Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

8 Obat Alami dan Tradisional untuk Redakan Sakit Gigi

Anisya Fitrianti
Anisya Fitrianti
06 Aug 2021
Clock Icon
5 menit
Obat alami sakit gigi

Lemonizen, pernahkah kamu mengalami sakit gigi? Rasa sakit yang timbul di gigi bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari gigi yang berlubang, infeksi, tumbuh gigi sampai penyakit gusi. Rasa sakit yang ditimbulkan juga bisa mengganggu aktivitas harian karena kerap terasa nyut-nyutan. 

banner consideration shipping bg blue


Ketika kamu mengalami rasa nyeri dan nyut-nyutan, terkadang dokter gigi pun tidak bisa melakukan tindakan perawatan lebih lanjut. Sehingga terkadang kamu perlu menunggu sampai sakit gigi mereda. Selain dengan obat-obatan sakit gigi juga bisa lho diredakan dengan bahan alami. Dilansir dari Healthline dan MedicineNet, berikut adalah pilihan obat alami untuk redakan sakit gigi. 


1. Air Garam


Berkumur dengan air garam adalah salah satu cara yang paling populer untuk meredakan sakit gigi. Larutan air garam dianggap dapat bekerja sebagai disinfektan alami yang dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan di dalam mulut. 


Berdasarkan penelitian yang dilakukan tahun 2016, berkumur dengan air garam juga terbukti dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka dalam mulut. Bila kamu ingin mencobanya, campurkanlah 1/2 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.


2. Kompres Dingin


Kamu juga bisa menggunakan kompres dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang sedang kamu rasakan. Terutama bila sakit gigi yang dirasakan berasal dari cedera. Kompres dingin akan menyebabkan pembuluh darah di area tersebut mengerut, sehingga membuat rasa sakit tidak terlalu parah. 


Di samping itu, kompres dingin juga akan membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan. Untuk menggunakan menghilangkan sakit gigi dengan kompres dingin, cobalah bungkus es dengan handuk dan tempelkan ke area yang sakit selama 20 menit setiap kali. 


3. Bawang Putih 


Bawang putih telah lama dipercaya sebagai obat tradisional untuk berbagai penyakit. Termasuk sakit gigi. Bawang putih dapat menghilangkan rasa sakit, serta membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi. 


Untuk meredakan sakit gigi dengan bawang putih, caranya cukup mudah. Cukup hancurkan satu siung bawang putih hingga memiliki tekstur yang lembek kemudian oleskan ke area yang sakit. Atau kamu juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan.


4. Bawang Merah


Bukan hanya bawang putih, bawang merah juga dikenal efektif untuk meredakan sakit gigi. Caranya, potong bawang merah dan kunyah hingga lembut. Bawang merah diketahui memiliki sifat antimikroba yang dapat membunuh bakteri di area gigi serta membantu mengurangi pembengkakan di sekitar gigi.


5. Cengkih


Siapa sangka, rempah cengkih juga bisa menjadi pilihan obat alami untuk meredakan sakit gigi lho, Lemonizen. Cengkih diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu melawan infeksi gigi dan gusi. 

banner consideration promotion bg blue


Selain itu, cengkih juga mengandung eugenol, yakni senyawa kimia yang bertindak sebagai anestesi alami. Untuk menggunakan cengkih sebagai obat alami pereda sakit gigi, cukup kunyah lembut satu siung cengkih hingga minyaknya keluar. Kemudian tahan selama 30 menit. 


6. Daun Jambu Biji 


Memiliki sifat antimikroba, daun jambu biji dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri pada gigi. Cara menggunakannya adalah dengan mencuci bersih daun dan dikunyah langsung. Atau kamu juga bisa menggunakan daun jambu biji sebagai obat kumur.


7. Kantong Teh Peppermint


Kantong teh peppermint juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi dan menenangkan kondisi gusi yang sensitif. Untuk menggunakan kantong teh peppermint sebagai pereda sakit gigi, kamu bisa gunakan kantong teh yang sudah dipakai. Pastikan kantong teh sudah tidak terlalu panas, setelah itu kamu bisa tempelkan ke area gigi yang sakit. 


8. Jahe


Selain terkenal sebagai jamu untuk kekebalan tubuh, jahe juga punya kemampuan untuk meredakan sakit gigi. Jahe diketahui dapat mengurangi rasa sakit dan bengkak pada gigi. Untuk menggunakan jahe sebagai obat sakit gigi, cobalah untuk kupas dan cuci sepotong jahe, kemudian kunyah sampai lembut. 


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Nah itu tadi beberapa pilihan obat alami untuk sakit gigi. Kalau kamu saat ini sedang merasakan sakit gigi, kamu bisa mencoba pilihan obat alami tersebut lho. Tetapi jangan lupa juga untuk berkunjung ke dokter gigi ya, Lemonizen supaya kamu mendapatkan perawatan gigi yang tepat!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.