Aneka Puding untuk Cemilan Sehat

04 Aug 2017 @ 02:52:17
Oleh OT Handoko
Aneka Puding untuk Cemilan Sehat
Camilan tidak selalu identik dengan makanan tinggi kalori yang kurang baik bagi tubuh. Sebenarnya banyak sekali jenis camilan sehat yang bisa Anda nikmati. Selain aneka jenis kacang, energy bar, dan buah-buahan, puding juga tidak kalah lezat dan menyehatkan. 

Keinginan Anda untuk menyantap makanan manis akan terpuaskan bila Anda menyantap aneka puding. Mungkin Anda belum mengetahui manfaat konsumsi puding bagi kesehatan. Ulasan lengkap kali ini tentu akan menambah wawasan Anda seputar manfaat puding.

Manfaat Aneka Puding Bagi Kesehatan Anda

Siapa sih yang tidak kenal puding. Camilan yang satu ini biasanya disukai anak-anak maupun orang dewasa. Bahkan puding juga tidak pernah absen dari acara-acara istimewa seperti momen pernikahan dan arisan. Ternyata Anda bisa memperoleh manfaat sehat berikut ini bila sering mengonsumsi aneka puding dengan porsi seimbang:

Menjaga Kesehatan Organ Pencernaan

Kandungan serat yang terdapat dalam puding bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan. Karena serat merupakan jenis asupan yang dibutuhkan untuk membersihkan usus dan organ pencernaan lainnya. Anda tidak akan mengalami sembelit dan gangguan pencernaan lainnya kalau rutin mengonsumsi puding.

Berat Badan Senantiasa Stabil

Tidak cuma bermanfaat bagi organ pencernaan, serat yang terdapat dalam puding juga membuat Anda kenyang lebih lama. Karena tubuh butuh waktu lebih lama untuk mencerna serat dibandingkan jenis nutrisi lainnya. Bila Anda merasa kenyang lebih lama, nafsu makan yang berlebihan pun bisa diminimalkan. Tubuh Anda tetap berenergi sepanjang hari tanpa menimbun kalori yang tidak diperlukan.

Sumber Vitamin dan Mineral yang Lengkap

Puding yang kaya akan bahan alami ternyata juga mengandung vitamin dan mineral. Jenis vitamin dan mineralnya sangat variatif tergantung dari bahan dasar pembuatan puding. Penambahan buah-buahan biasanya akan memperkaya vitamin A, C, dan E pada puding. Anda juga bisa mendapatkan asupan omega 3 dan protein nabati kalau menambahkan biji-bijian atau kacang-kacangan pada puding buatan Anda.

Memperlancar Proses Detoksifikasi Tubuh

Tubuh Anda butuh proses detoksifikasi secara teratur agar senantiasa fit. Jadi, Anda mesti menyantap puding yang kaya anti oksidan. Kandungan anti oksidan pada puding bermanfaat untuk memperlancar proses detoksifikasi tubuh. Tubuh Anda akan terbebas dari zat-zat sisa yang mengganggu metabolisme. Anda pun akan semakin bugar dan bersemangat saat beraktivitas.

Kreasi Chia Puding yang Sehat dan Lezat

Untuk membuat puding, Anda bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di dapur untuk membuat kreasi puding. Salah satu yang paling istimewa dan simpel adalah resep chia puding yang satu ini.

Resep Chia Puding
Bahan-Bahan:
¼ cangkir biji chia
1 cangkir susu almond rasa vanila tanpa pemanis
1 cangkir greek yoghurt rendah lemak
1 sdt ekstrak vanili
2 cangkir buah strawberry, dipotong kecil-kecil
¼ cangkir kacang almond panggang
1/8 sdt garam
Sirup maple

Cara Membuat:
  • Campurkan susu almond, yoghurt, sirup maple, ekstrak vanili, dan 1/8 sdt garam. Kocok sebentar hingga semua bahan tersebut tercampur rata.
  • Tambahkan biji chia, kocok lagi sebentar, lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  • Bila semua bahan tersebut sudah tercampur rata, masukkan kulkas selama semalam.
  • Keesokan harinya, tambahkan kacang almond, potongan strawberry, dan sirup maple pada permukaan chia puding.
  • Chia puding buatan Anda pun siap disajikan dalam keadaan dingin.

Membuat chia puding pada dasarnya sangat praktis dan cepat. Sebelumnya, Anda perlu menyediakan bahan-bahan chia puding yang Anda butuhkan. Anda bisa memesannya di Lemonilo. Produk makanan sehat di Lemonilo memiliki kualitas unggulan yang sudah terjamin. Tidak perlu repot-repot berburu bahan makanan sehat, semua pilihannya tersedia di Lemonilo. Selamat berkreasi membuat aneka puding kesukaan Anda!

Artikel Terkait

Oleh OT Handoko
Diet bukanlah momok menakutkan yang mesti Anda hadapi setiap hari. Karena diet yang benar adalah pola hidup sehat yang d..
Oleh OT Handoko
Bulan Ramadan akan segera tiba! Anda tentu  akan menyambutnya dengan penuh suka cita bersama orang-orang terdekat. ..
Oleh OT Handoko
Sebentar lagi lebaran akan segera tiba! Senang sekali rasanya bila tahun ini kembali berkesempatan menjalani ibadah puas..