Alternatif Pengganti Susu Sapi, Ini Manfaat Susu Almond bagi Kesehatan

08 Sep 2020 @ 13:31:06
Tren gaya hidup sehat dengan mengonsumsi susu almond jadi meningkat pada beberapa tahun terakhir. Ini terjadi seiring tingginya kasus alergi terhadap produk susu sapi dan munculnya tren plant based diet (konsumsi makanan yang berdasar pada tumbuh-tumbuhan). 

Susu kacang almond adalah salah satu alternatif pengganti susu sapi yang terkenal sejak lama di dunia. Susu ini sebenarnya cairan yang dibuat dari 100% kacang almond yang dihancurkan, sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dan kaya akan rasa serta nutrisi. 

Tidak seperti susu sapi yang didapat dari hasil perahan langsung, susu almond sebenarnya tidak sepenuhnya bisa disebut sebagai susu. Ini karena kacang almond yang telah hancur dari proses pembuatan akan disaring barulah kemudian didapat susu almond yang berwarna putih.

Manfaat Susu Almond yang Kaya Nutrisi Bagi Kesehatan



Susu kacang almond adalah produk yang secara alami bebas dari kandungan susu sapi, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh para vegetarian dan anak kecil maupun orang dewasa yang mengalami intoleransi laktosa. Kecuali, kamu memiliki riwayat alergi terhadap kacang-kacangan maka sebaiknya hindari konsumsi susu kacang almond ini ya. 

Susu kacang almond juga jauh lebih rendah kalori dibanding susu sapi. Dalam segelas susu kacang almond (240 ml) hanya mengandung 39 kalori sedangkan susu sapi 102 kalori. Pun demikian dengan kandungan lemaknya yang sangat rendah hanya 3 gram.

Susu kacang almond kaya akan mineral alami seperti kalsium, potasium, vitamin D, dan juga terkenal kaya akan kandungan vitamin E (setara 110% dari kebutuhan harianmu). Vitamin E yang tinggi ini baik bagi tubuh karena berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko kanker serta bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

Susu Kacang Almond Tinggi Kandungan Lemak Baik

Menurut penelitian, salah satu kandungan yang tinggi di dalam susu kacang almond adalah lemak baik seperti Monounsaturated Fatty Acids (MUFA) yang manfaatnya bisa melindungi tubuh dari serangan jantung, mengontrol dan bahkan menurunkan berat badan. 

Susu kacang almond juga memiliki kandungan prebiotik yang baik untuk saluran pencernaan. Prebiotik ini bertugas untuk memberi makan bakteri baik pada usus sehingga kesehatan saluran cernamu tetap terjaga. Susu kacang almond memiliki efek laksatif (pencahar) bagi kamu yang sering mengalami sembelit.  

Tips Memilih Susu Kacang Almond Terbaik 



Dengan banyaknya pilihan susu kacang almond di pasaran, kamu pasti bingung memilihnya bukan? Sebaiknya jika mau tetap mendapatkan manfaat-manfaat dari susu kacang almond, belilah produk susu kacang almond yang alami, tanpa pengawet dan pemanis atau penambah rasa lainnya. 

Susu kacang almond juga tidak hanya dapat diminum begitu saja, namun dapat dikombinasikan bersama dengan sereal, ditambahkan ke kopi atau teh di pagi hari. Bisa juga sebagai pengganti santan pada es cendol yang segar atau pada produk makanan lainnya layaknya susu sapi. 

Kamu dapat mengkonsumsi susu kacang almond sebanyak 250 ml per hari. Batasi konsumsi susu kacang almond jika kamu memiliki riwayat penyakit batu ginjal karena kacang almond mengandung kalsium oksalat yang tinggi sehingga dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Pun, hindari juga memberikan susu kacang almond ke bayi di bawah usia 1 tahun ya karena dapat menghambat penyerapan zat besi pada bayi. 

Gimana Lemonizen, tertarik mencoba minum susu kacang almond mulai dari sekarang?

Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020