Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Tips Wirausaha

Apa Itu SWOT? Mari Pahami untuk Kemajuan Usaha Kamu!

Rizki Indra
Rizki Indra
19 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
SWOT adalah solusi untuk usaha yang penting dipelajari pengusaha pemula.

SWOT adalah sebuah strategi yang mencakup solusi dari berbagai macam persoalan yang ada dalam perusahaan. Penggunaan analisis SWOT dianggap efektif untuk perencanaan perusahaan karena mengombinasikan beberapa aspek seperti Strength, Weakness, Opportunities, dan juga Threats. Dalam proses analisisnya, ada 2 (dua) faktor yang berperan penting, yaitu internal dan eksternal. Inilah penjelasan lengkapnya:

1. Faktor Internal SWOT

Faktor internal dalam analisis SWOT adalah Strength (kekuatan) dan Weakness (kelemahan). Strength (kekuatan) dapat berupa kualitas dari perusahaan tersebut. Dengan adanya kualitas ini, maka akan membantu perusahaan dalam mewujudkan visi misi dan juga mempertahankan legal standing-nya. Kekuatan internal perusahaan mencakup sumber daya manusia, keuangan dan finansial, bahan baku, dan juga pelayanan ataupun hasil produksi.


Kemudian untuk Weakness (kelemahan) merupakan sesuatu yang menghambat keberjalanan perusahaan sehingga tidak optimal dalam mencapai visi misinya. Ketika sudah menyadari adanya kelemahan, maka perusahaan harus bergegas untuk memperbaikinya agar tidak terjadi kegagalan dalam keberjalanan. Weakness (kelemahan) perusahaan mencakup penyusutan mesin, pengambilan keputusan yang buruk, penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang buruk, ataupun fasilitas pengembangan dan penelitian yang kurang memadai.

2. Faktor Eksternal SWOT

Faktor eksternal dalam analisis SWOT dapat berupa Opportunity (kesempatan) dan juga Threat (ancaman). Perusahaan yang baik harus mampu mengenali kesempatan hingga akhirnya bisa dijadikan peluang. Kesempatan dapat muncul dari kondisi lingkungan sekitar. Oleh karena itu, dianjurkan bagi perusahaan untuk peka terhadap lingkungan maupun sosial, sehingga mereka benar-benar mengenali apa saja yang sedang dibutuhkan oleh calon pelanggannya.


Kemudian untuk Threat (ancaman) dapat dikenali apabila ada sesuatu hal yang dapat membahayakan keberjalanan perusahaan seperti misalnya persaingan dengan kompetitor, kemajuan teknologi yang mengharuskan untuk terus mengikuti perkembangan zaman, dan juga perang harga.

Contoh Analisis SWOT


Analisis SWOT yang digunakan di sini mengibaratkan sebuah usaha berupa Coffee Shop.

1. Strength (Kekuatan)

  • Coffee Shop memiliki letak yang strategis di mana berada di dekat kampus. Sehingga hal ini akan meningkatkan penjualan karena banyak mahasiswa atau anak muda yang berkunjung.
  • Coffee Shop memiliki tempat yang nyaman karena terdapat fasilitas berupa WiFi, ruangan indoor dan outdoor, dan juga live music.
  • Coffee Shop memiliki barista yang ramah sehingga pelanggan akan betah berada di sana.
  • Coffee Shop buka 24 jam sehingga apabila ada pelanggan yang sewaktu-waktu ingin berkunjung bisa memiliki akses yang besar.
  • Coffee Shop didesain dengan harga yang murah sehingga semua lapisan masyarakat dapat menjangkau.

2. Weakness (Kelemahan)

  • Memiliki kelemahan dalam hal modal.
  • Pemerataan kemampuan barista yang masih kurang.

3. Opportunity (Kesempatan)

  • Usaha yang dijalankan selaras dengan tren anak muda zaman sekarang, sehingga berpeluang untuk memperoleh banyak pelanggan.
  • Banyak mahasiswa yang melek tren melamar kerja part time di coffee shop sehingga memperkaya SDM yang ada.

4. Threat (Ancaman)

  • Banyak kompetitor berada di bidang yang sama.
  • Berbagai macam interior harus update.
  • Manajemen bahan baku yang rumit.
  • Menu yang berada di daftar harus selalu ready.

Langkah Merancang Analisis SWOT


Dalam merancang analisis SWOT, perlu dilakukan langkah yang tepat dan runtut, yakni. Pertama, menentukan tujuan analisis SWOT. Kedua, melakukan penelitian terhadap bisnis yang akan digeluti. Ketiga, membuat daftar kekuatan bisnis. Keempat, membuat daftar kelemahan bisnis.


Kelima, membuat daftar peluang potensial untuk bisnis yang digeluti. Keenam, membuat daftar ancaman yang memungkinkan terjadi. Ketujuh, menetapkan prioritas SWOT dan yang terakhir mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah SWOT.


Itulah informasi mengenai analisis SWOT. Semoga dengan memahami apa itu SWOT, kamu bisa menggunakannya dengan optimal untuk kemajuan usaha.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.