Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

7 Vitamin Untuk Mata yang Aman Bagi Kesehatan Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
04 May 2021
Clock Icon
3 menit
Mengonsumsi vitamin untuk mata setiap hari sangat penting untuk kesehatan mata.

Pepatah mengatakan mata adalah jendela jiwa. Benar adanya karena mata merupakan organ yang berperan sangat besar untuk kehidupan, sehingga kamu harus selalu menjaga kesehatannya. Selain menjaga kesehatan mata dengan tidak mengucek mata saat terkena debu atau membaca di tempat gelap, mata tetap harus diperkuat dari dalam dengan konsumsi vitamin untuk mata. Lantas, apa saja vitamin tersebut? Berikut ulasannya:

1. Vitamin A


Vitamin A adalah vitamin untuk mata yang sangat penting. Kurangnya asupan vitamin ini akan menyebabkan defisiensi vitamin A, terjadinya penyakit pada usus besar yang mengganggu penyerapan nutrisi penting bagi tubuh, seperti penyakit Crohn dan pankreatitis, menyebabkan xeroftalmia, yang diawali dengan penglihatan rabun di malam hari dan jika kondisi berlanjut, dapat menyebabkan mata kering dan kerusakan kornea hingga berujung kebutaan.
banner consideration shipping bg blue

Konsumsi suplemen vitamin A sebaiknya tidak melebihi 10.000 IU per harinya. Vitamin A dapat ditemukan pada produk hewani, seperti daging, ikan, ayam, dan produk susu. Sedangkan provitamin A ada pada buah-buahan dan sayuran.

2. Vitamin C


Vitamin C penting bagi pembuluh darah mata yang bermanfaat untuk kesehatan mata secara umum. Sumber vitamin C yang bisa Kamu tambahkan dalam asupan sehari-hari, yaitu jeruk, bayam, tomat, pisang dan apel.

3. Vitamin D


Peneliti menemukan kemungkinan keterkaitan hubungan antara vitamin D dengan mata kering, bahwa defisiensi vitamin D dapat menyebabkan gangguan produksi air mata. Oleh karena itu, vitamin D bermanfaat untuk mengatasi mata kering dengan mengurangi peradangan pada kornea dan membantu produksi air mata. Vitamin D bisa diproduksi oleh tubuh dengan bantuan sinar matahari.

4. Vitamin E


Berbagai macam gangguan kondisi mata terkait dengan oxidative stress, yang merupakan kondisi tidak seimbang antara antioksidan dan radikal bebas dalam tubuh. Vitamin E merupakan antioksidan yang berguna untuk melindungi sel, termasuk sel mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut. Vitamin E bisa diperoleh dari kacang-kacangan, biji-bijian, Ikan salmon, buah alpukat, ubi dan sayuran hijau.banner consideration promotion bg blue

5. Lutein dan Zeaxanthin


Lutein dan zeaxanthin merupakan tipe karoten yang berguna untuk kesehatan mata. Di alam bebas terdapat sekitar 600 jenis karoten, namun hanya 20 yang berguna untuk kesehatan mata, termasuk lutein dan zeaxanthin.

Keduanya berguna untuk melindungi jaringan mata, lensa. Antioksidan yang terkandung di dalamnya akan menyerap kandungan berbahaya untuk mata, seperti sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok. Makanan yang harus dikonsumsi, yaitu bayam, brokoli, kubis, jeruk, lemon, anggur dan kuning telur.

6. Zinc


Zinc atau seng adalah mineral penting guna merubah vitamin A menjadi melanin, sebuah pigmen pelindung untuk mata. Secara alami, tubuh kita tidak memproduksi zinc sendiri, sehingga asupan nutrisi ini harus cukup. Selain itu, zinc juga membantu dalam pembelahan, pertumbuhan sel dan menyeimbangkan hormon untuk menghindari terjadinya reaksi autoimun. Makanan yang mengandung zinc, antara lain ikan, tiram, daging hewan herbivora kambing atau sapi, telur, dan kacang-kacangan.

7. Omega 3


Membran cell dari retina mata manusia mengandung konsentrasi tinggi DHA, tipe khusus dari omega 3 yang bermanfaat untuk mata kering agar bisa mengeluarkan air mata lebih banyak.  Omega 3 bisa kamu peroleh dari ikan, kacang, kacang hijau, dan minyak olive.
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah vitamin untuk mata yang harus kamu konsumsi untuk kesehatan mata. Vitamin-vitamin ini bisa kamu peroleh dari berbagai makanan disekitar kamu. Supaya kesehatan mata terjaga, jangan sampai lupa untuk mengkonsumsi berbagai vitamin ini ya!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.