Agar Berjalan Optimal, Konsumsi 7 Buah Sehat Ini Saat Menjalani Diet Ketogenik

14 Sep 2018 @ 11:01:06
Pada dasarnya, aturan utama dalam menjalani diet keto cukup sederhana, yaitu hindari bahan makanan yang mengandung karbohidrat dan gula. Tak hanya untuk makanan seperti makanan dan minuman seperti kue, cake, atau soda, aturan ini juga berlaku untuk buah segar yang mengandung karbohidrat dan gula alami. Lalu, apakah kamu jadi tidak boleh mengonsumsi buah sama sekali saat diet keto?
 
Don't worry, be happy, guys! Kamu masih bisa mendapatkan nutrisi dari buah-buahan kok, guys! Menurut beberapa sumber dan para ahli, ada beberapa jenis buah segar yang menyehatkan badan untuk dikonsumsi saat diet keto. Beberapa jenis buah segar ini mengandung karbohidrat dan gula dalam jumlah rendah. 

Alpukat, Buah Kaya Lemak Cocok Untuk Diet Keto

Alpukat, Buah Kaya Lemak Cocok Untuk Diet Keto

Bagi banyak pelaku diet keto, alpukat merupakan salah satu buah favorit yang dimasukkan dalam menu makanan. Tak hanya rendah kandungan karbohidrat, alpukat mengandung lemak sehat dalam jumlah besar yang memang sangat disarankan dalam diet keto. 

Setiap 100 gram alpukat mengandung 15 gram lemak sehat dan kurang dari 2 gram karbohidrat. Selain itu, alpukat juga kaya potasium dan serat. Ditambah lagi, kamu bisa mengonsumsi buah alpukat secara langsung atau mengolahnya menjadi sajian seperti guacamole, smoothies, atau salad.

Lemon, Buah Sitrus yang Beri Kandungan Vitamin C 

Lemon, Buah Sitrus yang Beri Kandungan Vitamin C

Lemon bisa jadi penyelamat saat kamu merasa jenuh dengan air putih atau teh tawar tanpa gula. Tambahkan saja sedikit perasan atau irisan lemon pada air putih atau teh tawar, maka kamu akan mendapatkan minuman yang terasa nikmat dan segar walaupun tanpa pemanis tambahan. 

Lemon juga membantu tubuh menyerap zat besi, sehingga membantu menjaga kekuatan otot. Setiap 100 gram lemon hanya mengandung sekitar 6,5 gram karbohidrat. Jadi, jangan ragu menambahkan lemon pada minuman kamu.

Belimbing, 'Si Bintang' yang Kaya Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Belimbing, 'Si Bintang' yang Kaya Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Walaupun memiliki rasa asam manis yang segar, belimbing memiliki kandungan karbohidrat yang cukup rendah. Tiap 100 gram belimbing hanya mengandung sekitar 4 gram karbohidrat, sehingga belimbing bisa jadi pilihan buah untuk kamu yang sedang menjalani diet keto. Selain itu, belimbing juga kaya serat dan vitamin C, serta membantu mencegah pembentukan sel lemak dan menurunkan kolesterol.

Blackberry, Butiran Hitam Penuh Gizi

Blackberry, Butiran Hitam Penuh Gizi

Tiap 100 gram blackberry hanya mengandung sekitar 4 gram karbohidrat, sehingga tak heran kalau buah ini cocok untuk para pelaku diet keto. Selain itu, blackberry merupakan sumber vitamin C, vitamin A, vitamin K, magnesium, kalium, dan mangan. Blackberry juga kaya serat, sehingga membantu mengurangi nafsu makan dan membuat kamu akan merasa kenyang lebih lama.

Strawberry, 'Si Merah' yang Buat Rasa Makanan Makin Menggelora

Strawberry, 'Si Merah' yang Buat Rasa Makanan Makin Menggelora

Setiap 100 gram strawberry segar mengandung sekitar 7 gram karbohidrat saja. Tak heran jika buah yang satu ini selalu jadi favorit untuk diet keto. Biar begitu, disarankan untuk tidak mengonsumsi strawberry dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. 

Strawberry mempunyai manfaat yang cukup banyak, yaitu menyeimbangkan kadar gula dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada tubuh. Selain itu, strawberry juga kaya potassium dan vitamin C.

Tomat, Bahan Makanan yang Bantu Seimbangkan Tubuh

Tomat, Bahan Makanan yang Bantu Seimbangkan Tubuh

Beberapa orang mungkin akan mengatakan bahwa tomat termasuk dalam sayur, bukan buah. Sayur ataupun buah, tomat merupakan salah satu bahan makanan yang bisa cocok untuk menjalani diet keto. Tiap 100 gram tomat hanya mengandung sekitar 2,7 gram karbohidrat.

Kelapa, Buah Segar Dengan Kadar Lemak Baik yang Cukup Banyak