Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Anak Kecanduan Gadget? Coba 5 Cara Ini untuk Mengatasinya

Rizki Indra
Rizki Indra
27 Aug 2021
Clock Icon
3 menit
Anak kecanduan gadget penting diatasi sedini mungkin agar kesehatan mata dan otak anak terjaga.

Mengatasi anak kecanduan gadget sudah menjadi masalah hampir bagi semua orang tua di era digital ini. Anak yang kecanduan pada gadget selain berpotensi membuat mereka mengalami penurunan nilai akademis juga bisa merusak mata. Pada perangkat gadget terdapat sinar biru yang bisa merusak retina yang menyebabkan penglihatan mengalami masalah dalam jangka panjang.


Efek buruk dari anak yang tidak bisa lepas dari gadget dalam hal ini terutama handphone akan berpengaruh pada postur tubuh mereka, menyebabkan munculnya nyeri dan berbagai masalah kesehatan lainnya. Bahkan anak berpotensi menjadi anti sosial dan tidak memiliki kemampuan untuk bersosialisasi. Tentu saja hal-hal tersebut hanya akan merugikan anak-anak di masa depan.


Begitu banyaknya dampak buruk yang bisa terjadi pada anak akibat dari kecanduan gadget maka orang tua harus segera melakukan langkah penanganan yang tepat. Biasanya anak yang sudah kecanduan akan menangis, marah bahkan mengamuk saat gadget diambil oleh orang tuanya. Nah, sebelum terlambat atasi masalah anak kecanduan gadget tersebut melalui beberapa tips dan cara berikut ini.

1. Berikan Contoh yang Baik


Anak adalah peniru terbaik artinya apa yang dilakukan oleh orang tua dan orang dewasa di sekitarnya cenderung mereka tirukan. Nah, kalau tidak ingin anak terlalu sering bermain dengan gadget sebagai orang tua harus bisa memberikan contoh yang baik mengenai hal tersebut.


Usahakan untuk tidak terlalu sering memainkan gadget saat bersama anak dengan pengaturan waktu yang baik. Gunakan gadget seperlunya saja dan sebisa mungkin saat sedang tidak bersama si kecil.

2. Batasi dan Awasi Penggunaan Gadget oleh Anak


Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang tua adalah membiarkan anak bermain gadget sepanjang waktu dengan alasan agar tidak rewel. Kebiasaan seperti itulah yang menjadi awal kecanduan gadget pada anak-anak. Mulai sekarang berikan batasan berapa lama anak boleh memegang gadget dan memainkannya dalam sehari.


Contohnya cukup 1 jam setiap harinya untuk bermain gadget. Simpan gadget pada tempat yang tidak diketahui anak. Di samping itu selama anak memainkan gadget awasi dengan baik apa yang mereka buka melalui perangkat tersebut. Jangan sampai anak mengakses sesuatu yang seharusnya tidak layak untuk mereka.

3. Ajak Anak Beraktivitas di Luar Rumah


Kebiasaan anak yang suka menghabiskan waktu untuk main gadget biasanya disebabkan oleh kurangnya aktivitas yang mereka lakukan. Untuk mengurangi kebiasaan anak untuk main gadget ajak mereka lebih banyak melakukan aktivitas di luar rumah seperti bersepeda, berkebun dan sebagainya. Kalau perlu undang anak-anak seumuran si kecil untuk bermain bersama. Dengan begitu perlahan-lahan anak akan mulai melupakan untuk bermain gadget.

4. Buat Zona Bebas Gadget di Rumah


Cara yang lainnya adalah dengan membuat zona bebas gadget di rumah. Saat berada di dalam zona tersebut maka tidak boleh ada seorangpun yang boleh memegang gadget. Zona gadget dalam rumah bisa dibuat di kamar tidur, ruang makan, ruang keluarga dan tempat lainnya. Lebih sering ajak ajak untuk berada di ruangan-ruangan tersebut sehingga perlahan-lahan mereka akan mulai terbiasa tanpa gadget.

5. Beritahu Anak Efek Negatif Main Gadget


Tips yang terakhir yaitu beritahukan kepada anak apa saja efek negatif kalau main gadget terlalu sering. Mulai dari tidak memiliki teman sampai mata bisa menjadi rusak. Jelaskan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh si kecil agar mereka memahaminya.


Itulah berbagai cara untuk mengatasi anak kecanduan gadget. Kecanduan ini memang bisa memberikan dampak yang buruk untuk perkembangan anak. Maka dari itu, sebelum terlambat segera lakukan penanganan kepada anak kecanduan gadget dengan cara yang tepat dan efektif.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.