9 Manfaat Telur Bebek yang Wajib Kamu Tahu

Telur bebek menjadi salah satu telur yang banyak dikonsumsi. Dibandingkan telur lainnya, ternyata kandungan yang terdapat pada telur bebek jauh lebih tinggi dan lebih banyak dibandingkan telur ayam. Tidak heran kalau telur bebek memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, berikut 9 manfaat telur bebek, simak baik-baik ya!

1. Menyehatkan Mata

Tubuh membutuhkan sekitar 5000 IU vitamin A per harinya. Dari 1 telur bebek mengandung sekitar 480 IU vitamin A yang jika mengkonsumsi 1 telur bebek per hari akan memenuhi 10% kebutuhan vitamin A kamu. Jumlah tersebut sangat cukup agar memenuhi asupan vitamin A dan bisa dilengkapi lagi dengan makanan tinggi vitamin A lain, seperti wortel. banner consideration shipping bg blue

2. Memiliki Kandungan Omega 3

Telur bebek memiliki kandungan Omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan otak. Omega 3 tersebut dapat membantu meningkatkan daya ingat, pembentukan dan perkembangan memori pada anak serta mencegah pikun pada orang dewasa.

3. Memperkuat Imunitas

Vitamin A yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan imunitas dan melawan radikal bebas. Tercukupinya kebutuhan vitamin A tersebut akan membantu memerangi zat-zat asing yang masuk ke dalam tubuh yang bisa melemahkan sistem imunitas tubuh.

4. Sumber Kalori Tinggi

Sumber kalori yang ada pada telur bebek mencapai 50% lebih tinggi daripada telur ayam. Demikian, dalam porsi yang sama, telur bebek mampu memberikan asupan kalori yang lebih tinggi dari telur ayam. Tingginya kalori tersebut menjadikan tubuh memiliki bahan bakar lebih banyak. Karenanya saat konsumsi telur bebek sebaiknya dibarengi dengan aktivitas yang sepadan supaya kalori bisa diolah secara maksimal.

banner consideration promotion bg blue

5. Membantu Tubuh Agar Lebih Berotot

Bagi kamu yang sedang rajin olahraga untuk membentuk tubuh, telur bebek termasuk salah satu makanan yang wajib kamu konsumsi. Hal ini karena adanya asam amino yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Peningkatan massa otot inilah yang akan membentuk tubuh terlihat lebih padat dan kencang. Sedangkan bagi wanita, tak perlu khawatir akan jadi kekar seperti pria, karena tubuh kita sejatinya tidak akan jadi kekar pria meskipun rajin olahraga.

6. Melancarkan Sistem Metabolisme

Manfaat telur bebek selanjutnya adalah untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh kita. Satu butir telur bebek mengandung vitamin E sebesar 3% dari kebutuhan vitamin E yang dianjurkan per harinya. Dengan asupan vitamin E yang cukup, metabolisme yang ada di tubuh kamu bisa berjalan lancar, dan tumpukan lemak bisa berkurang. 

7. Menambah Stamina

Kalau kamu pernah minum STMJ (Susu Telur Madu Jahe), rata-rata menggunakan telur bebek, selain telur ayam kampung. Hal ini karena sudah teruji, campuran telur bebek tersebut akan menambah energi dan stamina tubuh karena telur bebek mengandung protein tinggi.  Jika ingin menghindari bau amis, campur telur dengan menambahkan sedikit perasan jeruk nipis.

8. Sehatkan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Pada pria, kandungan selenium yang terdapat pada telur bebek akan meningkatkan produksi dan kualitas sperma. Sedangkan pada wanita, vitamin E dan B12 dari telur bebek akan membantu seimbangkan hormon dan menyehatkan ovum. Karena itu, konsumsi telur bebek cocok bagi pasutri yang sedang program memiliki keturunan.

9. Perbekalan yang Awet

Manfaat telur bebek yang terakhir adalah bisa menjadi perbekalan yang awet. Saat kamu akan bepergian jauh telur bebek bisa dijadikan telur asin sebagai bekal. Cita rasanya yang asin akan nikmat meskipun dimakan dengan nasi saja, dan praktis dibawa. Hanya telur bebek yang bisa dijadikan telur asin karena pori-pori kulitnya lebih mudah untuk menyerap air dan garam. 
banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green
Itulah 9 manfaat telur bebek yang wajib kamu ketahui. Yuk, masukan telur bebek sebagai menu harian kamu agar bisa merasakan berbagai manfaatnya untuk tubuh!
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami