Ada yang Bingung Kenapa Madu Manuka Sehat? Cari Tahu Jawabnya Di Sini!

14 Nov 2018 @ 15:28:30
Ada yang pernah mendengar madu Manuka (Manuka Honey)? Kalau sudah tahu, apakah sudah pernah merasakan rasanya? Kalau sudah, berarti kamu termasuk yang beruntung! Berbeda dari madu jenis lainnya, madu Manuka itu ternyata impor lho, guys! Madu Manuka berasal dari tanaman bunga Manuka yang tumbuh di Australia dan Selandia Baru. Wow!

Bukan cuma itu, madu Manuka populer karena kandungan dan nutrisinya yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat. Memangnya apa sih nutrisi dan kandungan dari madu Manuka? 

Apa Saja ya Kandungan Dalam Madu Manuka?

Kandungan dalam Madu Manuka

Bukan cuma karena impor, madu Manuka (Manuka Honey) bisa populer karena kandungan dan nutrisinya sedikit berbeda dibanding madu biasa di pasaran. Jika madu biasa mengandung zat besi, kalsium, kalium, dan beberapa jenis vitamin B, madu Manuka masih memiliki kandungan bermanfaat lain. Kandungan tersebut berupa zat anti bakterial dalam jumlah cukup besar, yang membuat madu Manuka dipercaya bisa memberikan khasiat lebih.
 
Yang hebatnya lagi, guys terdapat kandungan metilglioksal dalam madu Manuka (Manuka Honey) yang dapat bereaksi dengan hidrogen peroksida dan dihydroxyacetone. Karena kandungan inilah, madu manuka punya kapasitas sebagai antioksidan dan anti peradangan. Sudah gitu, kandungan anti bakteri pada madu Manuka ternyata lebih stabil dibandingkan kandungan serupa pada madu biasa lho.

Kestabilan tersebut membuat kandungan antibakteri pada madu Manuka tidak mudah rusak oleh faktor-faktor dari luar seperti panas, cahaya, ataupun enzim. Artinya,  meskipun telah melalui kinerja sistem enzim dalam tubuh, zat antibakteri madu Manuka tetap dapat bekerja dengan baik. Dengan begitu, kesehatan dan daya tahan tubuh masih bisa maksimal dengan madu Manuka (Manuka Honey).

Terus, Apa Saja Manfaat Dari Madu Manuka (Manuka Honey)?

Terus, Apa Saja Manfaat Dari Madu Manuka (Manuka Honey)?

Dengan berbagai kandungan zat pentingnya, madu Manuka telah dibuktikan secara klinis mampu memberikan dampak positif bagi kesehatan. Apa saja manfaat-manfaat kesehatan madu tersebut? Berikut ulasannya buat kamu!

1. Meredakan Radang atau Inflamasi

Radang atau inflamasi biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri jahat dalam tubuh. Dengan kandungan antibakteri yang stabil dan tidak mudah rusak, madu Manuka efektif membunuh bakteri jahat tersebut. Setelah pemakaian teratur, jumlah bakteri jahat akan berkurang drastis dan radang pun mereda. Jadi, kalau kamu sudah merasa sakit atau radang di salah satu bagian tubuh, cepat cari madu Manuka ya?

2. Mencegah Infeksi

Kalau diminum secara teratur, madu Manuka ternyata punya kadar antibakteri yang mencegah kamu dari infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Bakteri jahat penyebab infeksi akan secara konsisten dibunuh oleh kandungan madu Manuka. Jadi, kemungkinan infeksi pun kian menurun.

3. Membantu Penyembuhan Luka

Madu sudah lama dikenal ampuh membantu perawatan luka. Karena kandungan antibakteri madu Manuka lebih tinggi dari madu biasa, manfaat penyembuhan lukanya pun semakin tinggi. Pada beberapa kondisi, dokter menggunakan madu Manuka yang telah disterilisasi untuk dioleskan pada kulit yang terluka. Kandungan dalam madu Manuka akan membantu perbaikan jaringan yang rusak sehingga luka lebih cepat pulih.

4. Menjaga Kesehatan Mulut

Sering mengalami masalah mulut atau mulut terasa tidak enak? Wah, coba deh atasi pakai madu Manuka, guys. Kebanyakan masalah kesehatan mulut dipicu oleh gusi tidak sehat dan gigi berlubang. Kedua masalah tersebut muncul karena aktivitas bakteri jahat dalam mulut, yang menyebabkan timbulnya plak. Dengan kandungan antibakteri yang tinggi, madu Manuka dapat membantu melawan bakteri jahat dalam mulut. 

5. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Di beberapa musim, flu dan batuk sering jadi ancaman. Nah, kalau sudah begini, biasanya sakit tenggorokan biasanya terjadi. Untuk mencegahnya, coba deh kamu konsumsi madu Manuka yang kaya akan zat peradangan. Dengan zat tersebut, madu Manuka cocok untuk cegah sakit tenggorokan akibat flu dan batuk.

6. Mengatasi Masalah Tukak Lambung

Tukak lambung merupakan masalah kesehatan yang umum diderita kaum urban. Penyakit ini terjadi akibat menurunnya perlindungan dinding lambung terhadap asam lambung. Salah satu penyebabnya adalah infeksi bakteri Helicobacter pylori. Dengan kandungan antibakteri, madu Manuka bisa membantu melawan bakteri tersebut. Cukup mengonsumsi satu sendok makan madu Manuka UMF 15+ setiap hari, bakteri pylori tak lagi berkembangbiak.

7. Meningkatkan Kinerja Pencernaan

Untuk selalu baik, pencernaan kamu nggak bisa kerja sendiri, guys. Nah, disinilah seharusnya madu Manuka bekerja. Kemampuan madu Manuka untuk membunuh bakteri jahat dalam lambung sangat berpengaruh positif terhadap kinerja pencernaan. Madu Manuka mampu membunuh bakteri jahat yang merugikan pencernaan semisal bakteri Clostridium difficile. Bakteri tersebut biasanya dilawan dengan antibiotik. Namun dengan manfaat antioksidannya, madu Manuka ternyata juga bisa menjadi alternatif penyembuhan lain.

8. Merawat Gejala Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis atau fibrosis kistik merupakan penyakit bawaan yang bisa diderita siapa saja. Kelainan ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ pernafasan, saluran sistem pencernaan, dan organ-organ lain. Pasalnya, fibrosis kistik menyebabkan lendir dalam tubuh menjadi lebih tebal dan lengket sehingga menyumbat berbagai saluran organ. Lewat sebuah studi, ditemukan bahwa konsumsi madu Manuka secara teratur dapat membantu perawatan antibiotik pada penderita penyakit ini. 

9. Mengurangi Jerawat

Capek sama jerawat yang terus-terusan muncul? Madu Manuka cocok untuk atasi jerawat yang disebabkan oleh bakteri di wajah. Jika madu Manuka digunakan bersamaan dengan produk kebersihan wajah ber-pH rendah, campurannya sangat manjur untuk melawan munculnya jerawat. Radang yang biasa muncul karena jerawat juga dapat dikurangi dengan kandungan anti peradangan dalam madu Manuka.

10. Memulihkan Imunitas

Data yang dipublikasikan pada Journal of Leukocyte Biology pada tahun 2007, komponen pada madu Manuka ternyata juga mampu meningkatkan sel imun. Itu sebabnya madu Manuka berperan penting meningkatkan imunitas tubuh, baik saat sakit maupun tidak.

Bagaimana ya Membeli Madu Manuka yang Paling Baik dan Sehat?

Bagaimana ya Membeli Madu Manuka yang Paling Baik dan Sehat?

Saat ini, segala manfaat kesehatan madu Manuka bisa kamu dapatkan dengan mudah. Bahkan tanpa perlu beranjak dari tempat duduk, banyak toko online sudah menjual madu Manuka. Tapi, membeli madu Manuka terbaik ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Nah, berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri madu Manuka asli dan tips mendapatkan produk terbaik!

1. Jangan Terkecoh Tulisan Label

Sebelum membeli, kamu harus paham bahwa tak semua madu Manuka itu sama. Karena itu, Anda perlu memperhatikan label pada produk yang hendak dibeli. Salah satu yang sering ‘menjerumuskan’ adalah tulisan active Manuka honey pada kemasan. 

Melihat label ini, kamu tentu bakal langsung yakin bahwa produk tersebut baik. Padahal label ini sebenarnya hanya digunakan untuk menjelaskan efek antibakteri pada madu Manuka, yang pasti sebenarnya dimiliki oleh semua produk.

2. Perhatikan Kandungan NPA

Untuk mendapatkan madu Manuka yang benar-benar memiliki manfaat kesehatan besar, perhatikan label bertuliskan ‘non-peroxide antibacterial activity’ atau disingkat NPA. Semakin besar jumlah NPA yang ada, maka semakin baik pula manfaat kesehatan dari produk itu. 

Untuk memudahkan masyarakat mengetahui kandungan NPA pada produk madu Manuka, digunakan standar global yang disebut Unique Manuka Factor (UMF). 
Berikut adalah acuan UMF rating yang bisa digunakan untuk memilih produk madu Manuka terbaik:
  • UMF 0-4: Madu Manuka biasa yang kurang berkhasiat.
  • UMF 4-9: Madu Manuka dengan kandungan seperti madu biasa, sehingga memiliki manfaat setara madu biasa.
  • UMF 10-14: Kandungan anti bakterinya melebihi madu biasa, sehingga bisa membantu penyembuhan penyakit-penyakit tertentu dan menyeimbangkan bakteri dalam tubuh.
  • UMF 15+ atau 20+: Kandungan anti bakterinya tergolong superior sehingga bisa digunakan untuk proses terapi penyakit-penyakit tertentu. Karena tingginya kandungan anti bakteri ini, madu Manuka dengan UMF 15+ atau 20+ sebaiknya tidak diminum lebih dari 1 sendok makan setiap harinya.

3. Beli Madu Manuka dari Penjual Terpercaya

Mengingat kualitas yang lebih tinggi dibandingkan madu biasa, madu Manuka biasanya dibanderol dengan harga lebih mahal. Makanya, hati-hati ketika membeli madu Manuka, apalagi jika dijual dengan harga murah. Bisa-bisa, yang kamu dapat itu adalah madu Manuka palsu.

Kamu sebaiknya selalu membeli pada agen atau toko online yang terpercaya dan telah memiliki reputasi baik. Untuk menyesuaikan manfaat sesuai kebutuhan, pilih juga toko online yang menyediakan berbagai pilihan merk dan produk.

Berminat konsumsi madu Manuka, Lemonizen?

Artikel Terkait

Sajikan MPASI Lezat dengan Kaldu Penuh Manfaat
Setelah buah hati mencapai usia enam bulan, Moms harus mulai menyiapkan makanan pendamping ASI (MPASI) untuknya. Maklum,..
OT Handoko
11 Desember 2018
Tahu Nggak Sih? Ini Lho Manfaat di Balik Sedapnya Bumbu Pelengkap Masakan
Ada gula, ada semut. Begitu juga, ada makanan tentu ada bumbu pelengkap masakan yang bikin lezat makanan. Bukan hanya me..
OT Handoko
10 Desember 2018
Banyak Rempah Eksotis Asli Bumi Indonesia Bermanfaat Lho, Tahu Nggak Kamu?
Sejak jaman penjajahan, Indonesia sudah dikenal sebagai negeri penghasil rempah. Tak hanya sebagai bumbu masak, rempah-r..
OT Handoko
07 Desember 2018