Alami! Inilah 3 Obat Asam Lambung Naik

29 Apr 2020 @ 22:28:53

Melewatkan jam makan adalah sebuah kebiasaan sepele namun sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Kebiasaan ini bisa berujung ke berbagai penyakit pencernaan seperti asam lambung naik. Kondisi ini tentu membuat kita merasa sangat tidak nyaman dalam beraktivitas. Untuk menormalkan kondisi tubuh, banyak orang mencari obat asam lambung naik, baik yang berbentuk alami maupun yang dijual di pasaran. 

Penyakit asam lambung sendiri merupakan kondisi dimana asam lambung naik ke bagian esofagus. Hal ini ditemui dengan rasa nyeri pada ulu hati bahkan hingga rasa terbakar di dalam dada. Untuk mengatasi kondisi ini, ada banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mengonsumsi obat asam lambung naik dengan bahan alami. Bahan alami dapat membantu mengatasi asam lambung naik dengan aman. Berikut ini merupakan beberapa obat alami asam lambung naik:

1. Chamomile

Obat asam lambung naik yang pertama adalah chamomile. Obat herbal yang satu ini memang banyak digunakan untuk berbagai penyakit, salah satunya adalah asam lambung naik. Chamomile sendiri memiliki kandungan antimikroba sekaligus anti radang yang dapat membantu meredakan rasa yang tidak nyaman di esofagus. 

Penggunaan bahan alami yang satu ini juga harus memiliki pengawasan yang jelas sebelum digunakan. Sebagai contoh, obat herbal yang satu ini tidak boleh digunakan bersama dengan obat warfarin (antikoagulan). Bagi ibu yang sedang hamil dan menyusui juga memerlukan diskusi dengan dokter sebelum mengkonsumsi obat herbal yang satu ini. 

2. Licorice (Akar Manis)

Obat herbal yang kedua untuk asam lambung adalah Licorice. Tanaman herbal yang satu ini lebih dikenal dengan akar manis. Tanaman herbal ini sudah lama dikenal sebagai obat untuk asam lambung naik. kamu dapat menemukan obat herbal ini dalam bentuk teh, permen, atau bahkan bentuk yang lainnya. Akan tetapi, banyak ahli medis yang menyarankan konsumsi Licorice dalam bentuk DGL (Deglycyrrhizinated licorice).

Bentuk yang satu ini dapat dikonsumsi dalam jangka panjang serta memiliki interaksinya dengan obat yang jauh lebih sedikit. Jika asam lambung naik dan mulai menyerang, kamu bisa menggunakan bahan ini agar asam lambung bisa langsung mereda dan kadar asam pada lambung bisa normal dan pulih kembali.

3. Slippery Elm (Elm Licin)

Rekomendasi obat herbal untuk meredakan asam lambung yang sedang naik adalah Slippery Elm atau Elm licin. Tanaman herbal yang satu ini juga kerap disebut dengan elm licin. Tanaman yang berasal dari amerika utara ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal. Pada bagian kulit, tanaman yang satu ini menghasilkan lendir yang dapat membantu mengatasi peradangan pada saluran pencernaan.

Oleh sebab itu, tanaman yang satu ini dapat dijadikan sebagai obat saat asam lambung naik. Tanaman herbal yang satu ini sudah tersedia dalam berbagai bentuk, seperti dalam bentuk permen, kapsul, bubuk, dan lain sebagainya. Untuk mencarinya kamu bisa mendatangi berbagai apotik sekitar untuk mendapatkan bahan ini dalam berbagai bentuk obat yang lain.

Nah, itulah 3 obat asam lambung naik yang bisa kamu gunakan. Untuk mengkonsumsi obat di atas, kamu tetap membutuhkan pengawasan dan menjalankan sesuai dengan aturan. Jadi, sebelum konsumsi obat tersebut harus konsultasi terlebih dahulu dengan dokter ya, Lemonizen!


Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020