Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Daun Jambu Yang Wajib Kamu Ketahui

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Sehatkan badan dengan beberapa manfaat daun jambu.

Manfaat daun jambu di Indonesia sudah dipercaya secara turun temurun sejak zaman dahulu. Banyak orang yang memanfaatkan daun jambu sebagai salah satu bahan pengobatan secara tradisional. Jambu merupakan salah satu jenis tanaman tropis yang kaya akan manfaat. Tidak hanya buahnya, namun daunnya pun memiliki banyak khasiat.

Seorang dokter bernama Setiawan Dalimartha dalam buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia volume 2, menyebutkan bahwa daun jambu biji memiliki kandungan asam malat, minyak lemak, triterpenoid, tanin, eugenol, damar, asam apfel, dan zat samak. Daun jambu biji juga memiliki kandungan antioksidan yang bagus untuk kesehatan kulit.

banner consideration shipping bg blue


Manfaat daun jambu yang paling sering disebutkan adalah untuk mengobati diare. Dilansir dari Healthline.com, sebenarnya daun jambu memiliki manfaat untuk mengurangi frekuensi rasa sakit perut yang disebabkan karena diare. Berikut 9 manfaat daun jambu selain untuk mengobati diare.

1. Mengatasi Kram Perut Saat Haid


Bagi kamu yang sering mengalami kram perut saat sedang haid, cobalah untuk mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji. Ekstrak daun jambu biji akan membantu untuk mengurangi rasa sakit pada perut bagian bawah saat sedang haid.

2. Menurunkan Kolesterol


Ekstrak daun jambu biji yang dikonsumsi secara rutin ternyata mampu untuk membantu menurunkan kolesterol. Tidak ada salahnya mencoba mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji untuk menurunkan kadar kolesterol.

3. Mencegah Berat Badan Berlebih


Manfaat dari daun jambu biji yang wajib kamu selanjutnya adalah bahwa mengkonsumsinya dapat mencegah kamu memiliki berat badan berlebih. Ekstrak daun jambu biji ternyata mampu untuk mencegah karbohidrat komplek agar tidak menjadi gula. Dengan demikian berat badan akan lebih terkontrol.

4. Mencegah Iritasi Usus Dan Lambung


Lendir yang dihasilkan secara berlebihan pada usus dan lambung dapat menyebabkan iritasi. Mengkonsumsi ekstrak daun jambu biji dapat membantu untuk mengurangi produksi lendir tersebut sehingga usus dan lambung bebas dari iritasi.

5. Mengobati Sariawan


Tahukah kamu kalau ternyata daun jambu biji bisa untuk mengobati sariawan? Daun jambu biji ternyata kaya akan vitamin C yang akan membantu untuk menyembuhkan sariawan. Cukup kunyah daun jambu biji dan telan sarinya. Namun pastikan untuk membuang ampasnya, jangan sampai ikut tertelan.

banner consideration promotion bg blue

6. Mengurangi Nyeri Pada Sendi Lutut


Masalah nyeri sendi seringkali dialami terutama pada orang-orang berusia lanjut. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan bahwa orang muda pun mengalami rasa sakit pada sendi lutut. Mengkonsumsi  ekstrak daun jambu biji secara rutin ternyata terbukti dapat mengurangi rasa nyeri sendi pada lutut.

7. Menyembuhkan Jerawat


Jerawat yang muncul di wajah tentunya akan sangat mengganggu penampilan. Sebelum memutuskan mengoleskan obat jerawat, cobalah untuk memanfaatkan daun jambu biji. Kandungan antiseptik dalam daun jambu biji yang mampu membunuh bakteri akan membantu untuk menyembuhkan jerawat. Cukup haluskan daun jambu biji dan tempelkan pada jerawat.

8. Membantu Mencegah Penuaan Dini


Air rebusan daun jambu biji ternyata mampu untuk membantu mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan dalam daun jambu biji akan membantu menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan dini.

9. Membantu Menaikkan Trombosit


Selama ini buah jambu biji dikenal untuk menaikkan trombosit dalam darah. Namun ternyata, selain buahnya, ekstrak daun jambu biji pun berkhasiat untuk menaikkan trombosit darah. Hal ini bisa menjadi salah satu alternatif saat kesulitan mendapatkan buah jambu.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah 9 manfaat daun jambu biji yang wajib kamu ketahui. Selain bisa dimanfaatkan dengan cara mengkonsumsi ekstraknya, daun jambu biji juga dapat dimanfaatkan untuk pengobatan luar. Pilihlah daun jambu biji yang masih segar dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal. Selamat mencoba.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.