Anak Intoleransi Susu Sapi? Cobalah Beberapa Jenis Susu Nabati Ini!

12 Jul 2018 @ 17:29:06
Susu sapi merupakan salah satu kebutuhan tubuh manusia. Walaupun banyak pihak yang mengklaim bahwa manusia tidak disarankan untuk minum sapi, minuman ini jelas mengandung banyak vitamin dan mineral yang membantu pertumbuhan tubuh. Salah satu mineral yang dicari dari susu sapi adalah kalsium yang punya manfaat untuk memperkuat tulang. 

Namun, banyak orang di dunia, khususnya di Indonesia, mempunyai intoleransi terhadap laktosa yang ada dalam susu sapi. Efeknya, seseorang tidak bisa mengonsumsi susu sapi untuk kebutuhan tubuhnya. Biar begitu, beberapa jenis susu nabati ini bisa membantu membantu mencukupi kebutuhannya!

Susu Kedelai (Soy Milk)

Susu Kedelai (Soy Milk)

Susu kedelai terbuat dari butiran kedelai yang diperas dengan air sehingga mempunyai warna dan tekstur yang mirip dengan susu sapi. Biarpun berbeda pada bahan pembuatannya, susu nabati ini mampu mencukupi kebutuhan harian kamu yang intoleransi susu sapi, diantaranya protein, karbohidrat, vitamin B (riboflavin). Bahkan, Soy Nutrition mengatakan bahwa konsumsi susu kedelai mampu mengurangi dampak dari penyakit kanker dalam tubuh. 

Susu Beras (Rice Milk)

Susu Beras (Rice Milk)

Apakah kamu tahu soal "air tajin"? Air tajin merupakan air cucian beras yang umumnya diberikan pada bayi di zaman dahulu. Di saat sekarang, muncul air tajin versi modern yaitu Susu Beras (Rice Milk). Susu beras dibuat dari beras yang direbus dalam beberapa waktu dan kemudian diperas menggunakan kain atau saringan sehingga mendapatkan produk varian susu yang nikmat dan kaya nutrisi, seperti protein, karbohidrat, magnesium, dan kalsium. 

Susu Oat (Oat Milk)

Susu oat (oat milk)

Jika kamu menyangka kalau oat hanya bisa dijadikan menu sarapan, rasanya kamu salah besar! Nyatanya, oat bisa dibuat menjadi segelas susu nabati sebagai pengganti susu sapi. Layaknya oat di kala sarapan, susu oat menyimpan nutrisi untuk tubuh kamu, seperti protein, karbohidrat, vitamin A & B, kalsium, zat besi, dan magnesium untuk memberikan varian susu yang nikmat dan kaya manfaat. 

Susu Almond (Almond Milk)

susu almond (almond milk)

Kamu suka dengan renyah dan cita rasa kacang almond? Kamu tentu harus coba susu almond sebagai pengganti susu sapi favorit kamu. Susu almond dibuat dari kacang almond yang direbus dan kemudian diperas sehingga menghasilkan cairan putih kecokelatan yang nikmat dan kaya nutrisi. Saking hebatnya, kacang almond dipercaya mampu menurunkan resiko kanker pada tubuh Anda.


Artikel Terkait

Stunting itu Berbahaya Lho, Bunda! Kenali Gejala, Bahaya, dan Penanganannya Sejak Dini!
Pernah nggak sih Bunda ngelihat anak-anak yang tingginya kurang? Di beberapa daerah, anak-anak seperti ini ser..
Andesma. W
18 Oktober 2018
Sering Stuck dan Telat Mikir? Bisa Jadi Inilah Penyebabnya!
Stuck dan telat mikir seringkali mengganggu aktivitas ya, guys? Ketika pekerjaan lagi banyak-banyaknya, otak kamu m..
OT Handoko
17 Oktober 2018
Lebih Dekat Dengan Abigail Cantika & Kebiasaan Sehatnya
Sebagai tech-based healthy lifestyle brand, tidak ada kata bosan untuk Lemonilo dalam memberikan edukasi dan membentuk h..
OT Handoko
17 Oktober 2018