Agar Tak Latah Beli Makanan Berpengawet Buatan, Ini Tipsnya!

04 Mar 2019 @ 18:57:49
Makanan kemasan dengan kandungan bahan kimia berupa pemanis dan pengawet buatan tak lepas dari keseharian kita. Salah satu alasan konsumsinya adalah karena makanan kemasan dikenal praktis dan dan tahan lama untuk disimpan. Sayangnya, masih banyak produsen penghasil makanan kemasan yang tidak peduli pada dampak buruk pengawet bagi kesehatan konsumen. 

Tahukah kamu, latah membeli makanan dengan kandungan pengawet dan pemanis buatan ini berdampak sangat buruk bagi kesehatan. Bahkan resikonya bisa sampai menyebabkan kematian. Yuk, simak tips berikut agar terhindar dari membeli produk makanan kemasan yang mengandung bahan pengawet buatan yang berbahaya!

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli

1. Cermati Daftar Bahan Pada Makanan Kemasanmu Sebelum Putuskan Beli

Ada baiknya bekali dulu dirimu dengan pengetahuan seputar bahan-bahan kimia yang berupa pemanis dan pengawet buatan. Ini penting sebab sebelum putuskan membeli makanan kemasan kamu harus lebih dulu cermati daftar bahannya.

Misal, cermati kadar BHA (Butylated hydroxyanisole) dan BHT (Butylated hydroxytoluene) dalam makanan kemasanmu. Kedua bahan ini adalah pengawet yang paling dominan digunakan dan bersifat karsinogen yang jika kamu konsumsi terus menerus ini dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan tumor. Duh, bahaya banget kan!

2. Selalu Pilih Produk yang Sudah Lulus Uji Kelayakan BPOM