Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Tubuh

Agar Lebaran Nggak Bikin Lebar-an, Dokter Sarankan Lakukan Aktivitas Fisik Ini

Shella Rafiqah Ully
Shella Rafiqah Ully
27 May 2021
Clock Icon
4 menit
aktivitas fisik

Tidak bisa dimungkiri, Lebaran sangat erat dengan tradisi makan-makan yang kerap kali bikin kalap dan membuat porsi makan jadi tidak terkontrol. Masalahnya, bagi beberapa orang, Lebaran juga jadi momen ‘libur’ berolahraga dan mager beraktivitas fisik. Alhasil, nggak sedikit orang yang mengeluhkan masalah kenaikan berat badan usai Lebaran.

banner consideration shipping bg blue


Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh usai Lebaran dan memastikan agar angka timbangan tidak ikutan bergeser ke kanan? Berikut tips dari dokter buat Lemonizen.


Jadikan Olahraga Sebagai Bagian dari Rutinitas 


Niatkan diri untuk mulai menjadikan olahraga sebagai rutinitas harian. Ini karena untuk mendapatkan hasil yang optimal bagi tubuh, olahraga tidak bisa hanya dilakukan sesekali saja.


Olahraga rutin juga bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh, lho. Sesuatu yang sangat penting di masa pandemi seperti sekarang. 


Mulai dengan Olahraga Sederhana, Begini Cara Membagi Waktunya


Direkomendasikan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Durasi ini bisa kamu bagi menjadi 30 menit setiap hari selama 5 hari per minggu. Ini terlihat lumayan berat bagi kamu yang sebelumnya tidak terbiasa atau jarang berolahraga, tapi jangan patah semangat!


Kamu bisa memulainya perlahan dengan durasi yang lebih singkat atau frekuensi yang lebih sedikit namun tetap konsisten. Lakukan terus-menerus hingga menjadi kebiasaan. Tambah durasi dan frekuensi secara perlahan sampai akhirnya terbiasa dan bisa mencapai target yang disarankan.


Untuk menurunkan berat badan, sebaiknya pilih olahraga full body exercise (olahraga yang menggunakan seluruh anggota gerak) serta  gabungan antara olahraga yang memacu jantung serta melatih ketahanan dan kekuatan otot. Ini adalah jenis olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme serta memakai kalori lebih banyak sehingga lebih efektif untuk proses penurunan berat.


Bisa Mulai Olahraga di Rumah


Di masa pandemi seperti sekarang, Lemonizen bisa mulai olahraga dari rumah saja. Cari tempat yang tidak terlalu luas di rumah, misal ruang keluarga atau teras. Penting diperhatikan juga, pilih tempat olahraga yang bebas atau tidak dihalangi oleh benda/barang saat melakukan olahraga.Jangan lupa gunakan alas seperti yoga matt atau matras olahraga jika melakukan gerakan di lantai. 

banner consideration promotion bg blue


Lemonizen bisa melakukan gerakan seperti  jumping jacks, squat, push-up, tricep dips, burpees, atau plank, dalam beberapa set. Jika punya tali untuk skipping, kamu juga bisa mencoba olahraga ini karena sangat efektif membakar kalori.


Mau yang lebih sederhana? Kamu bisa mencoba beraktivitas fisik naik turun tangga di rumah.


Jangan Lupa Pemanasan atau Peregangan Sebelum Mulai Olahraga


Penting diingat, olahraga harus didahului dengan pemanasan dan peregangan dan akhiri dengan pendinginan (untuk menurunkan detak jantung serta membuat otot rileks kembali). Kamu juga bisa melakukan istirahat (maksimal 30 detik) di sela-sela melakukan gerakan olahraga. 


Jangan lupa juga perhatikan postur tubuh setiap melakukan gerakan. Jika ada bagian tubuh yang terasa sakit, kemungkinan kamu melakukan gerakannya tidak benar sehingga meningkatkan potensi cedera saat berolahraga. 


Lemonizen bisa melakukan konsultasi diri ke dokter spesialis kedokteran olahraga untuk penilaian jenis olahraga yang paling tepat, menemukan postur paling baik saat olahraga, dan pencegahan cedera saat olahraga.


Selain Olahraga, Kamu Juga Tetap Harus Jaga Pola Makan ya!


Selain olahraga, memastikan asupan nutrisi yang sesuai jumlah dan jenisnya bagi tubuh adalah faktor penting yang berpengaruh untuk menurunkan berat badan. Pastikan kamu memilih makanan dengan gizi seimbang dan kalori yang sesuai agar berat badan bisa turun dengan efektif.


Jika porsi makanan sangat banyak sehingga kalori yang masuk jadi berlebih dan tidak sebanding dengan kalori yang dikeluarkan, tentu akan sulit untuk menurunkan berat badan. 


banner decision halal bebas pengawet kategori mie bg lime green


Penggabungan antara olahraga dan diet pola makan sehat ini dapat menurunkan berat badan dengan perlahan namun stabil, sehingga tidak terjadi bounce back atau peningkatan berat tiba tiba saat pola makan atau olahraga tidak dilakukan.


Terakhir perlu diingat bahwa mempunyai pola hidup sehat, lebih penting dari sekedar menurunkan berat badan dalam waktu yang singkat, jadi jangan dipaksakan ya, Lemonizen. 


Artikel ini ditulis oleh dr. Rizqii Nurdini, Tim Dokter Mamanesia untuk menjawab pertanyaan #CurhatSehat di Instagram Lemonilo. Sebagai healthy lifestyle ecosystem, Lemonilo berharap dapat membantu masyarakat Indonesia mendapatkan akses informasi kesehatan dengan lebih mudah salah satunya melalui rubrik #CurhatSehat.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.