Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Delusi? Yuk Ketahui Jawabannya Secara Lengkap di sini

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
Delusi adalah gangguan mental yang penting diketahui penyebab dan jenis-jenisnya.

Delusi adalah salah satu gangguan mental yang membuat penderitanya tidak mampu membedakan antara kenyataan dan imajinasi. Kondisi ini juga umum dikenal dengan sebutan psikosis. Penderita delusi akan meyakini dan berbuat sesuai dengan apa yang dia pikirkan, serta tidak memiliki kesinambungan antara imajinasi, pemikiran, dan emosi dengan kenyataan yang sebenarnya terjadi di dalam kehidupannya.


Penderita delusi umumnya sering kali mengalami pengalaman yang jauh dari kenyataan dan membuatnya meyakini hal-hal yang tidak sesuai dengan kenyataan. Meskipun terdapat bukti bahwa hal-hal yang diyakininya tidak sama dengan kenyataan, penderita delusi akan bersikukuh mempercayai pendapatannya tersebut.

Penyebab Delusi


Sebenarnya belum diketahui secara pasti apa saja yang menjadi penyebab seseorang mengalami delusi. Namun ada beberapa faktor yang mendorong terjadinya delusi pada seseorang, seperti faktor keturunan, biologis, psikologis, dan lingkungan. Gangguan delusi cenderung terjadi pada seseorang yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami hal serupa atau skizofrenia.


Selain karena faktor keturunan, gangguan delusi juga bisa dipicu karena seseorang mengalami stres, menyalahgunakan obat-obatan, mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan fungsi otak yang tidak bekerja dengan normal.

Apa Perbedaan Delusi dengan Halusinasi?


Delusi dan halusinasi merupakan sebuah hal yang berbeda karena delusi merupakan jenis gangguan mental yang tidak mampu membedakan imajinasi dengan kenyataan. Sedangkan halusinasi merupakan kondisi ketika indra seseorang mengalami sesuatu hal yang tidak nyata, di mana adanya sensasi yang diproses pada otak yang memengaruhi kinerja indra.

Jenis-Jenis Delusi


Delusi dibagi menjadi beberapa jenis karena setiap penderitanya mengalami delusi yang berbeda-beda, biasanya yang paling sering dialami penderita psikosis adalah delusi paranoia. Untuk mengetahui jenis delusi dengan lebih lengkap berikut ini beberapa pembahasan tentang jenis-jenis delusi:

1. Grandiose Delusion (Delusi Keagungan)

Grandiose Delusion membuat penderitanya menganggap bahwa dirinya telah menemukan sesuatu hal yang luar biasa, melakukan sesuatu hal yang menakjubkan, memiliki kemampuan unik yang luar biasa, atau seperti mengagungkan dirinya sendiri. Beberapa kasus menemukan bahwa penderita grandiose delusion menganggap dirinya sebagai seseorang yang terkenal dan menjadi seorang pemimpin dari suatu aliran agama tertentu.

2. Delusi Somatik

Penderita delusi somatik memercayai bahwa dirinya mengalami cacat pada bagian tubuh tertentu atau memercayai bahwa dirinya mengalami gangguan kesehatan tertentu. Penderita delusi jenis ini juga kerap kali bisa merasakan disfungsi fisik tertentu meskipun pada kenyataannya dirinya tidak mengalami gangguan kesehatan.

3. Erotomanic Delusion (Delusi Erotomanik)

Orang yang mengalami erotomanic delusion atau delusi erotomanik akan merasa dirinya disukai atau dicintai oleh seseorang. Umumnya orang yang memiliki kedudukan penting atau orang yang memiliki ketenaran menjadi objek orang yang mengalami delusi erotomanik.


Penderita jenis delusi ini akan berusaha mendekati atau menjalin hubungan dengan orang yang dianggapnya menyukai dirinya tersebut. Bahkan penderita delusi erotomanik tidak segan mengikuti atau menguntit orang yang dianggapnya menyukai dirinya secara diam-diam.

4. Persecutory Delusion (Delusi Paranoia)

Jenis delusi paranoia akan membuat penderitanya menganggap bahwa dirinya tidak diperlakukan dengan baik dan benar, merasa seperti sedang diintai atau diikuti seseorang, atau merasa akan ada seseorang yang sedang berencana melukai atau mencelakainya. Penderita delusi paranoia akan merasa cemas dan ketakutan serta tidak memercayai orang-orang di sekitarnya, biasanya penderita delusi paranoia akan lebih suka menyendiri atau mengisolasi dirinya.


Psikosis atau delusi adalah gangguan mental yang cukup serius jika tidak segera ditangani. Beberapa jenis delusi tersebut dapat ditangani dengan psikoterapi dan obat. Dibutuhkan pendampingan yang serius dengan dokter kesehatan mental atau psikiater agar penderita delusi bisa menangani kondisinya.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.