8 Manfaat Sering Berenang, Yang Membuat Tubuh Sehat Dan Bugar

Berenang termasuk salah satu jenis olahraga ringan yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, apalagi jika dilakukan secara rutin. 8 manfaat berenang untuk kesehatan yang akan diulas ini, bisa kamu pertimbangkan untuk dijadikan olahraga rutin agar mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaatnya? Check it out!

banner consideration shipping bg blue

1. Memperkuat Otot

Manfaat pertama renang yang paling signifikan adalah membuat seluruh tubuh kamu bergerak. Ada berbagai gaya dalam berenang dan masing-masing gaya berfokus pada kelompok otot yang berbeda. Hal ini tentunya membantu memperkuat otot kamu dan membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.
Berdasarkan penelitian lain juga menunjukkan jika berenang memberikan efek yang baik pada massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) sampai 25 % pada sekelompok pria. Hasil studi tersebut diperoleh setelah melakukan program berenang selama 8 minggu.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat renang selanjutnya ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan. Manfaat renang ini bisa membantu membakar kalori. Dari hasil penelitian mencatat bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori. Ini juga selaras dengan pendapat para peneliti di Universitas Indiana, bahwa ketika mereka membandingkan perenang rekreasi dengan perenang profesional, bahwa perenang profesional bisa menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak dibanding perenang rekreasi.

3. Meredakan Stres

Manfaat berenang lainnya ini bisa membuat suasana hati meningkat dan dapat menurunkan tingkat stres. Melakukan renang selama 30 menit akan membuat tubuh kamu merasa rileks dan bebas stres. Jadi, lepaskan stres dari bahu kamu dengan berenang.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi kamu yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, sepertinya harus melihat manfaat renang ini. Berenang memiliki manfaat yang sangat bagus untuk membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. Orang yang menderita insomnia akan mendapatkan tidur yang lebih berkualitas begitu mereka mulai berenang. 

banner consideration promotion bg blue

5. Meningkatkan Energi

Manfaat renang selanjutnya yang bisa didapatkan adalah meningkatkan energi. Hal ini karena semua otot kamu akan bekerja saat kamu berenang dan hal ini otomatis akan meningkatkan energi. Menghabiskan setengah jam untuk berenang, membuat hari-hari kamu menjadi lebih aktif.

6. Menjaga Kesehatan Paru-paru

Ketika kamu berenang, tubuh akan beradaptasi menggunakan oksigen lebih efisien. Tubuh jadi belajar mengambil lebih banyak udara segar melalui setiap nafas dan mengeluarkan lebih banyak karbon dioksida. Manfaat yang bisa kamu dapatkan, seperti menghindari irama detak jantung lambat, menjaga paru-paru tetap sehat, dan menurunkan tekanan darah.

7. Baik bagi penderita Nyeri Sendi

Kalau kamu tidak bisa melakukan olahraga aerobik seperti berlari dan melompat karena sering menyebabkan sakit pada persendian, tak ada salahnya mencoba manfaat berenang satu ini. Manfaat renang sangat baik bagi kamu yang terkena radang persendian atau arthritis.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan, bahwa berenang termasuk latihan yang paling aman dan mampu secara efektif untuk meringankan sakit punggung bagian bawah yang kronis.

8. Sehatkan Janin

Manfaat berenang bagi wanita hamil bisa bermanfaat untuk menjaga janin tetap sehat. Hal ini karena saat hamil tubuh akan menanggung beban tambahan dan ketika berenang maka ada persendian yang bebas beban akibat mengapung. Hanya saja, sebelum berenang sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan kamu ya. 

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah manfaat berenang yang bisa kamu dapatkan. Lakukan secara rutin dan rasakan manfaatnya untuk tubuh yang lebih bugar dan sehat!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami