Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Diet dan Nutrisi

9 Manfaat Sayur Kangkung dengan Kandungan Vitaminnya

Rizki Indra
Rizki Indra
06 Aug 2021
Clock Icon
4 menit
Banyak manfaat sayur kangkung yang wajib diketahui.

Faktanya ada cukup banyak manfaat sayur kangkung untuk kesehatan tubuh. Mulai dari sebagai obat penenang, mengatasi pendarahan, hingga mengurangi gejala insomnia. Di samping itu kangkung bahkan dapat mengatasi sembelit karena banyak mengandung serat. Kangkung dapat dikonsumsi setiap hari bila masih dalam porsi wajar. Orang dewasa bisa mengkonsumsi kangkung hingga 100 gram untuk setiap kali makan. Inilah berbagai manfaat sayur kangkung untuk kesehatan.

banner consideration shipping bg blue

1. Manfaat Sayur Kangkung Sebagai Anti Inflamasi


Sebuah penelitian berhasil mengungkapkan bahwa kangkung dapat dengan ampuh melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus Aureus dan Bacillus Subtilis. Bakteri-bakteri ini dapat menyebabkan bintitan, keracunan makanan, hingga penyakit MRSA.

2. Mencegah Diabetes Pada Ibu Hamil


Bila seorang ibu hamil rutin mengkonsumsi sayur kangkung, maka ini berkhasiat untuk mencegah diabetes pada ibu hamil itu sendiri sekaligus pada bayinya. Hal ini terungkap dari penelitian pada tahun 2013 yang lalu. Oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin ternyata dapat ditangkal oleh kandungan antioksidan pada sayur ini.

3. Mencegah Anemia (Kurang Darah)


Sayur kangkung diketahui memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Seperti yang diketahui, zat besi memiliki kemampuan untuk merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh. Sehingga Anda tidak akan mengalami gejala anemia, seperti badan lesu dan lemah serta sakit kepala.

4. Menyehatkan Mata


Tahukah Anda? Ternyata kangkung dapat membantu menjaga kesehatan mata. Hal ini dikarenakan adanya kandungan karotenoid, lutein dan vitamin A pada sayur ini. Anda bahkan dapat mencegah katarak dengan rutin mengkonsumsi kangkung.

5. Menjaga Kesehatan Hati


Salah satu manfaat lainnya dari kangkung yaitu dapat menjaga kesehatan hati atau liver. Sebuah riset membuktikan selain mengandung antioksidan, kangkung juga memiliki sifat detoksifikasi yang memiliki kemampuan untuk mengurangi luka pada hati. Bahkan dapat mengurangi jumlah sel yang mati akibat keracunan.

banner consideration promotion bg blue

6. Menurunkan Tekanan Darah Dan Menjaga Kesehatan Jantung


Kangkung diketahui menyimpan kandungan magnesium yang berfungsi untuk menurunkan tekanan darah dan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung. Selain itu sayur ini juga mengandung folat yang mampu mengubah homosistein pada tubuh. Seperti yang diketahui, tingginya tingkat homosistein dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

7. Meningkatkan Performa Kinerja Otak


Kangkung juga diketahui mengandung vitamin B kompleks, dan Omega 3. Kedua zat ini memiliki kemampuan untuk membantu kinerja otak menjadi lebih baik. Inilah mengapa sayur kangkung sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak dalam masa pertumbuhan. Hal ini bertujuan agar mereka menjadi lebih cerdas dengan kapasitas otak yang meningkat.

8. Menurunkan Kadar Kolesterol Dalam Darah dan Mengobati Sariawan


Bagi Anda yang sedang menjalani diet rendah kolesterol maka dapat menjadikan kangkung sebagai pilihan menu sehari-hari. Ini karena kangkung ternyata ampuh untuk menurunkan trigliserida dan kolesterol jahat dalam darah.

Selain itu, kangkung juga bisa membantu mengobati sariawan. Hasil temuan dari riset membuktikan bahwa kangkung mampu mengurangi keasaman mulut serta meningkatkan ketahanan jaringan mukosa. Caranya Anda dapat mencuci daun kangkung secukupnya. Kemudian lumatkan, dan tambahkan segelas air juga sedikit garam. Peras dan saring, lalu pakailah air perasan untuk berkumur.

9. Mengurangi Resiko Penyakit Kronis


Kangkung ternyata juga dapat mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki. Pasalnya, sayuran yang satu ini tinggi akan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Demikianlah tadi beberapa manfaat sayur kangkung dan kandungan vitamin di dalamnya yang wajib Anda ketahui. Dengan segudang manfaat tersebut, sayang sekali bila Anda masih tidak memasukkannya dalam menu harian Anda. Semoga bermanfaat dan jangan lupa konsumsi sayur kangkung ya Lemonizen!

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.