Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu PTSD? Simak Penjelasan Lebih Lengkapnya di sini

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Sep 2021
Clock Icon
3 menit
PTSD adalah gangguan kecemasan yang penting diketahui sejak dini.

PTSD adalah kepanjangan dari Post Traumatic Stress Disorder. Kondisi ini disebut juga dengan gangguan stres pasca trauma yang terjadi setelah seseorang mengalami peristiwa traumatis, baik dialaminya sendiri maupun melihat kejadian yang tidak menyenangkan. PTSD termasuk gangguan kecemasan yang dipicu karena penderitanya teringat akan kejadian yang tidak mengenakkan tersebut.


Kejadian yang membuat seseorang mengalami PTSD di antaranya seperti peristiwa kecelakaan, pelecehan seksual, korban perang, penculikan, dan lain-lain. Mengalami kejadian yang traumatis memang bukan sesuatu hal yang mudah untuk mengatasinya. Oleh karena itu, penderita PTSD membutuhkan perawatan dan pendampingan. Pengobatan yang biasanya digunakan untuk mengatasi PTSD yakni dengan melakukan psikoterapi dan pemberian obat-obatan.


Gejala PTSD akan muncul setelah beberapa bulan atau beberapa tahun setelah penderitanya mengalami peristiwa yang traumatis. Tidak semua penderita PTSD memiliki tingkat keparahan yang sama, durasi gejala yang dialami pun juga berbeda-beda. Berikut ini beberapa gejala-gejala yang menunjukkan seseorang mengidap PTSD:

1. Sering Teringat Kejadian Traumatis


Setiap penderita PTSD biasanya sering kali mengingat kejadian yang tidak mengenakkan yang mereka alami. Bahkan dalam beberapa kasus, ada yang merasa seakan kembali mengalami kejadian tersebut. Ingatan tentang kejadian traumatis juga kerap kali muncul dalam mimpi sehingga membuat penderita PTSD mengalami tekanan secara batin. Tidak hanya itu penderita PTSD juga kerap kali sulit berkonsentrasi dan juga mengalami masalah gangguan tidur.

2. Menghindari Hal-hal yang Berhubungan dengan Kejadian Traumatis


Umumnya penderita PTSD cenderung enggan membicarakan atau memikirkan kejadian yang membuat dirinya trauma. Salah satu contohnya yaitu menghindari kegiatan, lokasi, dan orang-orang yang berhubungan dengan kejadian traumatis yang dialami.

3. Memiliki Perasaan Negatif dan Mudah Putus Asa


Tidak hanya menghindari hal-hal yang berkaitan dengan kejadian yang membuatnya trauma, penderita PTSD juga memiliki perasaan yang negatif dan mudah putus asa. Mereka cenderung menyalahkan orang lain atau dirinya sendiri terkait dengan kejadian yang dialaminya. Tidak hanya itu, penderita PTSD juga lebih suka menyendiri dan sulit menyalin komunikasi serta  hubungan dengan orang lain.

4. Terjadi Perubahan Perilaku dan Emosi


Gejala seseorang menderita PTSD selanjutnya adalah terjadinya perubahan perilaku dan emosi, di mana mereka cenderung sering kali merasa takut atau marah. Walaupun tidak dipicu oleh ingatan tentang kejadian traumatis yang dialaminya. Perubahan perilaku yang dialami penderita PTSD bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain di sekitarnya.


Bagaimana Cara Mengatasi PTSD?


PTSD dapat dialami siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, perempuan atau laki-laki. Tapi terdapat gejala-gejala khusus diantaranya mereka kerap kali melakukan reka ulang kejadian traumatis tersebut melalui sebuah permainan. Anak-anak yang menderita PTSD juga sering mengalami mimpi buruk yang tidak secara langsung maupun secara langsung berhubungan dengan kejadian yang membuat sang anak trauma.


Langkah pertama untuk menanganinya bisa dengan berkonsultasi dengan psikiater terutama saat mengalami gejala-gejala di atas lebih dari satu bulan hingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Berkonsultasi dengan psikiater dapat mencegah penderita PTSD menyakiti dirinya sendiri dan juga orang-orang di sekitarnya. Biasanya penderita PTSD akan diberikan psikoterapi dan obat-obatan untuk membantu menghilangkan ingatan-ingatan buruk tentang kejadian tersebut.


Jenis psikoterapi yang umumnya digunakan untuk mengatasi PTSD di antaranya adalah terapi perilaku kognitif, terapi eksposur, dan EMDR (eye movement desensitization anda reprocessing). Serta obat-obatan yang direkomendasikan oleh para ahli.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.