Apa itu Bawang Putih Bubuk? Inilah Fakta Gizi & Kandungan Kalorinya

15 Mei 2020 @ 16:08:18
Saat ini, banyak sekali kreasi bumbu masakan yang dibuat dalam bentuk bubuk. Pasalnya, dalam bentuk ini bumbu masakan dapat digunakan lebih efisien dan juga tidak memakan waktu yang terlalu banyak dalam pengolahannya. Salah satu bentuk bumbu masakan bubuk yang sangat diminati adalah bawang putih bubuk. Bentuk bubuk ini sangat sering menjadi kunci dalam setiap masakan. 

Selama ini bawang putih dikenal sebagai kunci dari setiap masakan, namun penggunaan bawang putih hanya terbatas dengan diulek atau dihaluskan saja. Nah, untuk mempermudah penggunaan bawang putih dihadirkan bentuk olahan bawang putih bubuk atau yang disebut sebagai garlic powder. Singkatnya, ini merupakan bawang putih biasa yang telah melalui proses pengolahan sehingga menjadi bentuk bubuk. 

Rekomendasi bawang putih olahan bubuk terbaik yang bisa digunakan adalah Lemonilo Rempah Alami Bawang Putih Bubuk (Garlic Powder). Produk garlic powder yang satu ini terbuat dari 100% bawang putih alami dan tidak terdapat campuran bawan pengawet, penyedap, pewarna maupun MSG di dalamnya. Sehingga akan sangat aman dikonsumsi untuk kesehatan. 

Fakta Gizi dan Kandungan Kalori Pada Bawang Putih Bubuk 



Meski telah diolah menjadi bentuk bubuk, nyatanya kandungan gizi yang ada pada bumbu masakan ini masih dapat dinikmati secara penuh. Beberapa kandungan nutrisi yang ada bawang putih diantaranya adalah kandungan mangan, kalsium, kalium, vitamin C, tembaga, fosfor, zat besi, vitamin B, selenium, dan juga serat yang kesemuanya ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Untuk urusan kalori sendiri, garlic powder juga terbilang sangat rendah. Dalam 1 sdt garlic powder hanya terdapat sekitar 9 kalori. Sehingga bisa menjadi salah satu bahan yang ditambahkan dalam menu diet agar menjadi lebih lezat. Selain itu beberapa manfaat bawang putih bagi kesehatan adalah sebagai berikut: 

1. Menjadi Pengatur Alami Kadar Gula dan Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Mengkonsumsi bawang putih sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita diabetes, hal ini dikarenakan bawang putih mampu untuk mengatur kadar gula agar tetap normal. Selain itu, bagi penderita hipertensi atau orang dengan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bawamng putih. Hal ini dikarenakan bawang putih mampu untuk menurunkan tekanan darah dan juga adanya kadar kolesterol berkat adanya zat allicin di dalam bawang putih tersebut.

2. Bisa Mengurangi Stress dan Menjaga Kesehatan Jantung 

Kandungan antioksidan di dalam bawang putih mampu untuk mengurangi tekanan dan stress yang dialami. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih nyatanya juga memiliki manfaat pada kesehatan jantung manusia, karena kandungan yang terdapat di dalam bawang putih mampu untuk memberikan perlindungan bagi kesehatan jantung

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Selain untuk kesehatan jantung ternyata bawang putih juga dapat untuk menjaga kesehatan organ pencernaan manusia. Adanya kandungan allicin pada bawang putih mampu untuk mencegah terjadinya infeksi dari bakteri Helikobakter pilori yang biasanya menyerang lambung manusia.

4. Pencegah Kanker

Bawang putih mampu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, oleh karena itu dengan mengkonsumsi bawang putih sangat dianjurkan. Dengan mengkonsumsi bawang putih maka tubuh akan jauh memiliki resiko yang lebih kecil untuk terjangkit penyakit kanker daripada orang yang tidak mengkonsumsi bawang putih.

5. Menjaga Kekebalan Tubuh

Bawang putih mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sehingga tubuh lebih kebal terhadap virus terutama virus yang menyebabkan terjadinya pilek atau flu.  Bagi seseorang yang terbiasa mengkonsumsi bawang putih akan lebih mudah sembuh dari flu daripada mereka yang jarang mengkonsumsi bawang putih

Nah itulah penjelasan mengenai bawang putih bubuk beserta manfaatnya bagi kesehatan manusia. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan untuk konsumsi garlic powder jangan lupa gunakan produk dari Lemonilo ya!

Artikel Terkait

5 Pilihan Ikan yang Baik Dikonsumsi Tubuh, Termasuk Salmon Lho!
Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk menjaga kesehatan otak dan jantung..
Shella Rafiqah Ully
23 September 2020
Lagi Hits! Ini 5 Manfaat Shirataki Bagi Kesehatan
Nasi dan mie shirataki dikenal bisa membantu program diet karena kadar kalorinya yang sangat rendah..
Shella Rafiqah Ully
22 September 2020
Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020