Ada 5 Manfaat Asam Jawa yang Harus Kamu Tahu

Asam jawa adalah salah satu buat yang sering dijadikan sebagai bumbu dapur. Seperti namanya, buah ini memiliki cita rasa masam yang khas. Selain dikenal sebagai bumbu dapur, asam jawa ini juga sering dijadikan campuran membuat jamu. Tanaman yang memiliki nama latin Tamarindus indica ini memiliki berbagai manfaat bagi tubuh. Apa saja manfaat asam jawa untuk tubuh? 

banner consideration shipping bg blue

1. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat pertama asam jawa adalah berkaitan dengan menjaga kesehatan otak. Hal ini karena asam jawa mengandung vitamin B yang   sangat penting untuk setiap aspek fungsi otak, termasuk sintesis dan perbaikan DNA/RNA, regulasi gen, serta sintesis berbagai molekul pensinyalan. 

2. Menurunkan Kolesterol

Selain bagus untuk kesehatan otak, ternyata manfaat asam jawa juga bisa menurunkan kadar kolesterol seseorang yang tinggi. Manfaat dari asam jawa yang bisa didapatkan adalah membantu membersihkan arteri dari kolesterol LDL  (low-density lipoprotein) dan trigliserida pada hewan, yang sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian.
Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa pengurangan kolesterol disebabkan oleh perubahan protein dalam darah yang memetabolisme lemak dan membantu melindungi jantung. Tidak hanya itu, kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga dapat memainkan peran potensial dalam pengurangan kolesterol, karena serat dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam asam jawa nyatanya juga bisa menyerap air untuk membantu makanan yang dicerna bergerak melalui perut dan usus. Manfaat ini juga bisa membuat feses menjadi lunak, sehingga membantu juga dalam proses pencegahan diverticulitis, konstipasi, wasir, sindrom iritasi usus dan gangguan usus lainnya.

banner consideration promotion bg blue

Asam juga juga sudah dikenal sebagai obat pencahar alami yang sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 juga menyebutkan bahwa manfaat asam jawa bagi kesehatan manusia, memperlihatkan adanya asam kalium pada buah ini, sehingga menjadikan buah ini sebagai obat pencahar alami.

4. Mengelola Diabetes

Bagi penderita diabetes yang harus memperhatikan setiap makanan yang masuk ke dalam mulut, tidak perlu khawatir jika ingin mengkonsumsi asam jawa ini. Pasanya, asam jawa memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga merupakan makanan yang sangat baik untuk penderita diabetes.
Indeks glikemik ini sendiri adalah pemeringkat efek makanan yang berbasis karbohidrat terhadap gula darah setelah dikonsumsi, dimana setiap penderita diabetes harus memperhatikan setiap makanan yang akan dikonsumsinya. Apakah mengandung indeks glikemik tinggi, yang bisa membuat kadar gula darahnya semakin meninggi ataukah sebaliknya.

5. Melawan Bakteri dan Virus

Selain keempat manfaat di atas, ternyata asam jawa juga memiliki senyawa antimikroba yang telah terbukti dapat melawan bakteri dan virus. Orang zaman dahulu juga sudah menggunakan asam jawa ini sebagai obat alami untuk mengobati kondisi seperti malaria, infeksi parasit, disentri, bahkan masalah pernapasan.
Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak asam jawa terbukti efektif terhadap Bacillus subtilis. Studi lain juga mengungkapkan bahwa ekstrak asam jawa menunjukkan aktivitas antibakteri terhadap beberapa jenis bakteri termasuk E. coli dan salmonella, sehingga asam jawa bisa meredakan gejala seperti diare, sakit perut, dan muntah.

banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green

Itulah kelima manfaat asam jawa yang harus kamu ketahui. Ternyata di balik rasa masamnya, asam jawa memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Mulai sekarang, jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi asam jawa sebagai campuran dalam makanan atau minuman kamu ya! 
Privacy Notice

Ikuti media sosial kami