8 Manfaat Rutin Minum Air Garam Hangat Yang Harus Kamu Tahu

28 Aug 2020 @ 09:27:09
Sebagai salah satu bagian dari bumbu masak yang harus selalu ada di rumah, garam ternyata memiliki manfaat lain disamping fungsinya menambah rasa pada masakan. Garam bisa dikonsumsi dengan air hangat dan memiliki banyak manfaat. Air garam hangat termasuk obat alami yang memiliki manfaat untuk menyembuhkan berbagai masalah kesehatan. Tentunya, hal ini berlaku bila dikonsumsi dalam batas wajar. Inilah 8 manfaat air garam dengan air hangat yang bisa kamu peroleh: 

1. Meredakan Sakit Tenggorokan 


Manfaat air garam yang pertama adalah bisa meredakan adanya gejala sakit pada tenggorokan. Sakit tenggorokan terjadi karena adanya virus atau bakteri. Biasanya kondisi ini akan membuat kamu merasa sakit ketika menelan makanan. Berkumur dengan air garam hangat bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Cara membuatnya, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air putih hangat. Lakukan cara ini sambil menjalani pengobatan yang diberikan dokter guna membantu pemulihan agar semakin optimal. 

2. Mengatasi Sinus



Manfaat air garam hangat selanjutnya yaitu mengatasi gejala sinus, pilek, dan alergi. Mencuci hidung menggunakan air garam dapat membantu menjaga saluran hidung terbuka sehingga dapat menghilangkan lendir kental yang sudah mengering, membersihkan sinus, menghilangkan bakteri berlebih, dan membuat hidung terasa lebih nyaman.

3. Detoksifikasi



Minum air garam hangat termasuk cara terbaik untuk membersihkan tubuh dari racun yang dapat menyebabkan kerusakan pada organ internal dalam jangka panjang. Minum segelas air garam hangat sebagai minuman pertama untuk menyambut pagi hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal bisa kamu coba.

4. Mengatasi Hidrasi


Salah satu manfaat kesehatan lain dari air garam hangat yang akan membuat kamu terkejut adalah efisiensinya dalam menjaga tubuh terhidrasi dari dalam.  Hal ini akan membantu untuk mempertahankan elastisitas kulit kamu dan menjaganya agar tetap muda dan lembut.

5. Menyembuhkan Penyakit Liver



Air garam juga memiliki manfaat lain yang mampu untuk bertarung melawan penyakit liver. Kemampuan air garam ketika masuk dalam tubuh adalah meregenerasi sel-sel hati yang rusak karena berbagai alasan seperti sirosis. Hal tersebut sangat baik untuk pengobatan penyakit liver. 

6. Memperbaiki Kualitas Tidur



Garam dapat mengurangi pengaruh kortisol dan adrenalin dalam darah yang memainkan peran besar dalam menyebabkan stres dan ketegangan. Manfaat air garam hangat mampu mengelola tingkat hormon ini sehingga dapat memberikan kamu kualitas tidur yang baik. Oleh karena itu, ketika kamu mulai susah tidur kamu hanya perlu minum air garam untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. 

7. Melawan Infeksi



Air garam terkenal dengan kemampuannya untuk bertarung melawan bakteri dengan menarik kadar air dari sel-sel bakteri. Hal ini akan menyebabkan bakteri hancur saat itu juga. Untuk itu, ketika kamu sedang sakit sebelum kamu pergi ke dokter dan mengonsumsi obat-obatan kimia, lebih baik dilakukan terapi minum air garam terlebih dahulu.

8. Mengatasi Edema


Bagi kamu yang belum mengerti, edema adalah akumulasi cairan di dalam jaringan yang menyebabkan tangan, pergelangan kaki, kelopak mata dan bagian tubuh lainnya jadi membengkak. Edema ini disebabkan oleh penggunaan obat-obatan tertentu, kehamilan, retensi garam, alergi dan penyakit serius lainnya.

Melalui minum air garam hangat akan sangat efektif dalam menghilangkan kelebihan air yang terakumulasi dalam tubuh tersebut. Maka cobalah minum air garam setiap hari jika kamu menderita edema.

Itulah 8 manfaat air garam hangat yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa biasakan minum segelas air garam hangat setiap pagi agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal! 

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020