Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Mindfulness? Simak Pengertiannya Berikut Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
25 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Mindfulness adalah cara ampuh untuk menangani stres berlebihan.

Istilah mindfulness belakangan tengah populer dibahas. Bagi pecinta yoga atau meditasi, tentu tak asing lagi dengan istilah ini. Mindfulness adalah metode yang sering digunakan untuk meredakan stres hingga gangguan kecemasan atau gelisah. Meski demikian, tidak semua orang mengetahui apa itu mindfulness.


Mindfulness adalah suatu bentuk meditasi bisa kamu lakukan dengan cara mengatur pernapasan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk menenangkan tubuh, pikiran, dan mengurangi stres. Ketika melakukan mindfulness harus memusatkan perhatiannya pada emosi dan perasaan yang sedang dirasakan dan terjadi saat itu dengan melibatkan kesadaran serta berlatih menerima tanpa melawan.


Penerapan mindfulness sering digunakan untuk menenangkan pikiran dengan konsep fokus untuk hidup di saat itu, tanpa khawatir berlebihan akan masa depan, dan tanpa memikirkan yang sudah lewat.


Pada dasarnya, mindfulness memungkinkan untuk menangkap energi negatif yang dirasakan ketika sedang bereaksi dan menggumpal di pikiran. Sebelum menjadi badai dan menjerumuskanmu, mindfulness sudah mengatasinya. Misalnya, tiba-tiba kamu mempertanyakan segala hal tentang keluargamu, seperti,“Apa jadinya ya kalau aku lahir di keluarga yang lain? Apakah masa depanku akan lebih baik daripada keadaan sekarang?"


Saat mulai berpikir seperti ini, teknik meditasi mindfulness akan membantu menyadarkan kamu bahwa pemikiran itu bisa saja memang benar, tapi tidak perlu sampai membuat kamu jadi menghakimi diri sendiri. Padahal, urusan itu bukanlah hal yang bisa kamu atur karena berada diluar kendali sebagai manusia. Fokuslah pada apa yang sekarang terjadi dan hiduplah di momen ini tanpa mengkhawatirkan yang lain.

Cara Melakukan Mindfulness

Ada beberapa cara agar kamu bisa melakukan kegiatan mindfulness. Inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1. Perhatian Penuh


Cobalah luangkan waktu untuk memperhatikan diri sendiri secara total. Berikan perhatian pada tubuh dari indra sentuhan, suara, penglihatan, penciuman, hingga rasa.

2. Atur Pernapasan


Hampir sama dengan meditasi, mindfulness juga menggunakan atur pernapasan sebagai metodenya Ketika memiliki pikiran negatif, cobalah duduk, tarik napas dalam-dalam lewat hidung, dan pejamkan mata. Fokus pada napas, rasakan dari aliran darah kaki hingga kepala, hitung sampai sepuluh  dan hembuskan lewat mulut secara perlahan. Lakukan secara berulang sampai merasa lebih rileks.

3. Terima Diri Sendiri


Untuk menerima diri sendiri adalah memaafkan dan perlakukan diri sendiri sebagaimana memperlakukan sahabat baik. Cobalah untuk memberikan perhatian penuh, terbuka terhadap semua hal dan menerima pada segala sesuatu yang telah dilakukan meskipun mengecewakan. Cintailah diri sendiri agar kamu bisa memperoleh ketenangan diri yang maksimal.

4. Berjalan Kaki


Pergilah ke tempat yang tenang sepanjang 500 meter dan mulailah berjalan perlahan. Fokus pada cara berjalan, waspadai berbagai gangguan yang dapat memengaruhi keseimbangan tubuh.


Ketika berhasil mencapai ujung jalan, berbelok dan lanjutkan berjalan, pertahankan kesadaran akan perasaan dalam diri. Kemudian fokus pada keadaan di sekitar, gunakan seluruh panca indera untuk mengamati dan merasakan kondisi tersebut. Setelah itu, fokuskan diri pada emosi yang sedang dirasakan. Kenali bagaimana emosi itu bisa muncul dan terimalah apa pun yang menyebabkan emosi itu keluar.


Dari informasi ini, bisa disimpulkan bahwa mindfulness adalah cara untuk mencintai diri sendiri dan melenyapkan segala kegelisahan yang dirasakan. Kamu bisa melakukan metode ini setiap hari agar terwujudnya kesehatan mental yang optimal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.