Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

7 Tanda Bayi Tumbuh Gigi yang Bunda Wajib Tahu

Rizki Indra
Rizki Indra
08 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
Bayi tumbuh gigi bisa diketahui dengan beberapa tanda.
Biasanya, bayi yang akan tumbuh gigi akan menunjukkan sejumlah tanda atau ciri khusus. Nah, Bunda juga harus tahu apa saja tanda bayi tumbuh gigi tersebut. Supaya Bunda bisa segera menanganinya jika bayi merasa tidak nyaman. Selain itu, bayi juga biasanya akan rewel selama proses tumbuhnya gigi tersebut. Namun Bunda tidak usah cemas jika bayi rewel karena akan tumbuh gigi, karena hal itu merupakan proses alamiah yang biasa terjadi pada bayi.

Pada umumnya, gigi pertama yang tumbuh pada bayi adalah ketika usianya masuk ke 4-6 bulan. Biasanya, gigi yang pertama tumbuh adalah 2 gigi depan atau gigi seri yang ada di gusi bagian bawah. Bayi akan merasa tidak nyaman ketika gigi akan tumbuh, sehingga ia menjadi rewel dan menjadi lebih sering menangis.

Rasa tidak nyaman ini akan berlangsung selama beberapa hari sampai beberapa minggu sampai gigi tersebut akhirnya muncul. Berikut ini beberapa tanda yang harus Bunda perhatikan ketika bayi mengalami proses tumbuh gigi:

1. Gusi Membengkak



Apabila Bunda ingin tahu apakah bayi Bunda akan tumbuh gigi atau tidak, maka buka mulutnya perlahan dan perhatikan bagian gusinya. Biasanya gusi akan membengkak ketika bayi tersebut alami tumbuh gigi. Gusi bengkak ini ditandai dengan gusi yang memerah, bahkan mungkin memar. Bunda juga bisa melihat gigi yang secara samar muncul di dalam gusi tersebut yang artinya akan segera tumbuh. banner consideration shipping bg blue

2. Gusi Terasa Gatal Sehingga Ia akan Menggigit/Menghisap Benda



Bagian gusi juga akan terasa gatal ketika akan tumbuh gigi, sehingga bayi cenderung menggigit atau menghisap segala jenis benda yang ada di sekitarnya. Bisa menggigit mainannya atau bahkan kain yang bisa dimasukkan ke dalam mulut.

3. Banyak Mengeluarkan Air Liur



Ketika tumbuh gigi, di area mulut bayi juga akan memproduksi air liur lebih banyak dari biasanya. Hal ini belum bisa dipastikan penyebabnya, tetapi hampir semua bayi yang akan tumbuh gigi mengeluarkan banyak air liur.

Kondisi ini diduga karena gerak otot yang meningkat di mulut bayi selama proses tumbuh gigi. Kinerja kelenjar ludah pada bayi akan lebih aktif dibanding biasanya sehingga jumlah air liur pun jauh lebih banyak.

4. Ruam di Sekitar Mulut



Bahkan sebagian bayi ada juga yang mengalami ruam di sekitar mulut. Karena produksi air liur yang berlebih menyebabkan area sekitar mulut menjadi lebih lembab. Untuk menghindari ruam, bersihkan air liur bayi dengan lap atau tisu bersih.banner consideration promotion bg blue

5. Tidak Nafsu Makan



Ciri lainnya yang terjadi pada bayi yang sedang tumbuh gigi adalah tidak nafsu makan atau menurunnya nafsu makan. Biasanya mereka akan menolak makan/minum karena terjadinya peradangan pada gusi.

6. Rewel di Malam Hari dan Demam



Bayi yang sedang tumbuh gigi juga biasanya akan rewel dan kesulitan tidur di malam hari. Karena laju pertumbuhan gigi terjadi di malam hari. Peradangan yang terjadi pada gusi juga bisa membuat bayi mengalami demam. Bunda bisa memberinya obat penurun panas atau demam. Namun jika suhunya lebih tinggi dari 38oC maka Bunda bisa membawanya ke dokter.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Ketujuh tanda bayi tumbuh gigi tersebut di atas, harus Bunda perhatikan dengan baik. Sehingga hal itu bisa menjadi panduan yang tepat ketika bayi Bunda sedang akan tumbuh gigi. Dan pastikan kenyamanan pada bayi supaya mereka tidak terlalu rewel.
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.