Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Skizotipal? Kenali Secara Mendalam di sini

Rizki Indra
Rizki Indra
22 Nov 2021
Clock Icon
4 menit
Skizotipal adalah salah satu gangguan kepribadian yang penting diketahui.

Banyak masyarakat umum yang masih kurang mengenal tentang skizotipal, padahal bisa saja gangguan ini terjadi pada orang-orang sekitar. Akibat tidak memahaminya dengan baik, maka akan dianggap normal-normal saja. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali dan mengetahui hal ini lebih baik, khususnya gejala-gejala umum yang biasa terjadi. Sebab, gangguan kepribadian ini ciri-cirinya sering kali terabaikan, sehingga akan terus berkelanjutan.

Apa Itu Skizotipal?


Gangguan kepribadian ini bisa membuat penderitanya kesulitan menjalin hubungan dengan orang lain, meski hanya sebatas teman atau sahabat. Hal itu karena kepribadian yang menentukan cara pandang kepada orang lain sudah terganggu.


Jadi, sering kali berpikiran yang tidak semestinya, sehingga takut untuk terlalu dekat dengan orang lain. Cara berpikir penderita ini juga terkadang sedikit aneh dan berbeda dari biasanya.


Penderita gangguan kepribadian ini sangat percaya dengan takhayul dan hal-hal mistis. Setiap kejadian yang menurut orang lain wajar, penderita tersebut menganggap tidak wajar. Selain itu, juga akan selalu dikaitkan dengan mitos-mitos tertentu.


Jika dibiarkan secara terjadi terus-menerus, maka akan sangat menyiksa dan semakin sulit untuk keluar dari pemikiran tersebut. Faktor kekerasan di masa kecil kemungkinan bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Gejala-gejala yang Umum Terjadi


Setiap orang perlu mengetahui gejala dari gangguan kepribadian ini. Tujuannya untuk mengantisipasi adanya gangguan secara berkelanjutan pada diri sendiri maupun orang lain.

1. Memiliki Kepercayaan Kuat Terhadap Hal Magis

Hal magis atau mistis memang benar adanya. Namun, jika semua dikaitkan dengannya, maka perlu dipertanyakan. Ada kemungkinan, orang tersebut menderita gangguan kepribadian.


Kebiasaannya yang selalu mengarah pada hal-hal mistis membuat orang ini sering mengalami halusinasi. Dalam jangka waktu tertentu, ia akan semakin sulit membedakan nyata maupun khayalan.

2. Tidak Nyaman pada Situasi Sosial

Penderita gangguan kepribadian ini sulit berada di tempat yang banyak orang. Dirinya seakan-akan merasa terancam dengan keberadaan orang lain tersebut. Jadi, tidak heran jika penderita gangguan ini lebih suka menyendiri.

3. Memiliki Sedikit Teman

Ketidaknyamanan pada situasi sosial, membuat penderita gangguan kepribadian ini akan sulit memperoleh teman. Jika penderitanya berusia remaja, maka akan lebih suka dengan kegiatan seorang diri.


Penderita ini cenderung hanya dekat dengan keluarga yang tinggal satu atap dengannya saja. Sedikit berbeda dengan anak-anak yang cenderung mengalami kesulitan belajar di sekolah.


Hal ini bisa semakin parah, jika ada teman-teman yang sering mem-bully, karena lebih suka menyendiri dan tidak mau berinteraksi. Bukan tidak mungkin, kondisi seperti ini akan terus berlanjut hingga ia dewasa.

4. Cara Bicaranya Aneh

Gejala lainnya dari gangguan ini adalah sering berbicara aneh. Entah itu perkataannya tidak jelas, melantur, atau menggunakan pola yang tidak biasa. Terkadang, ia juga sering mengoceh di luar topik pembicaraan.

5. Cara Berpakaian yang Aneh

Ternyata, bukan hanya pada gaya bicaranya saja yang aneh. Penderita kepribadian ini juga memiliki gaya berpakaian yang cenderung aneh dan tidak biasa. Misalnya, menggunakan baju asal-asalan atau tidak matching antara bagian atas dan bawahnya.


Jika menemukan orang berpenampilan seperti itu, kemungkinan mengalami gangguan kepribadian. Namun, tidak semua dengan penampilan asal-asalan bisa diklaim menderita gangguan. Jadi, tetap harus melihat gejala lainnya sebelum membuat kesimpulan.

6. Sering Curiga pada Orang Lain

Kecemasan tingkat tinggi pada penderita gangguan ini, membuatnya sulit percaya kepada orang lain. Dengan begitu, kecurigaannya lebih besar, sehingga sulit membangun hubungan.


Tidak terlalu percaya dengan orang lain memang hal yang wajar untuk mengantisipasi adanya pengkhianatan. Namun, jika tidak percaya dan sikap curiga melebihi batas wajar dan tidak pada orang semestinya. Kemungkinan orang tersebut menderita gangguan kepribadian skizotipal.


Itulah informasi tentang skizotipal. Skizotipal merupakan gangguan kepribadian yang membuat penderitanya sulit berinteraksi dengan orang lain serta memiliki kepercayaan kuat terhadap hal magis. Jika kamu atau orang sekitarmu mengalami kondisi ini, maka langkah terbaik yang bisa kamu ambil adalah berkonsultasi dengan dokter atau psikiater. Dengan begitu, bisa didapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi kondisi skizotipal.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.