Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Tips Diet yang Aman dan Bisa Meningkatkan Kesehatan, Wajib Dicoba!

Lulu
Lulu
08 Jan 2021
Clock Icon
3 menit
7 Tips Diet yang Aman dan Bisa Meningkatkan Kesehatan, Wajib Dicoba!

Ada banyak sekali tips menurunkan berat badan. Namun, tidak semuanya terbukti efektif karena kondisi kesehatan dan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Kunci sebenarnya untuk menurunkan berat badan yang aman dan efektif adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat yang sesuai dengan kebutuhan pribadi.

Klaim diet tertentu yang mampu menurunkan berat badan hingga 5 kg dalam satu minggu memang menggiurkan namun menjalani diet yang sehat dan aman tentu lebih penting.

Dilansir dari healthline, berikut adalah 7 tips diet yang aman dan bisa meningkatkan kesehatan:

1. Penuhi kebutuhan serat


Tips diet yang pertama adalah memenuhi kebutuhan serat. Serat bisa ditemukan dalam berbagai makanan sehat, termasuk sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Beberapa studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal.

Menambah asupan serat dalam makanan sehari-hari pun terbilang mudah. Cukup sarapan dengan gandum atau ngemil kacang dan biji-bijian yang kaya serat. banner consideration shipping bg blue

2. Kurangi gula


Gula tambahan merupakan alasan utama kenaikan berat badan yang tidak masalah. Gula yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes.

Makanan seperti permen, kue, atau minuman bersoda mengandung banyak gula tambahan yang cenderung rendah nutrisi sehat.

Mengurangi makanan yang tinggi gula tambahan adalah cara yang tepat untuk membantu menurunkan berat badan yang berlebih.

Penting untuk selalu memperhatikan label makanan atau minuman, meski terdapat klaim “makanan sehat” atau “makanan organik”. Ini harus dilakukan untuk menjaga asupan gula.

3.  Konsumsi lemak sehat


Meski lemak sering kali menjadi musuh bagi yang ingin menurunkan bera badan, lemak sehat justru dibutuhkan tubuh dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Faktanya, diet yang tinggi lemak sehat telah terbukti memaksimalkan proses penurunan berat badan. Adapun beberapa makanan yang mengandung lemak sehat adalah alpukat dan kacang-kacangan.

Selain itu, lemak sehat juga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama sehingga tidak lagi makan secara berlebihan.

4. Berjalan kaki


Banyak orang yang menerapkan olahraga yang ketat untuk menurunkan berat badan. Meski berbagai jenis aktivitas fisik penting kesehatan, berjalan kaki adalah cara yang sangat baik, mudah, murah untuk membakar kalori.

Faktanya, hanya berjalan kaki selama 30 menit setiap hari telah terbukti mampu menurunkan berat badan.

Selain itu, berjalan kaki merupakan aktivitas fisik yang menyenangkan karena bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.banner consideration promotion bg blue

5. Sarapan kaya protein


Memasukkan makanan kaya protein dalam menu sarapan telah terbukti bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Menu sederhana seperti orak-arik telur dengan tumisan sayur sudah cukup untuk memberikan asupan protein di pagi hari.

Meningkatkan asupan protein di pagi hari juga dapat membantu menghindari ngemil yang tidak seha dan mengontrol nafsu makan.

6. Minum cukup air


Minum cukup air sepanjang hari baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Bahkan, dapat membantu mempertahankan berat badan yang sehat.

Sebuah studi yang melibatkan lebih dari 9.500 orang menemukan bahwa mereka yang tidak terhidrasi dengan baik memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi dan lebih mungkin mengalami obesitas.

Terlebih lagi, orang yang selalu minum air sebelum makan telah terbukti makan lebih sedikit kalori.

7. Kurangi karbohidrat olahan


Karbohidrat olahan juga termasuk asupan yang harus dikurangi jika ingin menurunkan berat badan. Contoh makanan dengan karbohidrat olahan adalah tepung putih, pasta, dan roti.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Jenis makanan ini rendah serat, cepat dicerna, dan hanya mempertahankan kenyang dalam waktu singkat.

Sebaliknya, pilihlah karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian, gandum, atau sayuran seperti wortel dan kentang.

widt
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.