Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

9 Bisnis Model Canvas (BMC) untuk Membantu Menjalankan Usaha Anda

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Bisnis Model Canvas

Bisnis model canvas (BMC) adalah sebuah alat representasi visual yang berfungsi untuk menjelaskan sebuah proses bisnis secara komprehensif. Dengan tools BMC yang terdiri dari 9 elemen utama ini, Anda dapat memahami garis besar sebuah bisnis, tanpa harus menyusun dokumen bisnis plan panjang lebar. Selain itu, Anda juga dapat memvalidasi potensi dari sebuah ide bisnis.

banner consideration shipping bg blue


Menyusun BMC menjadi hal paling pertama yang dibutuhkan seorang pebisnis pemula. Cara membuat alat yang satu ini dengan lebih efektif adalah dengan memahami secara mendalam setiap elemen dari BMC. Berikut deskripsi dan panduan mengisi secara mudah kesembilan pilar yang ada dalam tools yang satu ini.


bisnis model canvas


1.Value Proposition

Value proposition merupakan nilai jual produk atau jasa Anda yang membuat konsumen lebih memilih perusahaan Anda daripada kompetitor. Mengetahui elemen yang satu ini sangat penting agar Anda dapat memasarkan produk yang memang konsumen butuhkan dan memastikan perusahaan Anda menjual solusi atas masalah yang mereka hadapi.


2.Customer Segments

Elemen selanjutnya adalah menentukan segmen customer yang akan menjadi target market Anda. Contohnya, sebuah brand skincare yang mengeluarkan 2 produk kecantikan untuk memenuhi kebutuhan 2 segmen pelanggan yang berbeda. Selain itu misalnya perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang menyajikan 2 layanan berbeda untuk memenuhi segmen pelanggan yang berbeda.


3. Channel

Bagaimana Anda dapat menyampaikan produk Anda kepada konsumen disebut juga dengan channel atau saluran. Anda baru bisa menyampaikan value propositions kepada customer segments jika Anda menggunakan channel yang tepat. Ini juga menjadi salah satu elemen BMC yang penting bagi keberhasilan sebuah bisnis.


4. Customer Relationship

Anda dapat mengetahui cara yang paling efektif untuk berinteraksi dengan konsumen maupun calon konsumen dalam customer relationship. Contohnya bisnis online yang memasarkan aksesoris rambut dengan target remaja perempuan. Tentunya target marketnya yang suka berdandan rapi. Maka agar mereka mau membeli, Anda dapat memberikan informasi seputar perawatan rambut, tips mengikat rambut, dan sebagainya.


5. Key Activities 

Semua kegiatan yang berhubungan dengan produktivitas bisnis dan juga berkaitan dengan sebuah produk, serta menghasilkan proposisi nilai disebut juga dengan key activities. Dalam tahapan ini, Anda harus menjelaskan bagaimana cara membuat value proposition bisnis dengan melakukan kegiatan agar produk Anda dapat lebih dikenal masyarakat luas.

banner consideration promotion bg blue


6. Revenue Streams 

Secara umum revenue stream ini merupakan pemasukan yang telah dikurangi besaran biaya yang dikeluarkan. Inilah mengapa elemen Business Model Canvas (BMC) yang satu ini sangat krusial sehingga harus dikelola semaksimal mungkin untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Mulai dari bahan baku, produk, hingga kinerja harus dimanfaatkan dengan baik.


7. Key Resource  

Key resource adalah sekat dalam BMC yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya direncanakan dan dimiliki perusahaan untuk mewujudkan value proposition mereka. Semua jenis sumber daya, mulai dari penataan SDM, mengontrol stok barang, pengelolaan bahan baku dan penataan proses operasional menjadi perhatian dalam membuat Business Model Canvas ini.


8. Key Partnership 

Elemen ini berfungsi sebagai strukturisasi aliran suatu barang maupun layanan lainnya sehingga sangat berpengaruh pada konsistensi dan kelanjutan bisnis dalam periode waktu yang lama. Selain itu partner kunci ini juga mampu meningkatkan efisiensi dan efektivitas dari key activities yang telah dibuat.


9.Cost Structure   

Elemen terakhir yang tak kalah penting dalam business model canvas ini adalah struktur pembiayaan bisnis. Agar dapat lebih menghemat dan meminimalkan risiko kerugian, maka Anda sebagai pelaku bisnis harus mampu mengelola modal secara efisien. Terlebih lagi hal ini juga dapat memastikan proposisi nilai yang tepat untuk customer Anda. 


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah 9 elemen dari bisnis model canvas (BMC) untuk usaha Anda. Pada dasarnya, kesembilan elemen ini punya peran yang sangat penting dalam proses pengembangan usaha. Tanpa adanya BMC Anda akan lebih sulit untuk melihat seberapa besar potensi usaha yang nantinya akan dijalankan. Jadi, saat memutuskan untuk memulai usaha, pastikan sudah melihat 9 elemen BMC ini ya.


Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.