Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

8 Manfaat Baik Meditasi untuk Kesehatan Mental Kamu

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat meditasi yang penting diketahui sejak dini.

Ketenangan dan kedamaian diri merupakan salah satu tujuan dari manfaat meditasi yang diinginkan seseorang. Seperti yang diketahui bersama, hidup ini memang bagaikan roller coaster yang terus berjalan. Terkadang berada di atas, tetapi bisa secara tiba-tiba langsung turun ke bawah tanpa memberikan aba-aba. Kondisi tersebut yang bisa membuat seseorang merasa lelah secara emosional.


Orang yang sering mengalami hal-hal emosional, cenderung lebih berpotensi untuk mengalami gangguan kesehatan mental. Dalam hal ini, meditasi mampu memberikan kontribusi yang positif. Inilah beberapa manfaat meditasi yang bisa kamu lakukan:

1. Mengatasi Kecemasan dan Depresi


Saat seseorang mengalami kecemasan, maka tubuh meresponnya dengan mengeluarkan senyawa sitokin yang memengaruhi suasana hati. Jika senyawa tersebut tidak terkendali, maka berisiko untuk kesehatan mental. Pada kasus lebih lanjut, hal tersebut bisa menjadi depresi yang cukup serius. Sebagai langkah awal mengatasinya, cobalah untuk melakukan mindfulness meditation secara rutin.

2. Mengelola Stres


Untuk mengatasi stres, tubuh memerlukan hormon endorfin. Hormon ini tidak hanya memengaruhi suasana hati atau kebahagiaan saja, tetapi juga penghilang rasa sakit. Oleh karena itu, ada tipe orang yang akan melakukan olahraga lebih keras lagi, saat sedang merasa stres. Namun, selain langkah tersebut kamu juga bisa melakukan meditasi di rumah.

3. Membantu Mengendalikan Emosi


Melakukan teknik relaksasi (meditasi) secara rutin terbukti mampu membuat seseorang merasa lebih bahagia, tenang, dan positive thinking. Lebih dari itu, kinerja otak pun akan meningkat, baik dalam hal mengingat ataupun berkonsentrasi.

4. Mengatasi Kecanduan


Manfaat meditasi lainnya adalah untuk mengatasi kecanduan. Kata candu lebih sering diidentikkan dengan hal-hal yang membawa pengaruh buruk, seperti merokok, minuman keras, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini tentu perlu segera dihentikan, karena bisa memperburuk kesehatan fisik dan mental.


Meditasi menjadi langkah awal untuk mengurangi level candu tersebut, sehingga bisa lebih menghargai diri sendiri. Latihan relaksasi ini terbukti mampu mengurangi sesuatu yang tidak rasional serta emosi negatif.

5. Memberikan Motivasi


Tim terbaik dalam menjalani hidup adalah diri sendiri. Begitu juga dalam hal meraih impian, maka diri sendirilah yang mampu memberikan motivasi tak berbatas dan tanpa syarat. Meditasi bisa menjadi langkah untuk lebih mengenal diri sendiri, baik kekurangan, kelebihan, maupun keinginan. Jika sudah memiliki itu semua, maka perjuangan akan terasa lebih ringan.

6. Meningkatkan Kesadaran dan Kepercayaan Diri


Menurut hasil dari uji coba pada 40 laki-laki dan perempuan dewasa, mereka berhasil mengatasi kesepian, setelah mengikuti sebuah metode meditasi. Selaras dengan apa yang disampaikan pada poin sebelumnya, penerimaan dan kesadaran bisa meningkatkan kepercayaan diri.

7. Mencegah Pikun


Sebuah penelitian berhasil membuktikan, bahwa kemampuan seseorang untuk memperhatikan sesuatu dan berkonsentrasi bisa meningkat, setelah rutin melakukan meditasi. Artinya, kinerja otak pun akan mengalami perbaikan untuk mengingat dan fokus, sehingga penyakit pikun bisa dicegah dengan baik. Oleh karena itu, tidak ada salahnya meluangkan waktu untuk bermeditasi.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur


Manfaat meditasi yang terakhir adalah untuk memperbaiki kualitas tidurmu. Tidur dan kesehatan mental adalah dua hal yang tidak bisa terpisahkan begitu saja. Orang yang memiliki banyak pikiran atau stres, maka akan cenderung mengalami insomnia atau gangguan tidur.


Begitu juga dengan permasalahan mental yang lain, tidur merupakan satu langkah untuk mengatasinya. Oleh karena itu, medis menganjurkan manusia untuk lebih memperhatikan kebutuhan tidurnya.


Tidak hanya dari segi jangka waktu, tetapi juga kualitas atau deep sleep. Bagaimana cara menciptakannya? Selain menyediakan tempat tidur yang nyaman, meditasi juga bisa meningkatkan kualitas tidur, lho.


Dari kedelapan manfaat meditasi di atas, maka bisa disimpulkan bahwa teknik relaksasi ini memang patut dijadikan sebagai kebiasaan yang sehat. Dengan teknik relaksasi ini, diharapkan kamu bisa menghadirkan ketenangan, kedamaian, kesadaran, dan kebahagiaan di dalam diri dengan lebih optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.