Apa itu Essential Oil, Bagaimana Cara kerjanya dan Fungsinya?

06 Jun 2020 @ 13:53:26
Essential Oil adalah minyak alami yang diekstrak dari satu jenis tanaman tertentu, biasanya minyak ini didapatkan dari akar, batang, daun, bunga dan buah-buahan. Minyak esensial atau minyak atsiri sendiri biasanya digunakan sebagai aromaterapi yang dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Essential oil menjadi jenis minyak alami yang digunakan sepanjang sejarah sebagai obat dan juga terapi kesehatan. Umumnya, minyak ini digunakan sebagai aromaterapi yang dihirup agar menimbulkan rasa menenangkan. Selain itu, minyak esensial yang dioleskan di tubuh dipercaya mempunyai banyak manfaat, seperti menghangatkan tubuh, membantu menyembuhkan infeksi bakteri gatal, dan menangkis akibat serangan serangga.

Minyak ini bekerja dengan menstimulasi otak pada manusia lewat rangsangan indera penciuman. Selain itu jenis minyak ini juga memiliki efek mengobati ketika menggosokkannya pada kulit yang sedang luka atau sedang memar. Berikut ini adalah fungsi dari minyak esensial:

1. Bisa Membantu Untuk Tidur Lebih Lelap



Insomnia atau susah tidur bisa dialami oleh beberapa orang. Kurangnya tidur membuat tubuh tidak fit dan tidak produktif di pagi harinya. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan oleh sebagian orang agar dapat melakukan tidur nyenyak. Seperti mencium wewangian aromaterapi, menghangatkan tubuhnya, atau mungkin mandi terlebih dahulu. Kandungan yang terdapat di dalam minyak esensial dipercaya bisa membantu tidur lebih lelap. Aromaterapi yang ada di dalamnya juga merilekskan sehingga membuat tidur nyenyak.

2. Mengatasi Sakit Kepala dan Migrain



Mengoleskan minyak esensial peppermint dan campuran etanol pada pelipis maupun dahi dapat meredakan nyeri atau sakit kepala, hal ini diungkapkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1990 an. Selain itu, bangsa Persia juga percaya bahwa dengan mengoleskan campuran chamomile dan minyak wijen ke pelipis dapat mengobati sakit kepala maupun migran. Akan tetapi, masih diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk membenarkan ungkapan demikian.

3. Bisa Meningkatkan Mood



Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa mencium rosemary dapat meningkatkan daya ingat hingga 75%. Sedangkan peppermint dapat mengembalikan daya ingat atau daya fokus seseorang. Salah satu penelitian juga mengungkapkan bahwa peppermint, basil dan helichrysum dapat memulihkan kelelahan dan kepenatan. Jika mood kamu sedang hilang saat kerja atau banyak tugas yang menumpuk, maka pilihan minyak esensial ini bisa kamu aplikasikan agar mood kamu dapat kembali meningkat. 

4. Mengembalikan Energi dengan Cepat 



Secangkir kopi untuk mengembalikan sinergi dapat digantikan dengan menghirup minyak esensial yang beraromakan citrus dan peppermint. Citrus diyakini dapat meningkatkan mood dan energi seseorang, meredakan ketegangan yang dipicu dalam kecemasan, stress. Sedangkan peppermint dapat menaikkan performa olahraga seseorang. 

5. Merawat Inflamasi dan Rasa Sakit Pada Tubuh 



Essential oil ternyata juga bermanfaat untuk kulit dan wajah loh! Mulai dari tea tree oil untuk menghilangkan jerawat dan iritasi terhadap sinar uv atau sinar matahari, peppermint  atau chamomile untuk meredakan inflamasi otot, atau eucalyptus atau lemon untuk menyembuhkan sakit tenggorokan pada manusia. Oleh karena itu minyak esensial ini sangat banyak dicari. 

Itulah penjelasan lengkap seputar essential oil, cara kerja, dan juga fungsinya untuk kesehatan tubuh. Banyak sekali jenis minyak esensial yang juga mudah ditemukan dipasaran dengan berbagai bahan dasar dan juga aroma yang beraneka ragam. Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, jangan ragu untuk menggunakan jenis minyak ini ya! 

Artikel Terkait

Inilah 7 Manfaat Daun Sirih, Cegah dan Sembuhkan Pneumonia
Tahukah kamu? Ternyata ada banyak sekali manfaat daun sirih, termasuk untuk penyakit pneumonia..
Rizki Indra
17 September 2020
Ngobrol Bareng Raffi Ahmad, Daniel Mananta Bongkar Rahasia Gaya Hidup Sehat
Setiap hari Daniel bangun pukul 4 pagi dan menyempatkan waktu 1-1,5 jam untuk olahraga lari..
Shella Rafiqah Ully
16 September 2020
Benarkah Mandi di Malam Hari Berbahaya Bagi Kesehatan?
Mitosnya mandi malam di hari bisa menyebabkan rematik dan masuk angin, benarkah?..
dr. Alvin Wijaya
08 September 2020