Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

8 Penyebab Gagal Ginjal yang Banyak Orang Abaikan

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Penyebab gagal ginjal penting diketahui sejak dini.
Ada banyak hal yang menjadi penyebab dari penyakit gagal ginjal. Kerusakan organ yang terjadi pada ginjal memiliki tingkat risiko yang cukup tinggi. Biasanya penyebab gagal ginjal adalah gaya hidup yang tidak sehat. Namun, masih banyak juga penyebab lainnya yang bisa membuat organ ginjal tersebut rusak.
banner consideration shipping bg blue

Penyebab Gagal Ginjal



Gagal ginjal merupakan jenis penyakit yang paling ditakuti banyak orang. Kondisi tersebut akan terjadi apabila ginjal rusak dan tak berfungsi seperti biasanya. Gagal ginjal juga menjadi tahapan terakhir dari penyakit pada ginjal. Kerusakan pada organ ginjal ini sangat berat dan biasanya sudah berlangsung dengan lama. Maka munculah gangguan fungsi pada ginjal secara permanen.

Apa saja hal-hal yang menyebabkan terjadinya gagal ginjal? Simak beberapa penyebab dari penyakit gagal ginjal yang biasanya terabaikan oleh banyak orang:

  1. Aliran darah yang mengalir pada ginjal mulai berkurang yang biasanya disebabkan oleh pendarahan atau dehidrasi yang sangat berat sampai syok.
  2. Cedera parah yang terjadi pada ginjal.
  3. Luka bakar yang terbilang parah.
  4. Terjadinya suatu penyakit tertentu seperti misalnya infeksi pada ginjal, kanker ginjal, glomerulonefritis, serangan jantung, penyakit jantung, batu ginjal atau gagal hati.
  5. Komplikasi hipertensi yang disebabkan oleh terjadinya hipertensi berat yang tidak diobati atau tidak diatasi dengan baik.
  6. Infeksi yang terbilang parah seperti misalnya sepsis.
  7. Alergi yang juga parah seperti anafilaksis.
  8. Baru melakukan operasi besar.

Selain penyebab pada gagal ginjal yang biasa terjadi, masih ada juga penyebab lainnya pada gagal ginjal yang sudah kronis yaitu:

  1. Mengalami penyakit diabetes atau tekanan darah tinggi yang tak terkontrol dengan baik.
  2. Mengalami penyakit autoimun seperti misalnya lupus.
  3. Mengalami penyakit ginjal misalnya sindrom nefritis atau penyakit ginjal polikistik, infeksi pada ginjal yang terjadi secara berulang dan sebagainya.
  4. Adanya gangguan di prostat.
  5. Memiliki riwayat penyakit ginjal atau turunan dari keluarga.
  6. Memiliki kebiasaan suka merokok.
  7. Obesitas.

Cara Mencegah Penyakit Gagal Ginjal



Jika kamu sudah tahu apa saja penyebab dari gagal ginjal ini, maka kamu juga harus tahu bagaimana cara mencegah penyakit gagal ginjal. Yaitu dengan cara-cara berikut ini:
banner consideration promotion bg blue

1. Terapkan Gaya Hidup Sehat dengan Tepat


kamu harus membiasakan diri untuk menerapkan gaya hidup sehat dengan banyak minum air putih, rajin olahraga, menghindari asap rokok atau tidak memiliki kebiasaan merokok, tidak konsumsi alkohol.

2. Makan Makanan Sehat


Hanya mengkonsumsi makanan sehat saja jika kamu tidak ingin terkena penyakit gagal ginjal. Seperti dengan mengkonsumsi kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, makanan yang mengandung lemak sehat serta menjauhi jenis makanan yang bisa menyebabkan gagal ginjal tersebut.

3. Lakukan Pemeriksaan Kesehatan


Sebaiknya kamu juga melakukan pemeriksaan kesehatan dengan rutin setiap tahunnya. Hal ini dilakukan untuk memantau kondisi dan kesehatan pada ginjal kamu. Terutama bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes atau hipertensi.

4. Hindari Konsumsi Obat-Obatan


kamu juga tidak boleh terlalu banyak konsumsi obat-obatan yang belum tentu kejelasan kesehatannya. Misalnya konsumen suplemen, atau obat-obatan herbal tetapi dalam jumlah yang berlebihan. Sebaiknya konsumsi obat yang telah direkomendasikan dokter saja.

5. Menjalani Pengobatan Sesuai Petunjuk Dokter bagi Penderita Penyakit Tertentu


Jika kamu mengalami suatu penyakit tertentu seperti misalnya diabetes, hipertensi dan ginjal, maka kamu harus melakukan pengobatan sesuai petunjuk dokter.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Dengan mengetahui faktor apa saja yang memicu penyebab gagal ginjal maka kamu bisa lebih berhati-hati dalam menjaga kesehatan, khususnya organ ginjal. Selalu jaga kesehatan dan jangan lupa konsumsi makanan yang sehat ya Lemonizen!
Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.