidang lain. Seperti kemampuan untuk membangun jejaring, berkomunitas, mengelola sumber daya, data, dan keuangan. 


Jadi, tertarik untuk memulai usaha apa nih, Lemonizen? Tidak perlu bingung, kamu juga bisa memulai usaha dari rumah bersama Lemonilo dengan mengikuti program Wiranilo. Terdapat lebih dari 40 produk Lemonilo yang siap dipasarkan serta bimbingan langsung dari tim Lemonilo agar kamu lebih paham seputar bisnis dan marketing. Daftarkan dirimu di sini!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.