Agar Tak Latah Beli Makanan Berpengawet Buatan, Ini Tipsnya!

04 Mar 2019 @ 18:59:49
Makanan kemasan dengan kandungan bahan kimia berupa pemanis dan pengawet buatan tak lepas dari keseharian kita. Salah satu alasan konsumsinya adalah karena makanan kemasan dikenal praktis dan dan tahan lama untuk disimpan. Sayangnya, masih banyak produsen penghasil makanan kemasan yang tidak peduli pada dampak buruk pengawet bagi kesehatan konsumen. 

Tahukah kamu, latah membeli makanan dengan kandungan pengawet dan pemanis buatan ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Bahkan resikonya bisa sampai menyebabkan kematian. Yuk, simak tips berikut agar terhindar dari membeli produk makanan kemasan yang mengandung bahan pengawet buatan yang berbahaya!

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli

Ada baiknya bekali dulu dirimu dengan pengetahuan seputar bahan-bahan kimia yang berupa pemanis dan pengawet buatan. Ini penting sebab sebelum putuskan membeli makanan kemasan kamu harus lebih dulu cermati daftar bahannya.

Misal, cermati kadar BHA (Butylated hydroxyanisole) dan BHT (Butylated hydroxytoluene) dalam makanan kemasanmu. Kedua bahan ini adalah pengawet yang paling dominan digunakan dan bersifat karsinogen yang jika kamu konsumsi terus menerus ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor. Duh, bahaya banget kan!

2. Selalu Pilih Produk yang Sudah Lulus Uji Kelayakan BPOM

2. Selalu Pilih Produk yang Sudah Lulus Uji Kelayakan BPOM

Ini penting untuk memastikan makanan kemasan yang akan kamu beli sesuai dengan standar kesehatan dan keselamatan konsumen. Cek kemasannya, apakah ia sudah diberi label sah oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)? Kalau sudah, kamu bisa mengonsumsinya tanpa perlu khawatir. BPOM sendiri menyarankan kamu untuk terapkan proses cek kemasan, label, izin edar, kedaluarsa (Ce-KLIK) pada produk tiap kali akan membelinya. Jangan sampai skip loh ya!

3. Yuk, Mulai Olah Sendiri Makananmu dengan Bahan-bahan Dasar!

3. Yuk, Mulai Olah Sendiri Makananmu dengan Bahan-bahan Dasar!

Daripada berjudi dengan segala dampak buruk dari kandungan bahan kimia dalam makanan kemasanmu, kenapa tidak mencoba untuk mengolahnya sendiri? Untuk membuat saus alami tanpa pengawet misalnya, kamu bisa menggunakan campuran tomat segar dan tepung tapioka. Kamu bisa masak semua makananmu dengan bahan-bahan dasar sedari awal. Alih-alih menggunakan vetsin sebagai penyedap pada hidangan sop buatanmu, lebih baik gunakan rempah yang memang jadi kekayaan Indonesia!


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020