9 Manfaat Kandungan Niacinamide untuk Perawatan Kulit

Kamu mungkin sudah sering mendengar nama niacinamide saat mencari produk perawatan kulit. Niacinamide merupakan bahan yang cukup populer digunakan di berbagai produk perawatan kulit.

Niacinamide atau nicotinamide adalah bentuk vitamin B-3 yang berperan untuk memelihara kulit 

Niacinamide sebenarnya bisa ditemukan di banyak makanan seperti ragi, daging, ikan, susu, telur, sayuran hijau, kacang-kacangan, dan biji-bijian sereal.

banner consideration shipping bg blue

Namun untuk merawat kulit, kamu juga bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung niacinamide. Kamu bisa menemukan niacinamide dalam produk toner, serum, masker hingga moisturizer.

Lalu sebenarnya seperti apa manfaat dari niacinamide untuk kesehatan kulit? Dilansir dari Healthline, begini manfaat niacinamide selengkapnya. 

1. Mengurangi Kemerahan

Niacinamide juga dapat berperan untuk mengurangi peradangan di kulit. Sehingga kamu yang memiliki kondisi kulit kemerahan akibat eksim, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya dapat menggunakan niacinamide.

2. Mengatasi Hiperpigmentasi


Bintik hitam atau noda hitam seringkali membuat penampilan kulit jadi tidak maksimal. Namun, beberapa penelitian menemukan bahwa konsentrasi niacinamide sebesar 5 persen dapat membantu menyamarkan bintik hitam di kulit. 

3. Mengurangi Kerutan 

Penelitian juga menemukan bahwa niacinamide dapat mengurangi garis-garis halus di wajah yang muncul akibat paparan sinar matahari. Kerutan akibat penuaan juga dapat dikurangi dengan pemakaian niacinamide.

4. Mengontrol Minyak di Kulit

Niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar kulit. Sehingga produksi minyak di wajah tidak berlebihan. Inilah mengapa niacinamide cocok digunakan untuk Lemonizen yang memiliki jenis kulit berminyak.

5. Meminimalisir Pori-pori


Pori-pori yang besar seringkali menjadi permasalahan kulit yang dikeluhkan. Meski pada dasarnya pori-pori tidak bisa dikecilkan, tapi penggunaan niacinamide dapat membuat pori-pori tampak lebih mengecil.

banner consideration promotion bg blue

6. Mengobati Jerawat


Niacinamide dapat membantu kamu mengatasi jerawat yang parah, terutama bentuk jerawat yang mengalami inflamasi parah seperti papula dan pustula. Seiring waktu, penggunaan niacinamide dapat membuat tekstur kulit yang berjerawat menjadi lebih baik.

7. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Niacinamide memiliki kemampuan untuk membangun keratin pada kulit. Keratine merupakan protein yang dapat membuat kulit kencang dan sehat. Sehingga menggunakan niacinamide dapat membantu kamu memiliki kulit yang lebih sehat dan terawat.

8. Menjaga Kelembapan Kulit 


Kandungan niacinamide juga dapat berperan sebagai penghalang lemak (lipid barrier) sehingga kelembapan kulit terjaga dengan baik. Kemampuan niacinamide yang satu ini membuatnya cocok digunakan pada semua jenis kulit. Termasuk kulit yang memiliki kondisi eczema. 

9. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Manfaat niacinamide lainnya adalah melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Niacinamide dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Efek Samping Niacinamide

Secara umum niacinamide adalah kandungan skincare yang aman digunakan. Namun bila kamu memiliki alergi, ada kemungkinan kamu mengalami reaksi alergi. Ini karena niacinamide dapat menyebabkan tubuh melepaskan histamin, yakni zat kimia yang diproduksi oleh sel-sel tubuh ketika mengalami reaksi alergi.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Untuk mencegah reaksi alergi, kamu bisa mengoleskan sedikit produk niacinamide yang kamu punya ke area lengan bawah dan tunggulah sampai 24 jam. Bila kamu mengalami reaksi seperti kemerahan, gatal, atau bengkak, cuci area tersebut dan hentikan penggunaan niacinamide.

Namun jika kamu tidak melihat tanda-tanda tersebut, berarti produk niacinamide bisa kamu gunakan dan aman di kulit. Nah, sudah tahu kan Lemonizen deretan manfaat dari niacinamide? Sebelum menggunakan produk perawatan kulit, selalu pastikan kalau kamu paham kandungan dan bahan-bahan di dalamnya ya. 

Privacy Notice

Ikuti media sosial kami