Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Phobia Ulat? Kenali Secara Lebih Dalam Di Sini

Rizki Indra
Rizki Indra
05 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Phobia ulat jadi salah satu phobia dialami banyak orang.

Seseorang yang mengalami gangguan phobia akan merasakan gejala ketakutan yang sangat berlebih dan kadang juga tidak masuk akal pada suatu objek ataupun kondisi tertentu. Salah satunya yaitu phobia ulat. Rasa takut akan hewan kecil satu ini membuat seseorang akan mulai merasakan panik saat melihat ulat.


Karena rasa takut itu, tubuh akan memberikan umpan balik negatif yang berlebihan terhadap kondisi tersebut. Padahal sebenarnya juga tidak berbahaya seperti yang ada di pikiran kamu. Nah, agar kamu lebih paham mengenai phobia ulat ini, simak penjelasan berikut.

Apa Itu Phobia Ulat?


Phobia ulat merupakan rasa takut berlebihan yang dialami seseorang saat ia melihat ulat baik secara langsung ataupun tidak langsung. Bahkan kadang ketakutan yang sangat berlebihan bisa menimbulkan depresi, rasa cemas terus menerus, dan kepanikan yang sangat parah.


Dari kebanyakan penderita phobia yang ditemui, mereka memiliki rasa takut yang tidak beralasan sama sekali. Namun mereka akan lebih memilih untuk menghindarinya dibanding mengendalikan kondisi tersebut. Phobia ulat termasuk ke dalam jenis phobia spesifik. Tidak hanya terfokus pada ulat saja tetapi juga hewan lainnya seperti laba-laba ataupun ular.

Faktor Risiko


Ada bermacam-macam faktor risiko yang bisa menyebabkan seseorang terkena phobia ulat ini. Berikut penjelasan lengkapnya.

  • Riwayat keluarga.
  • Cedera psikologis.
  • Karakteristik diri.
  • Usia.
  • Mendengar informasi yang menakutkan terkait objek phobia.

Gejala Phobia

Sebenarnya untuk phobia sendiri tidak hanya diawali dengan rasa takut berlebihan saja. Akan tetapi ia juga akan memengaruhi kondisi fisik kamu. Adapun beberapa gejala fisik yang akan dialami oleh penderita phobia tersebut antara lain:

  • Bingung.
  • Pusing dan sakit kepala.
  • Sesak nafas.
  • Dada terasa nyeri dan kadang sesak.
  • Detak jantung mulai meningkat.
  • Telinga berdengung.
  • Tubuh berkeringat dan gemetar.
  • Sensasi dingin dan selalu ingin buang air kecil.
  • Bibir terasa kering.

Cara Mengatasi Phobia Ulat


Jika kamu saat ini sedang menderita phobia ulat ataupun ada orang sekitar yang sedang mengidap gangguan ini, maka akan disarankan bagi kamu untuk melakukan hal-hal berikut ini agar phobia bisa diatasi secepatnya:

1. Hadapi Secara Langsung

Kamu harus menghadapi objek phobia tersebut secara langsung. Jangan biarkan diri kamu selalu merasakan ketakutan. Namun jika sudah tidak sanggup, maka kamu bisa hentikan dan ulangi lagi esok hari. Cara ini harus kamu lakukan terus menerus sampai rasa takut sepenuhnya hilang terhadap ulat.

2. Coba Terapi Biofeedback

Salah satu terapi untuk phobia ulat adalah melalui biofeedback therapy. Melansir dari laman Mayo Clinic, terapi ini akan dilakukan oleh seorang dokter, di mana akan dipasang elektroda ke kulit. Lalu detak jantung, aktivitas otot, serta frekuensi nafas akan terbaca pada monitor. Terapi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin melihat respon tubuh saat stres berlangsung. Dengan adanya terapi ini, maka diharapkan penderita akan lebih bisa mengontrol rasa takutnya tersebut.

3. Mulailah untuk Mempelajari Objek yang Ditakuti

Dengan mempelajari objek yang kamu takuti tentu akan membantu rasa takut tersebut lebih berkurang. Misalnya ketika kamu mengalami phobia ulat, maka bacalah semua tentang ulat. Kenapa kakinya berjumlah seribu dan bentuk badannya lunak serta alasan lainnya. Semakin kamu mengetahui lebih banyak informasi tentang ulat maka ini akan mengurasi rasa phobia kamu.


Memiliki phobia ulat memanglah hal yang tidak menyenangkan dan hanya akan membuat hidup kamu menjadi lebih terbatas untuk beraktivitas. Oleh karena itu, segeralah atasi phobia ulat tersebut dengan 3 langkah di atas serta hindari penyebab phobia ini selama terapi berlangsung.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.