8 Cara Mudah Mengatasi Kecemasan, Aromaterapi hingga Meditasi

25 Aug 2020 @ 23:35:56
Perasaan cemas memang tidak bisa dibiarkan mengendap terlalu lama. Bisa jadi, perasaan cemas menghalangimu untuk fokus hingga sulit menjalani aktivitas sehari-hari. Untuk kondisi yang lebih parah, kecemasan bisa menganggu kesehatanmu.
Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk meredakan kecemasan. Kamu bisa mempraktikkannya untuk menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati. Dirangkum dari laman Healthline, berikut adalah cara mudah atasi kecemasan:

Berlatih Fokus 
Saat merasa cemas, cobalah tarik napas dalam 4 hitungan dan keluarkan selama 4 hitungan. Lakukan kegiatan ini selama 5 menit. Fokus pada setiap tarikan dan embusan napas. Pernapasan yang fokus dan dalam akan memperlambat detak jantung yang akan menenangkanmu. Teknik pernapasan 4-7-8 juga bisa membantu mengurangi kecemasan.

Gunakan Aromaterapi
Aromaterapi dipercaya mampu memberikan sensasi relaksasi. Aromaterapi yang dimaksud bisa berbentuk dupa, lilin, atau minyak. Melalui wangi yang menenangkan pikiran, Aromaterapi bisa digunakan untuk mengurangi kecemasan. Hal ini disebabkan oleh kandungan aromaterapi yang dianggap membantu mengaktifkan reseptor tertentu di otak dan berpotensi meredakan kecemasan. Jika ingin menggunakan aromaterapi, pilihlah aroma yang paling kamu suka dan nyaman untuk ruangan di rumahmu.

Jalan-Jalan Selama 15 Menit
Terkadang, cara terbaik untuk meredakan perasaan yang sedang cemas adalah menjauh dari situasi yang membuatmu cemas. Luangkan waktu untuk fokus dengan diri dan pikiranmu sendiri. Caranya bisa dilakukan dengan jalan-jalan selama 15 menit. Mudah dan cepat namun bisa membantu memperbaiki mood.

Tuliskan Isi Pikiran
Menuliskan hal-hal yang membuatmu cemas ternyata ampuh untuk mengatasi perasaan negatif tersebut. Trik relaksasi ini bisa membantu kamu yang sedang merasa cemas dan juga bagi mereka yang memiliki gangguan kecemasan umum. 
Meski demikian, jika kamu merasa mengidap gangguan kecemasan umum, cara ini bukan satu-satunya yang bisa membantumu. Kamu harus berkonsultasi pada profesional yang bisa membantu menemukan cara jangka panjang untuk mengurangi gejalanya.

Kenali dan Pelajari Pemicu Kecemasan
Untuk mengetahui hal-hal yang bisa memicu kecemasan, kamu bisa mencari sendiri atau mencari tahu dengan bantuan dari seorang profesional. Ketika berhasil menemukan pemicu tersebut, sebaiknya kamu mulai membatasi kontak dengan si pemicu kecemasan. Jika tidak memungkinkan, berkonsultasilah dengan psikolog profesional untuk mencari cara agar kamu bisa terselamatkan dari hal-hal pemicu kecemasan.

Lakukan Meditasi Rutin
Meditasi yang dilakukan secara rutin bisa membantu melatih otak untuk menghilangkan pikiran-pikiran negatif seperti kecemasan. Duduk diam dengan pikiran fokus awalnya akan terasa sulit. Oleh sebab itu, komitmen dengan meditasi memang harus dilatih. Kamu butuh menemukan cara yang tepat hingga meditasi bisa diadaptasi menjadi rutinitasmu.

Setelah duduk, mulailah dengan mendengarkan musik yang menenangkan, kemudian pusatkan perhatian ke satu titik di depanmu. Nikmati suasananya dengan napas yang teratur dan terukur. Perlahan-lahan, kecemasanmu akan berkurang.

Jaga Kesehatan Fisik
Kesehatan fisik bisa memengaruhi kesehatan mental, begitu pula sebaliknya. Selain latihan yoga atau meditasi, kamu juga bisa melakukan aktivitas fisik sebagai contoh: jogging, bersepeda, berlari, berenang, dan lain-lain. Pastikan aktivitas fisik ini juga bisa kamu lakukan secara rutin agar kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal.

Konsultasi dengan Dokter
Jika kamu merasa kecemasan yang kamu alami tidak kunjung membaik, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter. Kamu akan mendapatkan pengobatan dan arahan yang tepat agar kecemasanmu bisa segera reda. Tidak perlu takut menemui profesional karena kamu berhak untuk mendapatkan yang terbaik bagi kesehatan dirimu sendiri.

Nah, itulah delapan cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan atau mengurangi tingkat kecemasan. Lakukan cara yang membuatmu nyaman dan selalu praktikkan ketika kamu merasa cemas. Jika kecemasan dibiarkan tanpa penanganan yang tepat, masalah ini akan berdampak buruk dan mengurangi kualitas hidup. Jadi, tidak perlu menunda untuk menemui profesional agar pengobatan menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.


Artikel Terkait

5 Rempah-Rempah Terbaik untuk Bantu Redakan Stres
Pikiran dan perasaan dalam kondisi buruk bisa menghambat aktivitas sehari-hari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Jakarta PSBB Lagi? Tetap Semangat! 5 Tips ini Akan Membantumu Menjaga Mood
Meski harus kembali bekerja dari rumah jangan lupa untuk tetap berolahraga ya!..
Shella Rafiqah Ully
11 September 2020
Gangguan Psikotik Ketahui Gejala, Sebab dan Cara Mengatasinya
Gangguan psikotik adalah salah satu gangguan mental yang cukup umum terjadi, inilah cara mengatasinya..
Rizki Indra
03 September 2020