Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

7 Tips Ini Bikin Jualan di Marketplace Laris Manis

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
09 Apr 2021
Clock Icon
6 menit
jualan di marketplace

Menjalankan bisnis online dengan berjualan di marketplace kini menjadi pilihan bagi banyak orang. Tak heran, berjualan di marketplace memang dirasa memberi banyak kemudahan. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal untuk membuat toko fisik, semua orang bisa memiliki tokonya sendiri secara online di marketplace.


Namun sama halnya dengan berjualan offline, berjualan di marketplace juga harus siap dihadapkan pada persaingan. Karena kemudahannya, tentu semakin banyak yang tertarik membuka toko di marketplace, artinya persaingan semakin ketat. Agar tokomu di marketplace tetap diminati banyak pelanggan, 7 tips ini bisa kamu coba, lho.


1. Buat profil toko menjadi lengkap

Sebelum menjaring banyak customer, toko online yang kamu miliki di marketplace haruslah terlihat profesional. Sehingga pembeli akan percaya saat akan berbelanja produk yang kamu tawarkan. Cara agar terlihat profesional adalah dengan melengkapi profil tokomu terlebih dulu.


Mulailah lengkapi profil dari informasi seperti deskripsi toko, foto profil, jam operasional, aturan saat bertransaksi, deskripsi barang secara jelas dan lengkap, serta kategorikan produk sesuai dengan jenisnya. banner consideration shipping bg blue


Profil toko yang lengkap akan mempermudah calon customer saat akan berbelanja di tokomu dan meningkatkan kepercayaan mereka.


2. Pelajari fitur-fitur yang ada di marketplace

Saat ini di sejumlah marketplace sudah menyediakan berbagai fitur yang bisa kamu manfaatkan. Salah satunya dengan menggunakan fitur sebagai premium seller. Jika di Shopee dinamakan Star Seller, di Tokopedia bernama Power Merchant, dan di Bukalapak dinamakan Super Seller. Dengan bergabung sebagai premium seller tentu akan lebih banyak manfaat yang kamu dapatkan, salah satunya tokomu akan lebih sering dipromosikan dan mudah ditemukan oleh para customer.


Untuk bergabung sebagai premium seller, biasanya ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi. Hal inilah yang bisa kamu coba pelajari sehingga nantinya bisa dinobatkan sebagai premium seller.


3. Berikan pelayanan terbaik

Membangun toko yang baik tidak akan artinya tanpa pelayanan yang juga baik. Meski tokomu menjual banyak produk secara lengkap, tetapi pelayanan yang kamu berikan sangat buruk, maka customer akan kapok dan tidak akan melakukan repeat order di tokomu.


Itulah mengapa memberikan pelayanan terbaik menjadi poin penting dalam mengelola toko di marketplace. Pelayanan yang biasanya disukai customer antara lain memberikan respon dari pertanyaan mereka secara cepat dan keterangan yang jelas, proses pengemasan dan pengiriman yang cepat, serta packaging yang bagus dan aman.


4. Sediakan banyak pilihan untuk jasa pengiriman

Masing-masing customer biasanya memiliki preferensinya sendiri soal jasa kurir yang menjadi favorit mereka. Sebagai seller, yang bisa kamu lakukan adalah dengan menyediakan banyak pilihan jasa kurir yang nantinya bisa dipilih oleh customer sendiri.


Apalagi harga dari jasa pengiriman biasanya sangat beragam. Ada yang murah ada juga yang mahal tapi dengan jaminan cepat sampai. Biarkan customer-mu memilih sendiri jasa pengiriman apa yang mereka pilih. Selain itu, di berbagai marketplace saat ini juga sudah tersedia kerjasama untuk gratis ongkir dengan beberapa jasa kurir.banner consideration promotion bg blue


5. Bersaing dalam harga

Bersaing dalam harga tidak sama dengan perang harga. Bersaing harga artinya memberi kesempatan kepada customer untuk membandingkan harga produk yang dijual di tokomu dengan yang dijual di toko lain.


Pastikan sebelum melabeli harga, kamu sudah melakukan riset soal harga produk serupa di toko lain. Tapi ingat jangan menjual produk dengan harga yang jauh di bawah pasaran, karena bisa merugikan seller lain.


Tapi bagaimana jika harga yang kamu tawarkan sama saja dengan toko lain? Maka yang bisa kamu lakukan adalah dengan menambah manfaat lain. Seperti bonus yang bisa diberikan kepada customer dalam pembelian jumlah tertentu.


6. Gunakan fitur ads

Saat ini di marketplace sudah ada fitur ads untuk mempromosikan toko. Toko yang menggunakaan fitur ads ini biasanya akan muncul sebagai toko yang direkomendasikan oleh marketplace dan muncul di daftar paling atas.


Jika kamu ingin toko milikmu semakin dikenal, kamu bisa mempelajari soal fitur ads di marketplace ini. Perhatikan juga karakteristik fitur ads di masing-masing marketplace, apakah berdasarkan keyword atau hal lainnya.


7. Promosikan marketplace di platform lain

Berjualan online sejatinya tak cukup menggunakan satu platform saja. Meski sudah membuka toko di marketplace, kamu juga harus mencoba untuk mempromosikan di platform lain seperti media sosial atau status Whatsapp.


Hal ini bertujuan untuk menjaring lebih luas pasar yang mungkin selama ini jarang berbelanja di marketplace.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan jika ingin memaksimalkan berjualan di marketplace. Meski terkesan mudah membuka toko di marketplace, tapi usaha yang kamu lakukan harus lebih ekstra karena banyaknya saingan saat ini. Jadi, selamat mencoba!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.