Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Ambivert? Simak Penjelasan Lengkapnya di sini!

Rizki Indra
Rizki Indra
09 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Ambivert adalah kepribadian yang mudah bergaul tergantung situasi dan kondisi.

Ambivert adalah kepribadian yang berada di tengah-tengah antara introvert dan ekstrovert. Seseorang dengan kepribadian introvert cenderung menarik diri, sementara ekstrovert senang bersosialisasi. Seorang ambivert memiliki unsur keduanya, tergantung situasi dan kondisi.


Dalam suatu kesempatan bisa membaur dan bergaul di antara banyak orang dengan mudah dan lancar. Namun, di saat tertentu juga sering menyendiri dan sedikit bicara layaknya orang introvert. Sayangnya, memiliki kepribadian ini sering disalahpahami sebagai orang yang plin-plan.


Memiliki kepribadian ambivert menguntungkan karena bisa lebih luwes dalam pergaulan, selain itu juga memiliki hubungan yang stabil. Karena kemampuan mendengar yang baik sekaligus mampu bersosialisasi dengan banyak orang.


Karakteristik kepribadian ambivert adalah lebih fleksibel dan memiliki kestabilan secara emosional. Sehingga sangat cocok menjadi penengah saat ada pihak yang bermasalah. Kalau kamu penasaran dengan kepribadian diri sendiri, mari kita simak ciri-cirinya dibawah ini:

1. Selalu Berfikir Sebelum Berbicara


Meskipun ini adalah karakteristik kepribadian introvert, namun ambivert cenderung mendengarkan dengan baik sebelum berbicara. Sehingga mengetahui dengan jelas detail pembicaraan, agar tidak salah saat mengungkapkan pendapat.

2. Menjadi Penyeimbang yang Baik


Selain menjadi pendengar yang baik saat seseorang menyampaikan pendapatnya, juga bisa menjadi pembicara yang baik saat orang mendengarnya. Sama halnya dengan bergaul, biasanya bisa bergaul dengan semua orang tidak berat sebelah.

3. Memiliki Batasan Dalam Bergaul


Terlihat  senang bergaul, namun kepribadian ambivert bisa membatasi zona sosialnya. Meskipun terlihat akrab, biasanya menarik diri untuk terlibat terlalu dalam. Bergaul dalam waktu yang lama dengan banyak orang bisa membuat ambivert kelelahan karena energi yang terkuras.

4. Kadang Senang Bergaul Tetapi Juga Suka Menyendiri


Meskipun sendirian dalam waktu yang lama merasa jenuh, namun saat terlalu ramai juga resah. Kesan pertama biasanya cenderung pendiam namun ketika sudah akrab akan lebih terbuka. Kadang senang saat menjadi pusat perhatian dalam suatu komunitas, namun lama kelamaan menjadi tidak nyaman.

Keuntungan Memiliki Kepribadian Ambivert

Memiliki kepribadian unik diantara ekstrovert dan introvert, selalu menjadi penyeimbang dalam pergaulan. Hal ini tentu saja cukup menguras energi karena harus selalu menyesuaikan situasi. Namun, kalau pandai menyeimbangkan diri bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam kehidupan seperti ini:

1. Mempunyai Sistem Manajemen yang Baik

Saat menjadi seorang pimpinan, atasan yang ambivert mampu bertindak sesuai kepribadian masing-masing bawahannya. Bisa bekerja sama dengan baik, meningkatkan kinerja bawahan yang aktif, dan memimpin serta mengarahkan bawahan yang pasif.


Dengan demikian kinerja bawahan akan berkembang sesuai potensi masing-masing. Dan keuntungan perusahaan dapat meningkat lebih maksimal.

2. Pandai Membaca Situasi

Saat melihat orang yang supel dan ramah, disinyalir dapat menjadi marketing yang handal. Namun, pada kenyataannya seorang ambivert lebih mampu menjual lebih banyak. Rupanya ini karena kemampuannya memahami keinginan pelanggan tanpa terlihat menggebu-gebu.


Mendengarkan dengan baik keinginan pelanggan, kemudian menyesuaikan dengan kebutuhannya. Hal seperti ini lebih meningkatkan potensi beli daripada yang menawarkan dengan penuh semangat. Karena pelanggan merasa kurang nyaman saat mencermati produk.

3. Mempunyai Hubungan Sehat dan Stabil

Karena fleksibel dalam bersikap, maka akan memiliki hubungan yang lebih sehat dan stabil. Baik hubungan dengan pasangan maupun pertemanan. Karena saat menyikapi suatu masalah tidak dengan emosional. Sehingga solusi yang baik akan didapatkan dengan hati-hati.


Itulah informasi mengenai kepribadian ambivert yang berada di tengah-tengah antara introvert dan juga ekstrovert. Kemampuan unggul ambivert adalah pandai menempatkan diri dengan seimbang dalam berbagai situasi. Jadi, apakah ambivert adalah kepribadian yang kamu miliki?

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.