7 Tips Makan Pedas Supaya Tetap Nyaman, Pecinta Pedas Wajib Tahu!

Lemonizen, apakah kamu penyuka makanan pedas? Makanan pedas mengandung zat aktif bernama capsaicin yang dapat menimbulkan rasa pedas juga sensasi panas di lidah. Secara alami, kamu bisa menemukan zat capsaicin ini pada cabai, paprika, cabai rawit, dan jalapeno. 

Meski memberikan sensasi panas dan terbakar di lidah, rasa pedas seringkali membuat penikmatnya merasa ketagihan. Sehingga nafsu makan bertambah saat makan pedas. Namun rasa pedas juga bisa  menimbulkan sakit perut atau sensasi lidah terbakar yang sulit dihilangkan. Sehingga membuat penikmat pedas merasa kurang nyaman. 

Nah, kali ini Lemonilo akan berbagi tips makan makanan pedas agar tetap nyaman. Seperti apa tipsnya? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

1. Pastikan Tidak Makan Pedas Saat Perut Kosong

Bila kamu ingin makan makanan pedas, pastikan kamu telah menyantap makanan lainnya terlebih dahulu. Pasalnya, makanan pedas dapat mengiritasi perut yang kosong sehingga membuatmu merasa sakit perut. Kondisi ini juga memicu gangguan pencernaan lho, Lemonizen. Jadi, hindari makan pedas saat perut kosong, ya! banner consideration shipping bg blue

2. Hindari Minum Air Putih

Kebanyakan orang berusaha menghilangkan sensasi pedas dengan minum air putih sebanyak-banyaknya hingga perut terasa kembung. Padahal, kandungan capsaicin bersifat tidak larut dengan air, capsaicin justru bersifat seperti minyak yang menempel di lidah. Inilah alasan mengapa minum air putih justru tidak dapat menghilangkan rasa pedas. 

3. Minum Susu atau Yogurt

Untuk mengatasi rasa pedas di mulut, cobalah minum susu. Produk susu memiliki kandungan senyawa organik bernama kasein yang dapat mengikat capsaicin di dalam mulut. Sehingga bisa membantu menetralkan lidah hingga mengurangi sensasi panas. Begitu juga dengan yoghurt. Kamu bisa pilih untuk konsumsi yoghurt setelah makan pedas supaya suhu tubuh menurun dan sistem pencernaan lebih lancar. 

4. Makan Roti, Nasi atau Biskuit 

Ketika sensasi pedas terasa sangat membakar, kamu juga bisa coba untuk makan makanan lain yang bisa menetralisir rasa pedas. Seperti roti, nasi, dan biskuit. Baik roti, nasi, maupun biskuit dapat menyerap zat capsaicin sehingga rasa pedas dapat reda lebih cepat.banner consideration promotion bg blue

5. Hindari Makan Pedas Sebelum Tidur

Tips lainnya agar makan makanan pedas terasa lebih nyaman adalah dengan memperhatikan waktu makan. Hindari makan makanan pedas sebelum waktu tidur karena dapat mengganggu kelancaran pencernaan dan menimbulkan refluks asam lambung. 

Di samping itu, senyawa capsaicin dapat mempengaruhi tidur melalui perubahan suhu tubuh yang juga mengganggu kelancaran pencernaan. Ketika kamu ingin makan pedas di malam hari, pastikan kamu memakannya dalam waktu tiga jam sebelum waktu tidurmu ya, Lemonizen. 

6. Perhatikan Porsi Makan Pedas

Bila kamu memiliki riwayat gangguan pencernaan, makanan pedas adalah hal yang perlu kamu perhatikan dengan baik. Meski makan pedas seringkali membuat ketagihan, jangan sampai kamu makan dengan porsi berlebih ya, Lemonizen. Sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik untuk tubuh. 

7. Sikat Gigi Setelah Makan Pedas

Menyikat gigi juga bisa jadi cara ampuh untuk meredakan sensasi pedas di mulut lho, Lemonizen. Selain menetralkan rasa pedas, dengan menyikat gigi kamu juga telah menjaga kesehatan gigi sekaligus akan mendapatkan nafas yang lebih segar.banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green 

Nah, Lemonizen, setelah tahu tips makan pedas di atas setelah ini kamu bisa makan berbagai makanan pedas dengan lebih nyaman. Termasuk Mie Lemonilo Pedas Korea.Tunggu apa lagi, yuk rasakan nikmatnya Mie Lemonilo Pedas Korea dengan cita rasa #PedasnyaDaebak!

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami