Apa itu Penyakit Jantung Koroner? 7 Pola Makan bantu Sehatkan Jantung

06 Jun 2020 @ 14:45:54
Jantung Koroner adalah sebuah penyakit dimana pembuluh arteri koroner tersumbat oleh timbunan lemak yang dapat menumpuk dan akan membuat arteri menyempit sehingga membuat aliran darah ke jantung berkurang. Berkurangnya aliran darah ke jantung ini akan membuat sesak nafas, bahkan bisa menimbulkan serangan jantung dan kematian. Untuk mencegah kondisi yang demikian, bisa dimulai dengan mengubah pola makanan sehat yang dapat menyehatkan jantung.

1. Konsumsi Kacang-kacangan Secara Teratur 



Pola makan bagi penderita jantung koroner yang pertama dapat dimulai dari memperbanyak asupan kacang-kacangan. Hal ini disebabkan kacang-kacangan mengandung zat fitonutrien yang dibutuhkan oleh tubuh. Sehingga bagus dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung. 

2. Mulai untuk Mengkonsumsi Berbagai Jenis Biji-bijian



Selain kacang-kacangan, biji-bijian juga dapat menyehatkan jantung. Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan jagung yang dikonsumsi dengan kandungan utama karbohidrat mampu menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan juga obesitas. Hal ini karena pada biji-bijian mengandung serat, antioksidan, vitamin B, dan mineral seperti zinc, besi, dan magnesium.

3. Perbanyak Konsumsi Buah Anggur



Buah anggur dipercaya dapat mencegah penyakit jantung dan hipertensi. Hal ini karena kandungan flavonoid di dalamnya baik untuk mencegah kerusakan pada jantung. Selain itu, anggur juga mengandung resveratrol yang bertindak sebagai antioksidan dan bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah, sehingga meminimalisir penyakit jantung.

4. Konsumsi Ikan Salmon untuk Mendapatkan Zat Omega 3 



Kandungan omega 3 yang ada di dalam ikan salmon sangat bagus untuk kesehatan jantung. Hal ini karena kandungan omega 3 dalam ikan salmon mampu menurunkan resiko aritmia (gangguan jantung) dan dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, omega 3 juga dapat mencegah peradangan dan menurunkan trigliserida. Asosiasi jantung merekomendasikan makan ikan sebaiknya dua kali dalam seminggu. Hal ini agar dapat menyehatkan jantung dan tubuh.

5. Perbanyak Konsumsi Sayuran Hijau dan Buah Seperti Alpukat 



Kandungan serat, karotenoid, fitokimia, magnesium, folat, potasium, dan kalium yang ada di dalam sayuran hijau sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Karotenoid yang terdapat di dalamnya juga dapat membantu menurunkan risiko serangan jantung, maupun jantung koroner.

Selain itu, akan sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat. Buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Tidak hanya bermanfaat untuk pengidap jantung saja, pasalnya buah ini juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Seperti halnya kandungan 4,7 gram kalium yang bisa menurunkan tekanan darah dan meminimalisir serangan stroke.

6. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat Seperti Oatmeal



Pola makan untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah oatmeal. Kandungan serat oatmeal dapat menurunkan kolesterol dan membantu menjaga kadar gula dalam darah. Selain itu, oatmeal juga mampu menyehatkan jantung dengan menurunkan kolesterol jahat (LDL) sehingga menurunkan risiko penyakit jantung.

7. Ganti Penggunaan Minyak dengan Minyak Sehat Seperti Minyak Zaitun



Makanan untuk kesehatan jantung selanjutnya adalah minyak zaitun. Kandungan lemak sehat dan kaya antioksidan yang terdapat di dalamnya dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, minyak zaitun juga dapat melindungi melindungi pembuluh darah dari timbulnya plak-plak yang dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga mampu menurunkan kolesterol jahat dan melancarkan peredaran darah.

Itulah ketujuh pola makan yang bisa mencegah penyakit jantung koroner. Selain mengonsumsi makanan yang sehat sesuai dengan porsi, pola hidup sehat dan juga berolahraga secara rutin juga mampu meningkatkan kinerja jantung. 


Artikel Terkait

Ini 7 Manfaat Daun Pepaya Salah Satunya Bisa Menyembuhkan Malaria
Meski memiliki rasa yang pahit, nyatanya jika diolah dengan benar ada banyak sekali manfaat daun pepaya untuk kesehatan..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah Fakta 6 Manfaat Daun Bidara Yang Harus Diketahui
Inilah berbagai manfaat daun bidara yang harus kamu tahu untuk kecantikan dan kesehatan tubuh..
Rizki Indra
17 September 2020
Inilah 7 Manfaat Daun Binahong, Salah Satunya Percepat Penyembuhan Luka
Ada banyak sekali manfaat daun binahong untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk menyembuhkan luka..
Rizki Indra
17 September 2020