Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Keluarga

Apa Itu Pola Asuh Otoritatif? Simak Penjelasan Berikut Ini

Rizki Indra
Rizki Indra
16 Nov 2021
Clock Icon
3 menit
Pola asuh otoritatif harus dilakukan dengan baik dan benar.

Benarkah pola asuh otoritatif membuat anak lebih mampu mengelola emosinya? Untuk menjawabnya, Moms perlu pemahaman lebih lanjut. Meskipun setiap orang tua berhak menentukan pola asuh yang paling sesuai menurut mereka, sebaiknya pahami terlebih dahulu kekurangan, kelebihan, dan dampaknya terhadap anak.

Pengertian Pengasuhan Otoritatif

Pola asuh dengan metode otoritatif ini lebih demokratis, yakni memberikan kesempatan kepada si kecil untuk menyampaikan pendapat. Meskipun demikian, orang tua tetap memberikan bimbingan, arahan, maupun menerapkan aturan dan batasan yang tegas.


Pada pola asuh ini, orang tua menempatkan dirinya sejajar dengan si kecil dan mengedepankan musyawarah dalam menghadapi segala hal. Contohnya, saat anak berbuat kesalahan, alih-alih langsung memarahi, orang tua justru menghadapinya dengan lebih bijaksana. Mereka mengizinkan anak menyampaikan alasannya.


Perlu diingat bahwa hal ini bukan berarti permisif. Orang tua tetap akan memberikan teguran dan menetapkan disiplin apabila si kecil memang berbuat kesalahan. Hanya saja pendekatannya lebih pada memastikan bahwa anak memahami kesalahannya, sehingga hal ini tidak berulang.

Dampak Authoritative Parenting

Setiap pola asuh, pasti memiliki dampak positif atau negatif pada anak. Namun, sejauh ini, penerapan pengasuhan otoritatif lebih mampu mendukung perkembangan anak secara positif, sesuai dengan usianya. Berikut ini beberapa dampak penerapan pola asuh secara otoritatif terhadap anak:

1. Emosinya Lebih Stabil


Anak dengan pengasuhan jenis ini, memiliki emosi yang lebih stabil dan berkembang baik. Hal ini karena Lemoparents lebih terbuka dalam mendengarkan alasan, pendapat, maupun keluh kesahnya. Anak akan tetap bereaksi terhadap emosinya, seperti menangis atau marah, tetapi tidak secara berlebihan, bahkan hingga tantrum.


Nantinya, pada lingkungan sosial yang lebih besar, anak-anak ini akan mampu mengelola emosinya. Mereka bisa memberikan reaksi yang tepat ketika menghadapi situasi apapun. Orang tua sudah melatihnya untuk berpendapat dan mengambil keputusan yang baik.

2. Mampu Menghargai Orang Lain


Anak-anak dengan pengasuhan authoritative mampu menghargai orang lain, karena Lemoparents juga menghargai mereka. Contoh dari orang tuanya ini menjadi bekal dalam menghadapi orang lain. Memang, memberikan contoh lebih baik daripada sekadar menerapkan aturan yang kadang justru bersifat otoriter.

3. Mengembangkan Rasa Tanggung Jawab dan Sifat Leadership


Pengasuhan authoritative ini bukan berarti memberikan kebebasan penuh kepada anak. Orang tua tetap menerapkan aturan dan batasan. Bahkan, perlu menyampaikan konsekuensi dari suatu pelanggaran. Hal ini melatih rasa tanggung jawab anak. Mereka terbiasa mengambil keputusan sendiri dengan mempertimbangkan konsekuensinya.


Ketika anak terlatih bertanggung jawab dan bisa mengambil keputusan, ia akan mengembangkan sikap kepemimpinan. Anak-anak dengan pengasuhan ini menjadi lebih mampu mengatur dan memberikan panduan ataupun solusi kepada orang lain. Si kecil tidak ragu mengambil tanggung jawab untuk menjadi pemimpin suatu kelompok.

4. Anak Lebih Mandiri


Apabila sang ayah dan ibu sepakat untuk kompak menerapkan pola asuh ini, anak akan lebih mandiri, bahkan sejak usia dini. Sikap orang tua yang hangat, memberikan teladan, dan mengizinkan menyampaikan pendapat, mendorong anak untuk tidak selalu bergantung kepada orang dewasa.

5. Sifat Anak Lebih Positif

Anak merasa bahwa orang tuanya menghargai, menyayangi, membimbing, dan selalu ada untuknya. Hal ini membuat rasa percaya dirinya muncul. Selain itu, mereka tampil lebih ceria, ramah, ekspresif dan lebih energik. Sikap positif ini akan membuatnya nyaman pada lingkungan apa pun.


Kesimpulannya, pola asuh otoritatif memang bisa membuat anak lebih mampu mengelola emosinya dengan baik. Namun, penerapan pola asuh jenis ini memang tidak mudah. Perlu kesabaran, kekompakan orang tua, dan kemampuan untuk memberikan contoh yang baik.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.