Lemonilo
Kategori
Search Icon
Cart
Lemonilo
Home Icon
Kesehatan Mental

Apa Itu Trypophobia? Yuk, Pahami Lebih Dalam di sini!

Rizki Indra
Rizki Indra
23 Okt 2021
Clock Icon
3 menit
Trypophobia adalah jenis phobia yang wajib diperhatikan dan diatasi dengan baik.

Apakah kamu pernah mendengar istilah trypophobia atau tripofobia? Trypophobia adalah kondisi di mana seseorang merasa takut melihat lubang-lubang atau gelembung di karang, spons, jamur, kulit dan berbagai media lainnya. Kamu mungkin saja mengalaminya, namun belum menyadari bahwa ini termasuk dalam salah satu phobia. Tetapi, perlu dilakukan tes lebih lanjut untuk memastikan hal tersebut. Yuk, kamu cari tahu dulu apa dan bagaimana trypophobia itu bisa terjadi. Simak di bawah ini, ya.

Apa Itu Trypophobia?


Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya, trypophobia merupakan salah satu jenis phobia. Di mana orang yang mengalaminya merasa takut berlebihan akan libang atau kumpulan gelembung di permukaan benda-benda, seperti halnya kulit, karang, spons, jamur, daging, tumbuhan dan lain sebagainya.


Jika melihat beberapa contoh lubang pada objek tadi, kamu yang mengalaminya biasanya akan bercucuran keringat, jantung yang berdegup sangat kencang, dan tentunya mengalami rasa takut yang cukup besar. Bahkan, ketika melihat lubang-lubang kecil tersebut, bisa saja penderitanya merasa lemah tak berdaya, jijik, dan mual.


Sebab dalam bayangan mereka, bisa saja mereka berpikiran adanya suatu bahaya yang mengintai dibaliknya atau takut jatuh ke dalam lubang tersebut. Pada kondisi yang lebih akut atau parah, seseorang yang melihat lubang ini akan panik dan cemas berlebih. Jika sudah demikian, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri pada dokter.

Gejala Trypophobia


Sebetulnya, untuk mengetahui apakah kamu memiliki phobia jenis ini atau tidak adalah melalui sebuah tes. Namun, ada pula gejala umum yang biasanya menunjukkan hal tersebut, seperti:

Rasa takut, stres, serta cemas berlebih ketika melihat lubang-lubang kecil.

  1. Jijik, mual, dan ingin muntah ketika melihat lubang-lubang kecil.
  2. Merinding setiap kali melihat lubang-lubang kecil dalam jumlah yang banyak.
  3. Gatal-gatal ketika menatap lubang-lubang kecil.
  4. Panik saat ada atau melihat lubang-lubang kecil.
  5. Napas tak beraturan atau lebih cepat ketika menatap lubang-lubang kecil.
  6. Tubuh bergetar dan mengeluarkan keringat dingin ketika melihat lubang-lubang kecil.

Jika mengalami gejala-gejala tersebut, disarankan kamu melakukan tes trypophobia untuk memastikan kondisinya serta mendapat penanganan yang tepat.

Penyebab Trypophobia


Phobia umumnya terjadi karena adanya pengalaman buruk di masa lalu, sehingga memengaruhi kondisi masa kini. Namun, dapat pula disebabkan oleh hadirnya rasa bahaya ketika melihat atau berada pada situasi tertentu, seperti merasa terancam. Apa saja penyebab trypophobia ini?

1. Ketakutan yang Semakin Parah

Pada awalnya mungkin kamu merasa takut karena melihat penyakit kulit dari lubang-lubang tersebut, namun makin lama kondisinya semakin parah.

2. Takut Tertular Penyakit

Hal tersebut ditegaskan pula oleh sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa kecemasan atau panik berlebih setelah melihat gelembung busa sabun maupun lubang-lubang kecil pada spons cuci piring mungkin saja terkait dengan ketakutan perihal infeksi parasit dan penyakit menular.

3. Ingat Pada Hewan yang Berbahaya

Lubang yang dilihat dapat dibayangkan sebagai hewan yang berbahaya, sehingga menimbulkan rasa takut. Karena biasanya jika kamu melihat sebuah objek yang mirip dengan suatu hal (dalam hal ini hewan berbahaya) kamu akan berpikir demikian, sehingga menimbulkan ketakutan berlebih.


Demikian informasi mengenai apa itu trypophobia. Kesimpulannya, trypophobia adalah salah satu phobia yang bisa dialami siapa saja. Perlu menjadi catatan bahwa jika kamu merasa jijik, mual, muntah, geli, keringat tak nyaman bahkan serangan cemas ketika melihat lubang-lubang kecil pada permukaan benda tertentu, segeralah lakukan pengecekan melalui tes dan kemudian mencari tahu bagaimana cara mengatasi hal tersebut melalui dokter.

Komentar
Belum ada komentar.

Customer Service

(+62) 21 4020 0788

Alamat

Unifam Tower Unit 2FG
Jl. Panjang Blok A3 No. 1 Kedoya Utara, RT.2/RW.7
Jakarta Barat, DKI Jakarta 11520
Indonesia

Ikuti Kami

Download Aplikasi Kami

Lemonilo
Lemonilo
Copyright © 2016-2021 PT. Lemonilo Indonesia Hebat. All rights reserved.